Tidak Ada Produk Gagal

yolandi1.jpg

Tadi malam, saya diundang untuk menjadi pembicara di acara Meja Bundar TV ONE. Bintang utama acara itu Yolandi. Lelaki berusia 37 tahun ini memiliki tubuh tidak sempurna. Saat berjalan ia harus menggunakan tongkat penyangga. Pekerjaan utamanya mengumpulkan barang-barang bekas. Ia harus menghidupi 3 anak dan 4 keponakannya serta ayahnya yang buta.

Yolandi, saya dan crew Meja Bundar TVOne.

Yolandi, saya dan crew Meja Bundar TVOne.

Dengan logika manusia, sangat sulit membayangkan bagimana ia hidup. Kaki tidak sempurna, penghasilan paling tinggi Rp 25.000 setiap hari, namun menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Tapi inilah kehidupan. Matematika Allah SWT sangat berbeda dengan matematika manusia. Ada orang yang fisiknya tak sempurna tetapi semangat dalam bekerja. Ada pula orang yang fisiknya sempurna malah menjadi beban bagi orang lain.

Tadi malam, di acara tersebut, saya yang diminta mengambil insight dan pelajaran dari kehidupan Yolandi. Saya menegaskan bahwa Allah SWT yang Maha Sempurna tidak pernah menciptakan produk gagal. Semua produk terbaik menurut Allah. Termasuk Yolandi juga bukan produk gagal. Pasti ada kebaikan di dalamnya, baik bagi Yolandi maupun bagi yang lainnya.

Karena Allah SWT tidak pernah menciptakan produk gagal maka sungguh terlalu apabila ada orang yang sering mengeluh, “Saya gak punya kelebihan. Saya gak punya keistimewaan.” Dan sejenisnya. Pernyataan ini tampaknya bijak dan rendah hati padahal pada hakikatnya, orang ini sedang menghina Tuhannya yang telah menciptakannya dengan sempurna.

Yolandi juga telah mengirimkan “pesan” kepada kita bahwa siapapun yang mau bergerak dan berusaha, Sang Maha Pemberi Rezeki akan mengirimkan rezekinya. Allah SWT tidak pernah tidur. Dia tahu mana yang berusaha dan mana yang pemalas. Pesan lainnya, orang yang peduli dan dengan ringan tangan menolong orang lain seperti halnya Yolandi yang menjadi tulang punggung bagi keponakannya pasti akan didatangkan rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.

Insya Allah, sekarang Yolandi tidak perlu lagi berjalan kaki belasan kilometer setiap hari dengan tongkat kakinya. Sudah ada yang berkenan memberikan modal usaha untuk berdagang dan juga sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari. Rezeki yang berkah memang mendekati orang yang mau bersusah payah mencari nafkah. Yolandi, I love yo…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Tidak Ada Produk Gagal”

  1. kasman says:

    Iiyyes.

  2. Maskatno Giri says:

    Subhanallah, walhamdulillah, Allaahu Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published.