Surat untuk Istri dan Anakku

surat.jpg

Duhai istri dan anakku, sebentar lagi tahun 2013 berakhir. Banyak kenangan indah yang sudah kita lalui sepanjang tahun ini. Gairah dan energiku selalu bertambah setelah ngobrol, bercanda, bermain dan bercengkerama denganmu. Jasamu begitu besar di dalam perjalan hidupku sepanjang tahun ini dan juga tahun-tahun sebelumnya.

Anakku, maafkan bapakmu, terkadang bapak terlalu egois sehingga melupakan moment-moment penting yang seharusnya bapak ada di tempat itu bersamamu. Beberapa kali bapak tak hadir saat ada acara di sekolahmu. Terkadang bila sedang bersenda gurau denganmu pun bapak masih mencuri-curi kesempatan untuk bermain smart phone dan iPad. Sekali lagi, maafkan bapakmu…

Banyak yang mengira bapak ini orang tua hebat. Padahal faktanya, bapakmu ini tak tahu kapan jadwal liburmu. Bapak juga tak tak tahu hari pembagian raportmu sehingga di hari itu bapak masih membuat jadwal training di tempat lain. Sungguh terlalu, di saat anaknya liburan, bapakmu justru membuat jadwal training di luar negeri, jauh darimu. Maafkan bapakmu yang kurang peduli kepadamu, wahai anakku.

Duhai istriku, maafkan karena aku pernah membuat beberapa kali kau galau, meneteskan air mata dan tidak nyaman menghadapi tingkah polahku. Aku masih perlu waktu untuk terus berlatih menjadi lebih bijak. Aku masih perlu terus belajar agar kau merasa nyaman saat aku di sisimu.

Akupun pernah tak berada disisimu wahai istriku, padahal saat itu kau memerlukan dadaku untuk menyandarkan kepalamu. Aku juga lebih banyak menuntut perhatianmu padahal aku sering alpa memperhatikanmu. Beberapa kali aku pernah memarahimu padahal seharusnya aku membimbingmu. Semoga kau tetap sabar dengan sikap dan perilakuku yang sebenarnya tak layak dimiliki oleh seorang imam atau pemimpin di dalam sebuah keluarga.

Wahai anak dan istriku, sering kali bapak berujar bahwa bapak sibuk kesana-kemari demi masa depan kalian. Faktanya, bapak sedang sibuk menjalankan hobi dan memuaskan ego pribadi serta mengejar visi hidup bapak. Oleh karena itu, maafkan jika bapak terkadang lupa memberi kabar karena terlalu asyik dengan profesi yang sedang bapak tekuni.

Bapak buat surat ini saat bapak tertinggal pesawat, menunggu penerbangan berikutnya yang tak pasti. Bapak bayangkan wajah kalian satu per satu sambil berharap, “Ah, andaikan kalian ada di sini, tentu hati bapak tidak segalau saat ini. Keberadaan kalian memang begitu berarti dalam setiap langkah kehidupanku.”

Dan diantara ketidaksempurnaanku, bapak berharap kalian masih berkenan menjadikan bapak imam di keluarga. Dan bapak berharap kalian tiada lelah berdoa agar kita selalu bersama di dunia dan kehidupan yang abadi. Semoga Allah SWT kelak menempatkan kita di tempat yang layak walau masih banyak hal yang harus kita sempurnakan. I love you all…

Ruang tunggu Bandara Soekarno-Hatta, 18 Desember 2013.

Bapakmu yang [ngakunya] keren, ganteng dan kece. Hehehe…

Jamil Azzaini

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

84 thoughts on “Surat untuk Istri dan Anakku”

  1. Mas Wantik says:

    Wah sy tunggu spt apa ya balasan surat Kek Jamil ini hehe mudah2an nanti ada reply di bawah ini dr istri hehe

    Salam anti galau Kek

    1. Jawabnya cukup lisan dan di rumah saja, hehehehe

  2. Terharu Kek bacanya..

    sebelum ayah wafat, satu momen yang tak pernah terlupa dalam hidup adalah ketika beliau selalu hadir menerima raport saya. Saat di panggil sebagai juara kelas, beliau dengan bangganya maju menerima raport saya. senyum bangganya itu adalah salah satu kenangan terindah saya bersama beliau.

    eh, jadi curhat Kek..

