Tiga Kemampuan Pemimpin

Saya sudah memberikan seminar di berbagai perusahaan, termasuk 100 perusahaan terbaik di Indonesia menurut majalah Fortune. Ada ciri khas yang saya amati dari perusahaan-perusahaan yang kinerjanya luar biasa, rahasianya ada pada pimpinannya. Para pimpinan itu selalu memiliki 3 ciri utama.

Pertama, visioner, pandangannya jauh ke depan dan cerdas membaca perkembangan bisnis.  Kedua, memiliki kemampuan managerial dan leadership yang mumpuni. Ketiga, memiliki kemampuan berbicara saat memberikan sambutan atau pengarahan.

Saat saya kuliah di magister management pascasarjana IPB memang dijelaskan bahwa pimpinan yang visioner, memiliki kemampuan managerial dan leadership akan memenangkan persaingan. Namun, ciri ketiga, memiliki kemampuan berbicara saat memberikan pengarahan tidak termasuk di dalamnya. Sebagai praktisi SDM (sumber daya manusia) yang hampir setiap hari berinteraksi dengan para pimpinan perusahaan saya sangat yakin bahwa kemampuan tersebut wajib dimiliki para pimpinan di abad ini.

Para pimpinan hebat itu saat memberikan sambutan atau pengarahan sangat tajam dan sistematis. Para peserta yang hadir sangat antusias menyimak setiap kata yang terucap dari para pimpinan hebat itu. Dampaknya, pesan yang disampaikan pimpinan mampu dicerna dengan baik dan dikerjakan dengan penuh semangat dan hati yang sumringah.

Sungguh persepsi yang sangat keliru bila ada yang beranggapan bahwa kemampuan bicara itu tidak penting untuk para pimpinan. Ketahuilah, pimpinan yang tidak sistematis saat memberi sambutan akan membingungkan orang-orang yang dipimpinnya. Selain itu, bicara yang tidak punya energi saat memberi sambutan atau pengarahan akan berdampak pada kinerja yang loyo dan tidak punya gairah.

Berlatihlah bicara tajam, sistematis, dan berpengaruh bila Anda ingin menjadi salah satu pemimpin hebat. Untuk mengasah keterampilan berbicara silakan Anda berlatih di Wanna Be Trainer, 6-8 April 20121 di Bogor, dengan menghubungi Dedy  0812-1632-0707

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

16 thoughts on “Tiga Kemampuan Pemimpin”

  1. abyan says:

    Sudah banyak pemimpin kita yang memenuhi kriteria spt yang disebutkan oleh Bp. Jamil, namun sayang sekali tidak dibarengi dengan “Spiritual Questions” dan GENBA…seakan2 spt Mr. OMDO = omong doank…PINTAR BICARA tapi lemah praktek…Salut buat Bp. Jamil, yang selalu memberikan inspirasi yang hebat dan kena di hati…

  2. ketiga ciri utama di atas dirangkum jadi satu dengan semangat memberi contoh (tauladan) ya Kek.. 😀

  3. Selalu mendapat ilmu tiap pagi…
    cerahnya secerah mentari pagi ini menyambut q..
    thx Pak..

  4. betul sekali… itu sangat banget dirasakan.. istilah awamnya karisma gitu ya…

  5. Selalu menginspirasi setiap hari, Jazakumullah kek..Salam SuksesMulia 🙂

  6. Mekoh says:

    Bagi Man-Teman yang ingin melatih dan meningkatkan ketrampilannya dalam berbicara, presentasi, memberi sambutan, khutbah atau memberi wejangan.
    Saya Sangat merekomendasikan untuk ikut Wanna Be Trainer ini.

    Saya biasa diminta membaca doa pada acara-acara di kantor saya, mulai dari family gathering, ulang tahun kantor, meeting bulanan, ulang tahun group kantor dll.

    Awalnya setiap diminta untuk baca doa, malamnya saya sudah bingung mau baca doa apa,padahal paling hanya 5 menit,karena saya tidak mau doa yang monoton.

    Setelah mengikuti WBT kini bukan hanya doa, untuk memberi motivasi selama 2 jam pun saya siap bahkan enjoy saja.

    Di WBT kita bukan saja dilatih untuk Berani tampil, bahkan Lebih dari itu, Yaitu Menikmati/Enjoy akan tampilan kita sendiri. kemudian kita bisa Berbicara secara Sistematis dan Bisa Mempengaruhi Audiens untuk Berubah seperti isi Materi/Arahan Kita.

    Ayo Action!!! Daftar Sekarang Juga.

    Saya Sendiri Bertekad Untuk Mengikuti Lanjutan WBT yaitu Training BootCamp di tahun ini.*lagi nabung*

  7. Dedy says:

    Luar biasa…Pak MEKOH sudah merasakan manfaat besar ikut #WBT ini. Ayo siapa lagi yg ingin seperti Pak MEKOH?

  8. pencerahan pagi yang super :), buka juga artikel ini ya http://yiyipmardiansyah.com/rahasia-ayah-yang-tidak-pernah-kita-ketahui.html semoga mengispirasi

  9. Anggit Setyaningsih says:

    Aku kepengen banget ikuuuut!!
    Biar punya rasa Percaya Diri yg baik & cara berkomunikasi yg bagus 😉

  10. Faiz says:

    KPn ya wanna be trainer ada di SBY????ngarep.com

  11. iswbanna says:

    jadi tertarik ikutan nih
    ada paket khusus ga ya? ehhee

  12. Emir says:

    Hey,

    Setuju banget pak JAmil ttg pemimpin harus memiliki komunikasi yang hebat.

    masa depan terletak pada pemimpin yang memiliki skill berkomunikasi yang hebat. Hal ini yang banyak tidak di ajarkan di bangku sekolah.

    Oleh karena itu saya membuat blog mengenai hidup berkomunikasi dan hidup bahagia di http://www.emirzakiar.blogspot.com

    Coba di lihat-lihat hehehe

    Have a Communicative Day
    -EZ

  13. Surya says:

    Kapan ada jadwal lagi setelah tgl 6 besok pak Jamil? kebetulan pada tgl tersebut saya terlanjur ada acara.

  14. roni says:

    Materi WBT tentang apa aja dan biaya brp?

  15. @widi says:

    Mantap pak….

    Salam Kenal

  16. Rio Sudarpo says:

    Sangat setuju dan siip banget. Pemimpin yang visioner, manajerial handal dan mampu meng”energizer” yang dipimpinnya, dalam penerapannya perlu juga belajar filofofi pembelajarannya ala Ki hajar Dewantoro, di antaranya “ing ngarso sung tulodo”, di deoan menjadi teladan yang baik. Salam sukses mulia

Leave a Reply

Your email address will not be published.