The Power of Repetition

Abdul HarisJika anda mendengar kata “Matematika”, tentu yang langsung terpikirkan oleh anda adalah sebuah pelajaran yang sulit penuh dengan rumus dan hitung-hitungan. Rata-rata anak sekolah di semua tingkatan baik itu SD, SMP, dan SMA banyak yang tidak menyukai pelajaran Matematika karena sulit dipahami. Tapi benarkah pelajaran Matematika itu sulit…?

Saya punya pengalaman yang berkaitan dengan pelajaran Matematika. Kebetulan saya berkerja sebagai pengajar Matematika untuk tingkat SD di suatu lembaga bimbingan belajar.

Suatu ketika saat saya membimbing siswa kelas 6 SD untuk persiapan Ujian Nasional, ada salah seorang siswa yang berkata kepada saya:
Siswa : “Pak, dulu saya merasa pelajaran Matematika itu susah banget”.
Saya : “Memang sekarang terasa lebih mudah ya nak?” tanya saya.
Siswa : “Iya pak, ternyata Matematika itu mudah”.
Saya : “Kok bisa begitu”? tanya saya kembali penasaran.
Siswa : “Karena materinya sering diulang-ulang, sampai saya hafal rumusnya dan saya mengerti cara menyelesaikan soalnya”.

Itulah rahasianya kenapa seorang anak yang awalnya kesulitan belajar Matematika menjadi mengerti Matematika. Saya pun saat itu baru menyadari dan mendapat ilmu baru dari kejadian itu, ternyata kekuatan pengulangan itu luar biasa.

Pengulangan bisa membuat suatu hal yang sulit menjadi mudah. Pengulangan bisa melahirkan keunggulan. Seorang bayi bisa berdiri bahkan hingga lancar berjalan dan berlari, tentu karena latihan yang berulang-ulang meskipun jatuh bangun. Seorang anak yang bisa lancar membaca Al-Qur’an, tentu karena latihan yang berulang-ulang. Seorang atlit yang bisa menjuarai olimpiade tentu karena latihan yang berulang-ulang.

Begitu juga seorang penyanyi yang memiliki suara emas, tentu karena latihan yang berulang-ulang. Hal apapun yang kita lakukan berulang-ulang akan menjadikan kita terampil dan terbiasa. Kebiasaan itulah yang membentuk karakter kita. Anda akan dikenal sebagai orang yang disiplin jika anda selalu datang sebelum waktu kerja, dan menyelesaikan setiap pekerjaan sebelum deadlinenya.

Namun anda akan dikenal sebagai orang pemalas jika anda bangun kesiangan setiap harinya, selalu datang terlambat ke kantor, dan sering menunda pekerjaan sehingga pekerjaan selesai tidak tepat waktu. Karakter anda ditentukan kebiasaan anda. Kebiasaan anda ditentukan dari hal apa yang sering anda lakukan berulang-ulang. Mau dikenal seperti apakah anda? Semua tergantung dari hal apa yang sering anda ulang setiap harinya.

Abdul Haris

Bagikan:

6 thoughts on “The Power of Repetition”

  1. wah dpt hikmah, harus rajin2 ya utk mewujudkn sesuatu, kekuatan repitisi walaupun sedikit2 tp lama2 jadi bukit 🙂

    1. Abdul Haris says:

      kekuatan pengulangan itu kayak tetesan air yang jatuh di atas batu. Lama-lama tetesan air itu akan menembus batu… Luar Biasa.

  2. ORA DADI OPO says:

    sukrON bang Abdul Haris ilmunya….

    kena saya | >_<

    1. Abdul Haris says:

      Sama-sama mas ora dadi opo… salam kenal… 🙂

  3. Arsya Dimin says:

    Matur suwun atas ilmunya mas,, ya murojaah alias repetition memang hal yang ruarrrrrrrrrrr biasa,,, krna dengan pengulangan disertai dengan penyempurnaan krna pemahaman akan melahirkan sebuah keahlian-Expert- dibidangnya,, so,,, jangan bosan mengulang yah
    Syukron

    1. Abdul Haris says:

      Setuju banget mas Arsya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.