    Semoga di tahun depan Kakek bersama keluarga selalu dalam lindungan Allah. Semakin SuksesMulia baik dalam karir maupun kebersamaan bersama keluarga. aamiin

    Salam Sukses Mulia

    1. Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂

      jadi terenyuh nih…

      Salam Super Mulia_!!!
      @npindh
      ง^•^ง

    2. Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂

      jadi terharu…

      Salam Sukses Mulia_!!!
      @npindh
      ง^•^ง

    3. Mari doakan orang tua

  3. Hendri Dinata says:

    Amin..

    Jadi terharu… salam buat keluarga ya Kek. 🙂

    1. Insya Allah keluargaku baca ini, jadi salamnya biar mereka baca sendiri ya, hehehehe

  4. Mayasari says:

    KerON, semoga smw bapak di seluruh indonesia bisa merenung dan jadi makin sayang dan cinta sama keluarganya.. Super..

    1. Doakan saya juga ya mbak

  5. Anang Nurkholis says:

    kek, tulisannya mak jleb……sangat banyak kekurangan yang harus diperbaiki.
    Hari esok harus lebih baik dari hari ini.

    1. Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ 🙂

      Salam Sukses Mulia_!!!
      @npindh
      ง^•^ง

    2. Yes, mari terus bertumbuh

  6. noza says:

    aamiin , semoga kakek dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT , aamiin 🙂

  7. alhamdulillah..sebuah penyadaran dari hiruk pikuk kesombongan seorang ayah

  8. Terharu membacanya, Semoga Senantiasa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah,Semoga segala kebaikan senantiasa tercurah pada mas Jamil dan keluarga, aamiin

    1. Terima kasih doanya mbak, horas Medan 🙂

  9. Zuhandri says:

    Bener2 ayah yg so sweet kerON. Semoga ketuleran kelak..hehehe

    Berkah utk keluarga kakek. Aamiin

    Salam sukses mulia!

    1. Doakan ya, semoga keluargaku sakinah, mawadah dan warahmah

  10. i can says:

    Pagi2 sudah dibuat menangis karna trharu oleh tulisan kek jamil dan sahabt2 yg memberi comment.. :’)

    1. Yes you can juga 🙂

  11. princess amanda @holistic_center says:

    so touchy….

    manda jd inget papa…dari seluruh anak2nya mandalah yg paling dkt n manja sm beliau…wlwpunpapa memang tipe yg dkt n perhatian sm semua anak2nya…

    bahkan pernah tmn2 di hukum guru agama krn slsai acara trwih bersama mereka biarin guru agama plg sendiri krn mereka sibuk dgn urusan2 masing2 yg ga penting, tp manda ga di hukurm di sekolah krn di jmpt sm papa stlh acara trwih bersama selesai…
    luv u so much daddy…

    pagi ini surat grandpa yg kece n ganteng(ngakunyaaa..) supeeeeeeeer kerON n berhasil bikin mata berkaca2 membacanya….

    salam SuksesMulia

    1. Doakan papamu selalu ya

      1. princess amanda @holistic_center says:

        insyaAllah grandpa…
        papa sm mama insyaAllah awal januari akan umroh…

        1. Saya juga umroh tanggal 14 berangkag, semoga bisa bareng 🙂

  12. Ela says:

    saya jd kangen papah yg seminggu yg lalu ninggalin kita semua kek.. :'(

    1. Mari kirim doa buat papa

  13. nia says:

    terharu bgt kek ToT,berharap semoga semua ayah punya hati yg penuh kasih sayang kayak kakek 🙂

  14. pak moel says:

    Amin…
    Tq sarapan paginya kekk
    Kami tunggu artikel.balasan dari anak.n istrinya kek moga bisa buat pencerahan bg kami.

    1. Hehehehehe, mereka baca ini paling senyum2 🙂

  15. syarah khaerunnisa says:

    semua bapak pasti berperan dalam tumbuh kembang anaknya. bapak saya lebih senang di belakang layar. pernah saya merasa bapak kurang memperhatikan, tapi ibu saya bilang bahwa bapak selalu menanyakan kabar saya, hari-hari saya bagaimana. sampai kemudian saya tau bahwa bapak pun sangat menyayangi saya dengan caranya sendiri. alhamdulillah sampai sekarang walau terpisah kota kami gak lupa saling telpon atau smsan. dan saya sangat menyukai bagian akhir dari setiap obrolan kami, bapak pasti memberikan doa yg panjangnya kaya kereta api. hehehe..

