Temukan Alasan

kerja.jpg

Sesuatu yang dilakukan tanpa alasan yang kuat biasanya hanya “musiman” atau hanya “hangat-hangat tahi ayam”. Dalam makna lain reaktif, sporadis dan tidak akan bertahan lama. Begitu pula apabila Anda tidak bisa menemukan alasan yang kuat saat bekerja atau mengelola bisnis maka Anda akan mudah loyo, mudah patah semangat dan kurang bergairah.

Temukanlah alasan yang kuat mengapa Anda bekerja atau berbisnis. Bagi yang masih pemula, boleh jadi alasannya karena ingin membahagiakan orang tua. Ya, sebagian besar orang tua bangga apabila anaknya sudah punya pekerjaan atau bisnis yang mapan. Alasan lain bisa juga karena ingin memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci, membangunkan rumah yang layak bagi orang tua dan lain sebagainya.

Adakah alasan Anda bekerja karena orang tua? Apa itu?

Bisa juga alasan yang kuat adalah karena ingin memberi penghidupan yang layak bagi anggota keluarga. Ingin hidup “pas-pasan” yang artinya istri dan anak minta apa saja selalu pas ada. Selain itu, pekerjaan atau bisnis yang mapan juga membuat anggota keluarga lebih percaya diri dan bangga dengan profesi yang kita jalani.

Salah satu alasan yang kuat mengapa saya serius dengan profesi yang saya tekuni juga karena keluarga. Bagi saya, keluarga adalah sumber energi, sumber inspirasi dan juga pengingat saat kita lupa dan alpa. Apakah Anda juga punya alasan yang kuat yang bersumber dari keluarga? Apa itu?

Sementara bagi saya yang sudah tua (47) bekerja dan berbisnis dorongan terkuatnya atau alasan kuatnya bukan lagi yang tersebut di atas. Dorongan terkuatnya adalah ibadah, aktualisasi diri dan legacy yang hendak kita tinggalkan. Oleh karena itu, apapun bisnis yang saya jalani adalah bisnis yang halal, tidak merusak lingkungan, tidak mendzolimi karyawan, berpegang pada etik dan agama agar semua aktivitas saat bekerja bernilai ibadah.

Semakin giat, bersemangat dan banyak prestasi yang dihasilkan saat bekerja maka nilai ibadahnya semakin banyak. Selain itu, saya berharap agar semua pekerjaan yang saya lakukan memberi arti dan nilai bagi orang-orang di sekitar saya. Semakin banyak orang yang berinteraksi dengan pekerjaan dan bisnis saya maka semakin banyak pemetik manfaatnya.

Alasan-alasan itulah yang membuat semangat saya semakin membara untuk terus berkiprah yang terbaik di profesi yang saya tekuni. Apa alasan kuat Anda?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Temukan Alasan”

  1. nurhamid says:

    alasan hebat akan melahirkan yang hebat pula, alasan menentukan hasil yang dicapai.

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes…yes…yes…

Leave a Reply

Your email address will not be published.