Tentukanlah Pilihanmu

Teman saya, seorang pemuda asal Yogyakarta, usianya lebih dari 40 tahun dan belum menikah. Beberapa kali ia pernah memilih calon istri tetapi akhirnya mundur. Terkadang karena alasan yang sepele, “Di atas mulut wanita itu ada tahi lalat kecil, pasti dia cerewet.” Ada juga alasan lain, “Tingginya kurang satu senti.” Bahkan hanya karena calon istrinya membuat kopi tapi kurang manis, rencana pernikahanpun dibatalkan.

Bila ia terus begitu, tak segera menentukan wanita pilihanannya, kira-kira yang akan dialaminya dalam 10 atau 20 tahun ke depan?

Memilih keahlian yang kita tekuni juga ibarat memilih istri. Bila Anda selalu melihat kekurangan pada setiap keahlian maka Anda tidak akan menjadi siapa-siapa di masa tua. Maka, segeralah tentukan keahlian Anda!

Saya sendiri sudah bulat menentukan pilihan untuk menjadi “Inspirator SuksesMulia”. Saya adalah ahli dalam hal menginspirasi orang untuk meraih kehidupan terbaik SuksesMulia.

Apa itu SuksesMulia? Sukses adalah bila seseorang memiliki 4-ta (harta, tahta, kata, dan cinta) yang tinggi. Ia meraih 4-ta itu menggunakan keahlian yang dimilikinya dengan berpegang teguh pada etika dan agama yang dianutnya. Sedangkan mulia adalah memanfaatkan 4-ta yang sudah diperolehnya tersebut untuk berbuat kebaikan kepada alam dan orang-orang di sekitarnya.

Sesungguhnya orang yang paling mulia adalah orang yang paling banyak memberi manfaat kepada sekitarnya. Sebagai Inspirator SuksesMulai, saya bertekad akan terus menerus menginspirasi dan mendorong orang lain agar semakin SuksesMulia!

Apa pilihan keahlian yang ingin melekat pada diri Anda? Saya menyarankan, pilihlah sesuai dengan bakat dan passion (gairah) Anda. Pilihlah yang Anda sangat asyik ketika mengerjakannya. Anda tak mudah lelah ketika mengerjakan itu. Anda hanyut ketika mengerjakannya. Anda benar-benar mencintai keahlian yang Anda pilih itu.

Ribuan bahkan jutaan keahlian tersebar di muka bumi. Pilihlah segera satu saja dan jadilah yang terbaik di bidang itu.

Bila Anda merasa belum menemukannya, renungkanlah sejenak. Pejamkanlah mata Anda. Sekali lagi renungkanlah.

Bila belum ketemu juga, cobalah untuk bertanya kepada orang-orang terdekat Anda atau bertanyalah kepada ahlinya. Bila perlu, hentikan semua aktivitas, termasuk cuti bagi Anda yang bekerja, agar Anda segera menemukan apa keahlian yang benar-benar akan Anda tekuni.

Bila Anda tak segera menemukannya, jangan menyesal bila Anda merasakan semakin tua semakin tak berarti. Ayo temukan segera keahlian Anda sekarang juga!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

19 thoughts on “Tentukanlah Pilihanmu”

  1. IMAM says:

    Good marsogood! Top markotop! Mangstafff!!

  2. Imha says:

    Masih bingung menentukan keahlian saya.. -__-

  3. Anggit Setyaningsih says:

    Bismillah..smg apa yg aku pilih bs mengantarkanku menuju kesuksesan.amiin

  4. Sukendar says:

    Masih ada kesulitan untuk mengungkapakan diri ini apa bakat yang harus diasah secara maksimal. mohon etunjuk…

  5. yana says:

    Good inspiration, pak mau tanya,
    Sy punya cita2 u/buat pengagas DESA MaNDIRI karna sy passion nya disini, ada 5 program salah satunnya adalah USAHA mandiri;ada beberapa usaha yg hrs sy pelajari,rencana (buat tempe+tahu,pengemukan kambig,pembudidayaan lele,dll) yg udh berjln buat tempe+tahu,baru lingan saudara&tetangga d kmpg,kemarin sy dpt info dri bpk KLAU MAU usaha itu 1, tekuni smpe mahir…cita2 sy jadi pengagas/inspirasi u/byk org supaya hidup mrka mandiri dgn usaha yg telah sy ajarkan) usahanya sy pelajari byk pak tlg masukannya pak terima kasih.. Yana

  6. Jamil says:

    Mas Sukendar, ayo temukan mas jangan sampai terlambat. SalamSuksesMulia. jamil Azzaini

  7. Jamil says:

    Yana, kalau usaha tidak harus satu. Khan keahliannya usaha dan usahanya bisa macam2. Salam SuksesMulia. jamil Azzaini

