Tiga Permintaan

dhira221 tahun yang lalu kau terlahir ke muka bumi. Usia kandunganmu ketika itu baru memasuki 7 bulan namun kau sudah memaksakan diri terlahir. Kau seolah tak sabar ingin melihat wajah dan senyum mama dan bapakmu. Ketika itu, bapak dan mamamu hanya bisa membawamu ke dukun beranak karena memamng tak punya uang yang cukup untuk membiayai persalinanmu.

Anakku Nadhira, 21 tahun mengamati pertumbuhanmu, semakin hari bapak semakin bangga kepadamu. Walau bapak sadar, polesan, sentuhan dan dukungan bapak kepadamu mungkin sangatlah jauh dari sempurna. Maafkan bila di moment-moment penting dalam hidupmu terkadang bapak tidak berada di sisimu.

Diantara nikmat berlimpah ruah berumah tangga yang sudah bapak dan mamamu terima, ada satu moment dimana bapak dan mamamu berbeda pendapat, bahkan amarah tak bisa dikendalikan. Kau datang sebagai penengah dan perekat keharmonisan cinta bapak dan mamamu. Kau hebat anakku, bapak bangga denganmu.

Anakku Nadhira, bapak dan mamamu sudah berjuang sekuat tenaga untuk menyiapkan dirimu agar kelak menjadi istri dan ibu terbaik bagi anak-anakmu. Itulah mengapa bapak mengizinkan kau pergi ke Jerman. Belajar kehidupan rumah tangga berbagai keluarga dari bangsa yang berbeda termasuk belajar mengasuh anak-anak berkebutuhan khusus di sana.

Bapak berharap ilmu dan pengalaman yang kau peroleh secara langsung bukan dari buku menjadi bekal berumah tangga bagimu. Dengan bekal itu, kelak kau bisa menjadi wanita dibalik kesuksesan suamimu. Kau menjadi ibu yang melahirkan generasi-generasi yang mampu menguasai dunia dan hidup terhormat di akherat.

Di hari ulang tahunmu hari ini, bapak hanya minta 3 hal kepadamu. Pertama, berlarilah mendekat kepada Sang Maha. Bapak dan mamamu tak bisa melihat sikap dan perilakumu di Jerman, namun ingatlah Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, dan Maha Mengetahui. Selalulah ingat pesan bapak: Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus.

Jadikanlah pekerjaanmu di Hanoover sebagai salah satu jalan untuk berlari mendekat kepada-Nya. Allah senang orang yang melayani. Sang Maha sangat senang bila kau melayani sepenuh hati dengan cara yang terbaik. Bila kau ingin kehidupan terbaik di akhirat maka kau harus melakukan hal-hal yang terbaik saat hidup di dunia.

Kedua, selesaikanlah bukumu. Bapak sangat berharap sebelum ulang tahun mama dan bapak tahun ini, bukumu sudah diterbitkan. Anggap saja itu hadiah ulang tahun buat bapak dan mamamu. Sayang bila karya indah terbuang percuma. Ingatlah pesan ibumu: Dengan membaca kau tahu dunia, dengan menulis dunia tahu dirimu.

Ketiga, sering-seringlah berdiskusi dengan adikmu di Berlin. Adik lelakimu perlu sentuhan hati dan pendapat seorang wanita. Agar kelak saat ia menjadi suami dan ayah bagi anak-anaknya, ia bisa memahami perasaan orang lain secara utuh. Diskusi denganmu akan mengasah perasaan dan hati adikmu. Kau mewakili mamamu menyempurnakan hidup adikmu di Jerman.

Selamat ulang tahun bidadari kecilku, doa bapak selalu menyertai setiap langkahmu. I love you…

Kupang, 26 Maret 2013.


TBC


Bagikan:

51 thoughts on “Tiga Permintaan”

  1. Ano says:

    Selamat hari lahir Buat Mba Nadhira.
    Smoga slalu dalam lindunganNya.
    Di tunggu bukunya.
    Smoga cepat terbit.

  2. Farah Soriandalan says:

    Subhanallah Pak Jamil, hadiah terindah dari seorang ayah tuk anak gadisnya..
    Tuk mb Nadhira,Selamat hari lahir mb Nadhira. Semoga senantiasa diberikan kesehatan disana dan kesabaran dalam meniti tangga cita-cita..SUKSES!!!!

  3. RaishaMyesha says:

    ” Terharu.. Sampai menitikan air mata. Selamat Ulang Tahun Mba Nadhira.. Semoga semakin di sayang oleh Allah SWT “.

    Terima kasih atas tulisan2nya kek, selalu bs membuat saya termotivasi menjadi lbh baik lagi.

  4. Amiin. Semoga semua harapan ayahanda bisa dipenuhi oleh ananda Nadhira.
    Nice advice “Allah dulu, Allah lagi, Allah terus”. Ijin sharing ini untuk anak-anak saya.

