Tak Kenal Maka Ta’aruf

Ade YusandiSalah satu pepatah Sun Tzu yang cukup terkenal adalah “Dalam ratusan pertempuran, bila anda mengenal diri anda dan musuh anda, anda tidak akan pernah takut terhadap hasilnya”. Kalimat sederhana diatas jika diaplikasikan dalam dunia pelayanan mengajak kita untuk benar-benar mengenali siapa pelanggan kita dan apa yang menjadi kebutuhannya, termasuk mengajak kita untuk mengidentifikasi apa keunggulan dari produk kita sehingga ada alasan bagi customer untuk selalu menggunakan produk kita.

Puas atau tidaknya pelanggan, tidak selalu bergantung karena produk kita yang unggul, melainkan karena kebutuhannya terpenuhi bahkan terlampaui.

Sama halnya dengan profesi seorang trainer. Sebelum memberikan sebuah pelatihan, identifikasi kebutuhan peserta latih mutlak diperlukan mengingat tidak semua peserta latih menyadari mengapa ia oleh atasan/ perusahaan tempatnya bekerja diutus untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan.

Selain itu juga proses identifikasi diperlukan bagi kita untuk mempersiapkan materi yang kita miliki sebelum memberikan pelatihan agar apa yang disampaikan bukanlah sesuatu yang menurut kita bagus melainkan sesuatu yang menjawab kebutuhan pelanggan kita yaitu peserta latih maupun perusahaan yang mengutus SDM didalamnya.

Maka pastikan anda mengetahui siapa pelanggan anda dan mengenal apa kekuatan yang ada pada diri anda agar anda mampu menaklukan pelanggan. So, Selamat Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan Anda

Ade Yusandi

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.