Siapa Jamil Azzaini?

JAMIL AZZAINI Inspirator SuksesMulia.

Jamil Azzaini, Inspirator SuksesMulia.

Inspirator SuksesMulia, julukan itu diberikan oleh rekan-rekannya didasari oleh kepiawaiannya mendorong orang untuk selalu meraih kehidupan terbaik: Sukses Mulia. Sukses adalah orang yang memiliki 4-ta (harta, tahta, kata dan cinta) yang tinggi, 4-ta itu diperoleh dengan memerhatikan etika dan agama yang dianutnya. Sementara mulia adalah memanfaatkan 4-ta yang sudah diperoleh untuk memberi manfaat kepada orang-orang di sekitarnya.

Sejak 2004 Jamil bergabung dan mengembangkan PT. Kubik Kreasi Sisilain bersama Farid Poniman dan Indrawan Nugroho yang telah merintis usaha itu sejak 1999. Bersama dua rekannya ini pula ia menulis buku Kubik Leadership pada akhir 2005 dan hingga kini sudah naik cetak belasan kali. Buku yang diterbitkan Gramedia tersebut pada Juni 2010 juga telah dicetak dalam bahasa Melayu di Malaysia. Jamil kini sebagai CEO PT Kubik Kreasi Sisilain.

Pria kelahiran Purworejo Jawa Tengah, 09 Agustus 1968, ini menempuh jenjang pendidikan formal strata satu (S-1) dan (S-2) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Mulai 2004, Jamil fokus memberikan training maupun seminar Personal Development & Leadership di berbagai perusahaan atau instansi di Indonesia, Brunei Darussalam, Philipina, Hongkong, Makao, Singapura, Mesir, Jepang, Arab Saudi, Australia dan Amerika Serikat.

Sejak tahun 2008, Jamil juga giat mengkader para trainer melalui lembaga yang ia bentuk Akademi Trainer. Institusi ini khusus mendedikasikan diri hanya untuk Public Speaking dan Training for Trainer (TFT). Peserta Public Speaking adalah leader, manajer, dokter, owner, entrepreneur, calon trainer untuk mereka yang ingin memiliki kemampuan bicara di depan publik. Sementara untuk TFT pesertanya hanya para trainer.  Kegemarannya melahirkan trainer inilah yang membuat ia dipanggil oleh teman-temannya dengan sebutan kakek di social media. Alasannya, ia adalah “kakeknya alias mbahnya” para trainer. Melalui Akademi Trainer Jamil Azzaini membantu banyak orang mempunyai kemampuan bicara yang berpengaruh dan menggerakkan di berbagai perusahaan. Sejatinya, Jamil Azzaini memang telah menjadi seorang kakek. Cucu pertamanya, Queena Aela Jauda, lahir  6 Januari 2016.

Beberapa perusahaan yang telah mendapatkan inspirasi dari Jamil Azzaini, seperti Bank Indonesia, Bank Mandiri, BRI, BRI Syariah, BNI 46, BNI Syariah, BCA, CIMB Niaga, Bank BTN, Bank ArthaGraha, Bukopin, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Mega Syariah, Bank BPD Kalbar, Bank Syariah Mandiri, Bank Permata, BII, BPD Kalsel, Bank Sulut.

Di bidang pemerintahan dan BUMN seperti Pertamina, Telkom, Perusahaan Gas Negara, BPJS Kesehatan, Jasa Raharja, Jiwasraya, Pelindo-2, Pelindo 3, Elnusa, Sucofindo, Rekayasa Industri, Surveyor Indonesia, Pupuk Kaltim, Perum Peruri, Pusri, Pos Indonesia, Lido Resort, Permodalan Nasional Madani, Adhi Karya, PLN, Indonesia Power, Yelow Pages, Rajawali Nusantara Indonesia Group, Kementerian Perhubungan, Departemen Pendidikan Nasional, Meneg BUMN, Perum Pegadaian, Peti Kemas Surabaya, Bahana Securitas, PTPN X, BP-Migas, PT Pupuk Kujang, Pupuk Iskandar Muda, Departemen Keuangan, Dirjen Pajak, Kementerian Kelautan dan perikanan, Biro Pusat Statistik, Kementerian Tenaga Kerja, Lembaga Sandi Negara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Swasta: Bakrie & Brothers, Bakrie Telecom, Nuticia, Aqua, Yamaha, Astra Honda Motor, Sony, Pama Persada, Jaya Board, Ericsson Indonesia, Samudera Indonesia, Holcim, ACT, B Braun, Tripatra, Diebold, MNC, Kompas Gramedia Group, Santika, Rumah Sakit Harapan Kita, Sun Life Financial Indonesia, Sari Husada, Arutmin, Kuala Pelabuhan Indonesia, Sumarecon, AIG Life, Jaya Group, Chevron, HM Sampoerna, Indika Group, Oto Finance, Adira Finance, Kosgoro, Abacus, Jakarta International Container Terminal (JICT), Good Year, Tunas Toyota, Asuransi Tugu Pratama, Sharp Indonesia, Tupperware, Tripatra, Rajawali Plantation, AXA Mandiri, Asuransi Astra Buana, Dipostar, Lintas Arta, Mega Auto Finance, Mega Credit Finance, United Tractor, Auto 2000, Trac, Senayan City, Indofood, Tempo Group, Tately,  Manulife, Telkom Internasional, BNI Life serta puluhan perusahaan lainnya.

