Teguh Hydro

Saya mengenal lelaki ini saat ia masih menuntut ilmu di Sekolah Menengah Analisis Kimia Bogor (SMAKBO) awal 90-an. Ketika itu saya masih kuliah di IPB. Kebetulan, saat kuliah saya sering mengisi kegiatan di berbagai sekolah di Bogor untuk sharing mengenai leadership, spiritual dan kepemudaan. Teguh Wibawanto, nama lengkap lelaki ini, adalah salah satu aktivis sekolah yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Saya berjumpa lagi dengannya saat ia sudah lulus dari Universitas Indonesia, awal tahun 2000. Lalu kami bertemu kembali ketika ia minta bantuan untuk dipertemukan dengan investor yang berminat mengembangkan bisnisnya. Alhamdulillah, bisnisnya terus berkembang.

Mas Teguh kini sudah menjelma menjadi seorang pengusaha. Bahkan kini di belakang Teguh ada tambahan nama: Trilyuner, Excellent, Genius, Useful, Humble. Embel-embel yang panjang itu, katanya, merupakan komitmen bahwa dirinya ingin menjadi pengusaha yang bermanfaat dan rendah hati.

Untuk memajukan bisnisnya, mas Teguh berangkat ke Tanah Suci dan mengajukan proposal hidupnya disana –persis seperti yang pernah saya lakukan. Bisnis utamanya adalah solusi masalah air dan “bintang terangnya” adalah ingin menjadi ahli hydro dari Indonesia.

Saya merasa sangat bangga kepadanya, karena setelah ia berhasil membangun bisnisnya ia juga membangun kepedulian kepada sesama. Saat ini, setiap ia mampu menjual satu unit penjernih air maka ia akan menyumbangkan satu penjernih air bagi keluarga atau komunitas tidak mampu di daerah Jakarta Utara atau Jakarta Barat. Ia sudah mendeklarasikan dirinya sebagai bagian dari program “Satu Orang Satu“; Setiap satu kebaikan yang diperoleh ia akan memberikan satu kebaikan kepada orang yang membutuhkan.

Mengapa dipilih wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat? Karena kedua daerah tersebut merupakan wilayah yang paling banyak tercemar limbah domestik maupun limbah industri. Kualitas tanah bersih di Jakarta Utara hanya 13% sedangkan kualitas air bersih di Jakarta Barat hanya 9%. Sungguh memprihatinkan. Tentunya, kepedulian mas Teguh untuk kedua wilayah tersebut akan sangat membantu warga yang sulit mendapatkan air bersih.

Sebagai sahabat, saya berharap mas Teguh benar-benar menjadi trilyuner yang mampu menolong banyak orang sekaligus menjadi salah satu ahli hydro dari Indonesia yang tercatat dalam sejarah.

Mas Teguh, semoga Anda menjadi Teguh sesuai yang Anda impikan Trilyuner, Excellent, Genius, Useful, Humble

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

NB:
Untuk yang ingin mengenal mas Teguh lebih dekat silakan kunjungi website beliau: www.teguhwibawanto.blogspot.com dan www.hydro.co.id.

Saat ini mas Teguh aktif sebagai pengurus komunitas Tangan diatas (TDA). Beliau juga merupakan salah trainer yang saya kader di I2MoveNetwork. Silahkan kalau mau mengundang beliau untuk sharing. He he he..

Bagikan:

15 thoughts on “Teguh Hydro”

  1. mustika yanti says:

    Subhanallah, sangat menginspirasi. Tetap mengedepankan tawadhu, sedekah, like it very much.

    Alhamdulillah syukur bgt, Allah ‘mempertemukan’ sy dg tulisan pak jamil, membuat hari sy semakin ‘berwarna’

  2. Wahh.. Semoga Konsisten ya Pak Teguh !

  3. Khalik HR says:

    Sungguh besar hatimu mas Teguh semoga amal ibadah bp diterima Allah SWT .Amin

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Subhanallah..
    Sangat mengispirasi!!!
    Sy pun jg hrs bs mjd seorang PLANNER, trutama mengembangkan daerah2 miskin/kurang brkembang.
    Semangat!! 🙂

  5. Jamil says:

    Ayo lahirkan Teguh Teguh yang baru. Salam SuksesMulia. Jamil

  6. bejo untung says:

    Inspiring. Salam SuksesMulia.

  7. kencono SARI says:

    sangat menyentuh. Semakin bsemangat dan btekad untuk mjd ‘teguh’ yg baru

  8. Ano says:

    Punya pendirian yg teguh tuh. 🙂
    salam Sukses Mulia

  9. piyu says:

    Inspiring…..saya bersyukur bahwa akhirnya mengenal dan mengetahui bahwa ternyata masih ada kebaikan di muka bumi ini…dan masih ada manusia-manusia mulai dan para pejuang di muka bumi ini….

  10. Sm seperti sy, Dolly Pasaribu itu bijaksana dlm menyikapi syukur & sabar, pemenang yg tangguh, suka belajar, praktek, kembangkan& jd ahli ilmu dahsyat, kaya raya, menebarkan kebaikan bg bnyk org, & melindungi bnyk keluarga..
    Perkara uda terbukti atw blm urusan belakangan, afirmasi positif ini sy anggap do’a.. Gmn mas?

  11. Widar says:

    waow amazing..
    btw, gmana caranya kalau mau pake alatnya pak teguh? mohon infonya kek (^^)

  12. erickazof says:

    Subhanallah, satu kebaikan akan melahirkan seribu kebaikan… *berkunjung ke lapakny om Teguh ahh ;p

    Thks for sharing Om Jamil

  13. Maju terus pak Teguh! Sukses!

  14. dwinur77 says:

    smoga amal Pak teguh sampai di kepulauan kami. amiiin

  15. fauzan says:

    Insya Allah jdi “Teguh” baru. Amiin
    Doain y Om Jamil
    Salam SuksesMulia

Leave a Reply

Your email address will not be published.