  5. Prasetyan says:

    Selamat bertambah umur Mbak Nadhira, semoga didekatkan dengan tujuan hidupnya. Ganbatte!!!

  6. Met milad mba Nadhira, bersyukurlah atas limpahan cinta dan kasih sayang dari keluarga yang begitu tulus.

    Pak Jamil, anda berhasil membuatku kangen Ibu (semoga Allah menyayangi dan memberikan tempat terbaik di sisiNya) dan Bapak.

    🙂

  7. hepi b’day nadhira…semoga berkah setiap nafas yg t’hembus & jd p’hiasan t’indah,,,;)

    #potong tumpeng om…:D

  8. Chepi Burhanuddin says:

    Selamat ulang tahun mbak Nadhira smoga slalu ada dlm lindungan-Nya,slalu ada dlm keberkahan,Sehat
    & Sukses Mulia slalu. Smoga nanti bs dipertemukan dgn adik perempuan sy yg insya Allah mulai bekerja bln dpn sbg perawat di daerah dkt Frankfurt jerman. Sehingga bs tmbh persaudaraan & byk bljr dr mbak Nadhira. Subhanallah 3 permintaan pak Jamil sgt menyentuh hati,Terharu..Terima kasih pak Jamil atas semua tulisan2nya jg buku2nya yg telah menginspirasi byk org khususnya sy. Salam Sukses Mulia

  9. novirica says:

    selamat ulang taun mb nadhira umur yg selalu berkah… mantab deh pak jamil emg wanita itu harus pinter & banyak pengalaman hidup yg positif

  10. Chepi Burhanuddin says:

    Selamat ulang tahun mbak Nadhira smoga slalu ada dlm lindungan-Nya,slalu ada dlm keberkahan,Sehat
    & Sukses Mulia slalu. Subhanallah 3 permintaan pak Jamil sgt menyentuh hati,Terharu. Terima kasih pak Jamil atas semua tulisan2nya jg buku2nya yg telah menginspirasi byk org khususnya sy. Salam Sukses Mulia

  11. Selamat hari burung mbak Nadhira, semoga sukses dan tercapai semua cita2mu dan orangtuamu amiin love u puul

  12. Hilwatun Nusroh says:

    Selamat Ulang tahun Nadhira… Subhanallah tulisannya menyentuh, bacanya sambil nangiz

  13. Keren nih… kasih hadiah apa nih Pak?

  14. imanudin says:

    Selamat buat Kakek dan keluarga, semoga apa yang Kakek dan keluarga cita-citakan menjadi kenyataan dan di catat oleh Allah sebagai amal sholeh… amiien…

  15. Syarmidah says:

    Sungguh…bila mba nadhira dpt memenuhi permintaan p Jamil….adalah kado yg paling indah yg dpersembahkan seorg anak utk ortunya….happy birthday mba nadhira…semoga Allah memudahkan mba dlm mencapai impian dan memenuhi permintaan ortu…aamiin…

  16. sri utami says:

    ya allah begitu bahagia jd kak nadhira,andai saya masih punya orang tua,tak terasa air mata ini jatuh krn iri ma mbak,Mat ulta mbak nadhira semonga allah selalu memberikan yg terbaik buat kakak,amin

  17. inspiratif barakalah– moga bisa nulis buku waktu hikmah nya study in Germany

  18. @nadhiraarini inspiratif barakalah– moga bisa nulis buku waktu hikmah nya study in Germany, usia penh inspirasi

  19. Lisa says:

    Selamat ulang Tahun Nadhira…. Barakallah..

    *Walaupun buat Nadhira , tapi bolehkan seperti untuk saya juga Pak? bikin mata pagi ini merembes…. jadi kangen ayah saya.

  20. denny daffa says:

    Wilujeng tepang taun buat Nadhira. Barakallah. Keluarga pak Jamil memang luar biasa!!!

  21. HENDI says:

    sangat menyentuh..
    jadi kangen sama anak perempuan saya yg lg menimba ilmu di pesantren..
    sangat menginspirasi saya pak…

  22. khairani says:

    Selamat ulang tahun,nadira…sukses dunia akhirat,..:)
    Wah,bersamaan dgn ultah anak saya rizky,tapi syg dia lg sakit,mohon doa utk kesembuhannya ,..