  8. Ano says:

    Satu tujuan.
    Sukses mulia

  9. Ifa says:

    Bingung jg menentukan pilihan..
    Sy sbnrnya bakat di bidang seni (tari tradisional) tp udh lama skali vacum,stlh ikt skolah entrepreneur sy ingin skali bisnis dg modal kecil hasil maksimal,akhrx sy tertarik u/bisnis singkong keju,,yg jd p’mslhan dsni u/proses produksix ribet & hrs sy lakukan sndiri lama2 capek jg,sy mikirx masa br mulai bisnis aja udh mau rekrut karyawan trus u/pemasaranx jg msh bingung hrs model gmn ? mohon petunjuk pak,,trims

  10. Tulus says:

    Nice post Pak!, Ada kekhawatiran kalo saya meninggalkan kerjaan yg nyaman ini,keluarga bakalan susah krn perusahaan sdh kasih byk kebutuhan. Walaupun kerjaan ini ngga bikin paison,ngga asyik jg ngga cinta.Kalo sy tinggalkan apa tdk egois? Saranya Pak?

  11. Jamil says:

    TuLus, jangan pernah meninggalkan pekerjaan Anda sekarang sebelum ada kepastian kerja baru yang sesuai dengan Anda. kecuali, Anda punya dana cadangan lebih yang bis membackup kebutuhan Anda selama beberapa bulan. Segeralah cari pekeejaaan yang sesuai pasion Anda. Salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  12. Teti says:

    As wr wb,saya PNS dah 17 thn,saat ini punya bayi lagi diusia 40 thn…saya pensiun muda 10 thn lagi kalau pensiun normal 16 thn lagi …saya jenuh bekerja dan dilematis tetap bkj atau keluar tp saya jg bth secara ekonomi…mhn saran,matur nuwun sanget

  13. Farah says:

    Yuk maree kita tentukan pilihan…

  14. jazuli says:

    Mantap, inspiratif

  15. Nice share pa! Thanks.

  16. jo says:

    belum menemukan apa passion saya?

  17. andriany putri says:

    Manteeep manteEp pak,, mengena sekali,,
    Jika qt menunggu kesempurnaan,, sedangkan diri qt belum pantas untuk mendapatkannya maka qt tidak akan pernah mendapatkan apa2,, krn qt hanya akan mendapatkan apa yg layak untuk qt dapatkan,,
    Mariii,, pantaskan diri untuk harapan n impian terbaik qt,,
    Tentukan pilihanmu,, 🙂
    Fokuslah pada perbaikan dirimu,, (•ˆ⌣ˆ​​​​•)

  18. Very inspiring kek.
    Alhamdulillah, saya sudah menemukan passion saya kek.
    Passion saya sejurus dengan bakat yang saya miliki. saya menyukai presentasi/berbicara dan ketika saya melakukannya, saya bisa enjoy.
    Pekerjaan saya memang belum pada bidang itu, tetapi mungkin bisa dikatakan sangat mendekati bidang itu hanya beda sedikit. Sekarang saya sedang memantaskan diri untuk pindah ke bidang itu.
    Saya belajar dan berusaha untuk menguasai bidang itu dengan baik. Salah satu usaha saya ke arah itu adalah mengikuti kelas Wanna Be Trainer yang kakek Jamil Azzaini selenggarakan di (i2MoveNetwork) dan itu Alhamdulillah sangat dahsyat hasilnya kek.
    Selain itu, saya mengikuti kelas-kelas public speaking untuk mengasah bakat dan passion saya.
    Yang saat ini sedang saya usahakan adalah creating the Opportunity to apply my talent and passion. Alhamdulillah jalan sudah mulai terbuka. saya mulai memberikan training walaupuun masih di kelas-kelas yang terbatas sebagai tempat untuk mengasah bakat dan passion saya.

    mohon doanya kek, semoga bisa terus berkreasi dan langgeng di jalan ini. sehingga suatu saat saya bisa sepanggung dengan kakek.

    Note:
    Bagi Bapak, Ibu, kakak, adik, atau siapapun yang ingin mengadakan training pengembangan diri (managemen diri, leadership, team work) boleh hubungi saya di
    kareef.cool@gmail.com
    *numpang iklan dikit ya kek, xixixi :)*

    Bagi yang memiliki passion seperti saya “dalam bidang public speaking/ trainer” jangan segan untuk ikut Wanna Be Trainer yang langsung dipandu oleh kakek Jamil Azzaini. Dan hasilnya, rasakan sendiri kedahsyatannya.

  19. susy says:

    Mantabs, terima kasih pak jamil pencerahannya, 1 tahun ke depan saya akan menentukan pilihan, ….

Leave a Reply

Your email address will not be published.