Tidak Harus Besar

dino.png

Dinosaurus adalah salah satu binatang terbesar dan terkuat yang pernah ada di muka bumi. Tetapi Dinosaurus telah musnah, tidak bisa kita temukan lagi kecuali di film-film.

Adapun Amoeba binatang yang sangat kecil. Bahkan untuk melihatnya kita memerlukan alat bantu bernama mikroskop. Tetapi, ia masih ada bertahan secara turun temurun hingga sekarang.

Dulunya, Amoeba dinamakan proteus –merujuk kepada Dewa Yunani yang artinya mampu mengubah bentuk. Amoeba bisa hidup di berbagai tempat baik di tanah, air, bahkan menumpang di tubuh organisme lain. Amoeba tidak memiliki bentuk tubuh tetap dan tampak seperti gumpalan jelly. Dengan terus-menerus mengubah bentuk tubuhnya, Amoeba menciptakan ekstensi sel yang dikenal sebagai pseudopods yang membantunya dalam bergerak.

Dunia terus berubah dan yang tidak adaptif terhadap perubahan akan musnah. Dinosaurus terlalu besar dan kaku serta sulit berubah dan akhirnya musnah. Amoeba terus bergerak dan berubah maka Amoeba masih eksis hingga sekarang.

Tidak harus menjadi yang terbesar untuk bisa menjadi hebat. Kecil tapi visioner, adaptif, kreatif dan terus belajar akan membuat kita terus berada dalam arena kompetisi yang ada. Seperti halnya Singapore, negara kecil namun pengaruhnya bisa mengalahkan negara besar yang ada.

Teruslah berubah mengikut perkembangan zaman. Namun agar tidak kebablasan saat berubah berpegang teguhlah kepada agama yang kita anut. Miliki value-value prinsip yang Anda pegang saat berubah. Jangan asal berubah.

Apabila saat ini bisnis, karir dan kehidupan Anda masih “kecil” tidak perlu minder. Banyak kelompok kecil bisa mengalahkan kelompok yang besar. Yang tidak baik itu adalah, masih “kecil” sekaligus nyalinya kecil, tidak mau berubah maka Anda akan termasuk kelompok yang tersingkir dari panggung kehidupan. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Tidak Harus Besar”

  1. anwar says:

    makasih , pak jamil tulisannya

    1. Jamil Azzaini says:

      Sama-sama, silakan disebar

Leave a Reply

Your email address will not be published.