Hingga saat ini, Jamil Azzaini sudah menulis 10 judul buku –9 menjadi Best Seller, satu buku baru dilaunching pada 28 Oktober 2015:

1. Kubik Leadership, 2005. Gramedia. Jakarta.
2. Menyemai Impian Meraih Sukses Mulia, 2008. Gramedia. Jakarta.
3. Tuhan Inilah Proposal Hidupku, 2009. Gramedia. Jakarta.
4. DNA SuksesMulia, 2010. Gramedia. Jakarta.
5. Makelar Rezeki, 2012. Mizania. Bandung.
6. ON, 2013. Mizania. Bandung.
7. Marry Me Or Never, 2014. Mizania. Bandung
8. SuksesMulia Story. 2105, Gramedia, Jakarta
9. A Tribute, 2105. Mizania, Bandung
10. Speak To Change, 2015, Gramedia, Jakarta

Apa kegiatan lain Jamil Azzaini?

Sebagai bentuk keperduliannya kepada masyarakat dalam rangka menuju peradaban yang lebih baik, Jamil bersama dua sahabatnya, Farid Poniman dan Indrawan Nugroho membuat Komunitas SuksesMulia yang saat ini sudah berada di 26 kota di Indonesia dan gencar melakukan pemberdayaan terhadap kearifan local untuk kemaslahatan masyarakat.

Bersama kakak kandungnya, Jamil Azzaini juga mendirikan sekolah murah tingkat menengah di Lampung. Saat ini setiap tahunnya muridnya lebih dari 1.400 orang. Jamil juga mendirikan Pesantren Wirausaha secara cuma-cuma di beberapa kota. Lulusan Pesantren ini dimaksudkan untuk melahirkan para pengusaha baru di Indonesia sekaligus memutus rantai kemiskinan.

Ia juga menjadi penasehat di beberapa lembaga yang peduli untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat diantaranya Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Sebuah komunitas wirausaha dan sebagian besar anggotanya adalah pengusaha muda.

Selain itu, ia juga menjadi penasehat di Yatim Mandiri sebuah lembaga sosial yang berupaya memandirikan anak-anak Yatim. Tahun 2011, lembaga ini tercatat di MURI sebagai lembaga yang paling banyak memberi bantuan kepada anak yatim.

Karena kegiatannya, banyak media massa yang meliput dan menjadikan Jamil Azzaini sebagai bintang tamu atau pengisi tetap seperti RCTI, Metro TV, Voice of America (VoA), ANTV, TransTV, TVRI, TV One, Sindo Trijaya FM, SMART FM, Pas FM, Sonora, JJFM, SIndo TV, DD FM, QTV, Kompas, Republika, Intisari, Koran Tempo, Jawa Pos, Majalah Garuda, Radar Yogya, Kedaulatan Rakyat, Tribun Riau, Sumatera Post, Paras, Radar Jogya. Radar Lampung, Tabloid Nova, Majalah Excellent, Majalah Elshinta, Majalah Quality, Lampung Post. Inspirasi bisa di dengar setiap hari tiga kali di Jaringan Sindo Trijaya di seluruh Indonesia

Satu kalimat yang mewakili profil Jamil adalah:

Dalam diri sosok Jamil mengalir bakat alami sebagai trainer, penulis, pengkader trainer & social entrepreneur serta penggerak kepedulian masyarakat

Bagaimana menghubungi Jamil Azzaini?

Jamil Azzaini, Inspirator Sukses Mulia, dapat dihubungi di:

PT KUBIK KREASI SISILAIN
Sovereign Plaza 17th Floor
Jl. TB Simatupang Kav 36 Jakarta 12430
Telp: 021 – 29400100, Fax: 021 – 29400099

Contact person: Untuk bisnis (perusahaan) ke Mona: 0816-1615-316 Untuk kepentingan non-bisnis ke Dani 0852-31055-111. Bagi yang ingin meningkatkan kemampuan bicara di depan umum hubungi 0812-1632-0707 (Akademi Trainer). Untuk pemesanan buku-buku karya Jamil Azzaini kontak ke Euis 0878-533-688-52

Atau, melalui:
e-mail: jamil.kubik@yahoo.com
twitter: @JamilAzzaini
facebook: facebook.com/jamilazzaini
website: www.JamilAzzaini.com
instagram: Jamil_Azzaini
Youtube: Youtube/JamilAzzaini