  23. Surya says:

    Wah ternyata ultahnya sama dengan anak pertamaku juga kek, cuma selisihnya 16 tahun, hehe..
    Happy B’day Nadhira, smoga makin sukses dunia dan akhirat..
    Happy B’day juga buat anakku Cyrilla, smoga dirimu jadi anak solehah dan berprestasi juga seperti mbak Nadhira 🙂

  24. Anggit Setyaningsih says:

    Selamat Ulang tahun Dhiraaaa..
    Sukses selalu yaa.ditunggu bukunya 🙂

  25. selamat ulang tahun Nadhira, semoga kelak semakin bisa menjadi kebanggaan buat keluarga tercinta.. Aamiin…

  26. Bobnasution says:

    Selamat Milad Mbak Nadhira, semoga selalu dalam Lindungan Allah SWT

  27. susi says:

    Selamat milad De Nadhira, semoga diberi umur yang barokah, dan bisa membahagiakan kedua orangtua…

  28. liezsha says:

    subhanallah.. bener2 tersentuh.. sampai menitikkan air mata,.. slamat milad bwt nadhira,.. sukses terus u/ kluarga pak jamil..

  29. Andre Iyaz says:

    Sebagai seorang ayah, saya tersentuh dengan doa Mas Jamil.
    Selamat Ulang Tahun buat Mbak Nadhira, bersyukurlah memiliki ayah yang hebat.

  30. arisal says:

    slmat milad mbak nadhira, smoga yang kuasa selalu memberi keberkahan atas rijki dan hidupnya…

  31. ika says:

    Terharuuuu..ampe berkaca2 bacanya..jd bayangin anakku aqilla kalo nti uda besar..smoga bs menjadi spt kak dhira yg membanggakan dan membahagiakan ortu..amiiinn..:))

  32. muvitasari says:

    Waahh..tanggal lahirnya Mbak Nadhira sama dengan tanggal lahirnya anakku, Vier..cuma beda 19 tahun..hehehehe..Selamat hari lahir untuk Mbak Nadhira, semoga semakin sabar dan umurnya berkah..

  33. bikarto says:

    Mirip banget kek Anaknya…..beneran berarti ini anaknya ya kek

  34. elwijdan says:

    Selamat Ulang Tahun mba Nadhira… Allahumma barik laki fi umrik…

  35. Yudi says:

    Pak Jamil is the best father

  36. Abu Luthfi says:

    Met Milad untuk Nadhira, barakallah ya…..salam buat Mesut Ozil, hehe

  37. ytie says:

    selamt ulang tahun mbk nadhira,smg Allah SWT senantiasa b’sm qt.amiin
    .alangkah bhgiany mbk nadhira pny ayah bgtu hebat.

  38. wawo says:

    allah dlu..allah lagi..allah terus bukan nya pnya Yusuf Mansur yak

  39. Chairatul Laila says:

    Selamat Panjang Umur ya dek Nadhira… Sukses Dunia Akherat buat Nadhira… Aamiin 🙂

  40. inspiring kek… lanjutgan…

  41. Lya says:

    selamat ulang tahun adik nadhira, salam sukses mulia buat semua nya.

  42. adi yusuf says:

    hik hik hik hik
    yaa Allah bagi tissue, sedih banett

  43. mhd dolly says:

    selamat ulang tahun Nadhira…

    Nasihatnya keren pak jamil,,, ijin copas buat keponakan dan anakku kelak..

  44. Ika Pratiwi says:

    Baruuu sempet bacaa…

    Speechless 🙁

    Met Milad Nadhira ..Semoga kasih sayang dan berkah allaah senantiasa menaungi sisa perjalanan usiamu.

    Nasihat yg sgt menyentuh pak Jamil.

    Berkah Allaah untuk bapak dan keluarga. Semoga samara senantiasa terbina dlm kehidupan keluarga pak jamil

    Aamiin

  45. zenrita says:

    Subhanallah,saya tersentuh bacanya…

  46. zuhandri says:

    Barokalloh fii umurik mbak @nadhiraarini ,
    Emang keren keluarga kek jamil. Tampak jelas, didunia nyata n dunia maya keluarganya harmonis, hehe
    Semoga ntk bs terwujud jd ayah dan suami yg baik utk anak dan isteri. Aamin.

  47. Ikaenhaka_dr says:

    Terharu sekali pak….sangat menginspirasi, smoga saya mampu mendidik anak2 serta menjadi istri n ibu yg baik….subhanallah

  48. wiwin says:

    langsung teringat alm. bapak, permintaan terakhirnya supaya aku terus menjadi wanita karier. namun apadaya skrg sudah menjadi ibu & harus menjadi madrasah untuk Zivara…. ALLAH Sang Maha yg selalu memberikan yg terbaik untuk umatnya

  49. Aang Azhar says:

    Subhanalloh..sangat terharu bacanya. Semoga permintaannya dapat terlaksana dengan baik ya kek, Menjadi berkah untuk sesama, SuksesMulia, Amienn…

  50. Amirullah Izzan says:

    mba dira cepatlah pulang -_-

  51. Teja says:

    Anak” yg luar biasa, lahir dari orang tua yg luar biasa…
    Terharu

Leave a Reply

Your email address will not be published.