Takut Gagal, Justru Merusak Budaya Inovasi

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Hampir semua perusahaan memiliki atmosfir persaingan berdasarkan nilai kinerja. Pada permulaan tahun, semuanya mendapatkan angka 100%, namun kemudian para atasan menggerus angka tersebut sedikit demi sedikit berdasarkan kesalahan yang dilakukan stafnya.

Akhirnya semua berakhir dengan angka yang berbeda-beda sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

Masalahnya adalah, begitu karyawan memahami aturan main ini, maka mereka akan melakukan segalanya untuk menekan angka risiko, termasuk risiko gagal atau melakukan kesalahan. Dalam jangka panjang, karyawan pun akan merasa tidak termotivasi untuk mencoba sesuatu yang baru.

Bayangkan para karyawan-karyawan terbaik perusahaan menjadi mereka yang jago memerankan karakter mencari aman.

Bila semua karyawan takut mengambil resiko gagal dan salah, saat aturan main ini menjadi budaya. Maka akan sulit menanamkan budaya inovasi dalam perusahaan tersebut.

Di satu sisi budaya inovasi harus menjadi kebiasaan pada setiap individu dalam perusahaan. Karena kondisi saat ini aturannya berbeda. Pola tidak selalu linier sama, setiap waktu selalu berubah-ubah dengan sangat fluktuatif. Bahkan saat ada produk gadget baru launching, kondisi pasarpun berubah-ubah.

Inilah yang menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan besar, begitu sangat lamban dalam berinovasi. Dampaknya mereka tidak siap menghadapi perubahan, karena mereka tidak mempunyai pola-pola baru yang teruji. Mereka tidak mempunyai budaya menguji coba hal-hal baru. Mereka tidak mempunyai budaya inovasi.

Faktanya, membangun budaya inovasi tidaklah mudah. Karena sudah berbenturan dengan kebiasaan mencari aman. Efeknya, semua individu akan merasa gelisah, takut dan tidak senang bila ada perubahan kebijakan yang dramatis.

Namun saat ini, ada sebuah metode baru Gamification, yang dapat membantu Anda membentuk budaya inovasi. Gamification adalah penerapan prinsip-prinsip dan elemen-elemen permainan (game) dalam konteks non-game.

Baca Juga  Terlalu Banyak Alasan

Kubik Leadership sebagai institusi yang sudah lebih dari 17 tahun berkecimpung dalam dunia pengembangan SDM ingin memberi kontribusi bagi tumbuhnya budaya inovasi melalui sebuah workhshop. Acara interaktif strategis ini akan membantu Anda mengeksplorasi gagasan-gagasan untuk memulai sebuah program intervensi dalam membangun budaya inovasi dengan menggunakan pendekatan Gamification. Sungguh mengasyikkan bila bekerja seperti sedang bermain game.

Informasi lebih lanjut kunjungi www.kubik.co.id/innovation


Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer