Tanda

Hampir semua kejadian di dunia ini selalu diawali dengan tanda. Sebelum kita benar-benar sakit Allah SWT sudah mengirimkan tanda misalnya berupa bersin-bersin, gak enak badan, diare dan lain-lain. Apabila dibiarkan dan tidak kita cegah, maka kita akan benar-benar sakit bahkan boleh jadi dirawat di rumah sakit.

Begitu pula dengan keberhasilan hidup dan peningkatan derajat kehidupan. Allah juga mengirimkan banyak tanda, apabila kita kemudian mengoptimalkannya maka kesuksesan akan menghampiri kita. Namun apabila kita tidak sanggup memahami tanda-tanda itu, kehidupan kita tak akan beranjak naik.

Tanda yang Allah kirimkan ada yang muncul dari dalam diri kita ada pula yang berasal dari lingkungan kita. Tanda dari dalam diri misalnya berupa perasaan gelisah atau pertanyaan-pertanyaan yang tiba-tiba muncul di hati Anda. “Inikah kehidupan terbaikku? Apabila aku meninggal hari ini telah cukupkah bekalku? Sudahkan aku optimalkan kemampuanku? Pantaskah aku mengaku sudah bekerja keras atau sejatinya aku pemalas?”

Atau boleh jadi tanda itu berupa impian besar yang menggelora di dalam dada. Gairah dan semangat Anda mucul begitu besar saat teringat atau membicarakan mimpi-mimpi itu. Semua itu adalah tanda yang harus ditindaklanjuti. Apabila Anda berhenti, tanda itu tiada arti namun bila Anda tindaklanjuti tanda itu punya makna besar bagi keberhasilan hidup Anda.

Tanda bagi keberhasilan hidup Anda ke arah yang lebih tinggi juga Allah SWT hamparkan di luar diri Anda. Boleh jadi tanpa sengaja Anda melihat acara TV bermutu yang memberikan inspirasi atau Anda mendengarkan inspirasi dari radio saat perjalanan.

Tanda lain yang Allah SWT kirimkan bisa juga melalui buku bermutu, sahabat dan lingkungan baru yang hadir dalam kehidupan Anda. Semua tanda itu harus ditindaklanjuti dan dioptimalkan. Bila Anda biarkan, ia hanya menjadi tanda tanpa makna.

Coba sekarang Anda perhatikan, apakah kira-kira tanda yang Allah SWT kirimkan untuk keberhasilan hidup Anda? Apakah tanda itu sudah Anda tindaklanjuti atau optimalkan? Atau Anda hanya puas tahu ada tanda, tapi tanpa aksi?

Orang yang tahu ada tanda-tanda sakit kemudian dia hanya diam tanpa aksi maka ia akan benar-benar sakit. Begitu pula orang yang tahu Allah SWT sudah mengirimkan tanda keberhasilan namun dia diam tanpa ditindaklanjuti dan dioptimalkan sesungguhnya orang ini pikiran dan jiwanya sedang sakit.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Banner ON


Bagikan:

22 thoughts on “Tanda”

  1. fauzan says:

    Introspeksi diri
    Mksih om Jamil
    Salam SuksesMulia

  2. dika says:

    kegelisahan2 sy tentang peningkatan diri kek.. Saat ini sy blm bs ikut acara2 ke jamil, smga sgra dlm wktu dpt agr kegelisaan ini trjwb.

  3. nely says:

    membaca deklarasi asa(ON;69), dan halaman2 on lain, tanda move on yg sy rasa belakangan ;mngurangi tidur & semangat memantaskan diri, semoga sy trus move on ya kek..aamiin

    1. asyik, move ON terus ya

  4. nova says:

    Salam
    Harus lebih rajin lagi mencari tanda-tanda yang Alloh SWT berikan,,
    mudah -mudahan saya bisa mengambil pelajaran dari tanda yang datang..

    Salam SuksesMulia

  5. keripik 7CHIPZ says:

    BIG DREAMS START FROM SMALL STEPS #salamSuksesMulia 🙂

  6. SUCCESS IS MY RIGHT! SUKSES ADALAH HAK SAYA! #GoldMorning 🙂

  7. Cak Iput says:

    waduh saya kesiangan bah…. jd ketinggalan. “kebelet” itu juga merupakan tanda-tanda yang diberikan Allah untuk kemulyaan manusia. Tanpa ada “kebelet” manusia mungkin identik dengan makhluk lain… apa itu? Alloh memang maha hebat skenarionya!

  8. Anggit Setyaningsih says:

    kalo kata mas Andre Raditya ini #LifeSign 🙂

  9. Rahmiati Lao says:

    Assalamu Alaikum Pak Jamil
    Salam kenal.
    Saya baru baca buku ON dan sedang mencoba untuk Move-ON. Ketika kemudian saya baca artikel ini saya semakin yakin bahwa Allah SWT sudah menegur agar saya mau berubah.
    Semoga dengan join di komunitas SuksesMulia menjadi langkah awal saya untuk move on..amin..
    Semoga Bapak sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT dan tetap menjadi inspirasi bagi semua

    1. Siiip, keren mas, semoga terus ON

  10. tanda tanda itu sudah sampai dan skrg sy mengelola & menancapkan visi untuk mengoptimalkan tanda2 itu. terimkasih atas hidangan Ilmunya pagi ini Kek jamil,@akrampakki

  11. BUDI M. says:

    TAnda tanda yang dikirimkan Allah kepada saya : Mempunyai Iman , kesehatan , keluarga, Relasi, pertemanan, mudah diterima dilingkungan, teman teman sukses, panca indra , wajah, pikiran , budi pekerti , kepekaan nurani dan sosial semoga saya bisa menindaklanjuti untuk mencapai kesuksesan mohon doa dari Pak Jamil dan seluruh pembaca. Amin Terima kasih.

    1. Langsung didoakan mas Budi. Salam SuksesMulia

  12. TANDA layaknya seperti Hidayah…

  13. hikmah says:

    bacaan ini jg merupakan tanda

  14. Ading says:

    Dan tanda sukses saya terlihat saat saya dapat berbagi artikel kakek di fb saya. Hehehe.

  15. siswanto says:

    sudah mulai gelisah ni kek, apalagi sudah semester akhir dibangku kuliah tp belum nemu cara untuk menindak lanjuti kegelisahan ini ??

  16. Rizqi Mulia says:

    Salah satu TANDA adalah ADZAN.
    begitu ADZAN dikumandangkan, kenapa banyak manusia tidak meng-OPTIMAL-kan dan TIDAK MENINDAKLANJUTI?
    maka, apakah PANTAS kita disebut PENDUDUK SURGA???

    Salam SuksesMulia
    ::: SUSU KAMBING Etawa :::

  17. dadeng says:

    tanda-tanda itu adalah ilham dr Allah swt

  18. ayesha says:

    Sy buka dan bacalagi ,,yakinin diri bhw tanda ini hrs dlakukan..demi Alloh sy hanya ingin bahagiain papa sy tanpa hrs mbantah suami,,yaa Alloh..maaf kek ga nyambung…makasih dah ijinin sy bolakbalik buka tulisan kakek niy

Leave a Reply

Your email address will not be published.