    1. Terharu, salamnya buat bapak dan ibu

  16. edhie koesmana says:

    wah aku jadi tersinggung nih, nyindir para bapak habis moga jadi perenungan

    1. Hhehehe, saya gak niat nyindir lo ya

  17. basith says:

    Njenengan memang bapak yg hebat, senengnya dan beruntung nya mjd anak yai jamil, slamat kpd anak nya yai jamil krn memiliki bpk yg hebat, smoga menginspirasi bpk2. Yg lain, Al faatihah…..

    1. Belum mas makanya buat surat ini, ngaku kalau belum hebat

  18. iyu says:

    Terimakasih selalu mengingatkan betapa masih banyaknya yang harus kita perbaiki sebagai suami dan bapak. *peluk T_T

    1. Anakmu yg baru lahir pasti kelak bangga punya ayah seperti dirimu. Aamiin YRA

  19. hamdani says:

    Nangis bacanya…betapa jauh dari bijak, maafkan aku duhai anak2 dan istriku kalau sampai saat ini belom bs membuat kalian bahagia

    1. Tak ada kata terlambat, yok mulai sekarang juga

  20. Pak Jamil, Orang Romantis ya… 😀

    1. princess amanda @holistic_center says:

      org feeling gitchuu loooh grandpa itu makanya romantis…

  21. andres bahari says:

    Mbebes mili… kek, resiko jadi pria panggilan yg di sukai ibu2 lebih galau kek, tapi memang manusia punya rencana, Allah punya kuasa. Terimakasih…ada salam dari santri2 sy, rekaman suaranya dipondok waktu itu sering sy perdengarkan sm mereka. Barakallah…

    1. Hehehehe, salam buat para santri di sana ustadz. Semoga bisa kesana lagi

      1. andres bahari says:

        Waalaikumussalam kek.. kata mereka. Amiin… 3x insya Allah niat akan Silaturahiimnya jadi pahala.

  22. indra fernanda says:

    BarokaAllahu fiikum..
    smoga menjadi keluarga SAMARA.. 🙂

    1. Aamiin YRA, saling mendoakan ya

  23. Eri Cahari says:

    Aamiin YRA, ternyata ini Hikmat ditinggal pesawat yach Pak, bener bener gue banget, terimakasih Pak, mata berkaca saat membacanya di commuterline. Smg th 2014 saya bisa lebih baik lagi, saling men-do’a kan Pak, Aamiin …….

    1. Lho orang thinking bisa nangis 🙂

      1. ERI CAHARI says:

        hihihi sepertinya harus di test Mesin Kecerdasan lagi, Insya Allah hari Sabtu saya hadir di BPPT Pak 🙂

  24. ali samsudin says:

    kerON. tak coba tiru, karena saya selalu dekat, langsung ngomong aja ya sama anak istri, saran buat pak jamil nanti kalau ketemu istri dan anak2 diulang suratnya lewat kata2 ya.

    1. Istriku pembaca setia websiteku ini mas, hehehe

  25. ga sadar netes air mata baca surat ini kek, jadi inget ayah…..ayah saya sudah meninggal 6 tahun yang lalu kek….mohon doa semoga kami bisa dikumpulkan di syurganya
    ayah saya orang yang paling mendorong saya untuk sekolah madrasah (menurut saya ga keren):), waktu saya lulus mts beliau ingin saya melanjutkan di madrasah aliyah, saya menolak dan bilang yah…klo udah di pesantren 6 tahun ntar malu klo ga bisa apa2, ntar klo orang nanya tentang Islam klo ga ngerti malu, ayah…saya cuma blg buat ayah yg penting klo kamu sekolah di pesantren sholatnya terjaga dan ngajinya terjaga, ayahnya cuma pengen kamu bisa doain ayah klo ayah udah meninggal…nanti biarkan ilmu dan kemampuanmu berproses… sekarang saya sangat bersyukur atas dorongan ayah saya dulu yang memasukkan sekolah agama dan memberikan bekal ilmu agama sejak dini….pesantren itu keren, bisa agama itu keren, sholat terjaga itu keren, justru klo buka aurat itu norak, ga ngaji itu kampungan, dugem itu ndeso….

    1. Ayah yang hebat, ayok kirim doa bareng2 buat ayah kita

  26. weningati says:

    Subhanalloh… Trenyuh membacanya… betapa bahagianya menjadi anak dan istri Pak Jamil ya… dikaruniai Bapak dan Suami yang demikian sempurna lantaran kebesaran hatinya mau mengakui kekurangannya… semoga Pak Jamil senatiasa dilimpahi kebaikan dan diberikan kemampuan untuk menjadi yang di inginkan… semoga keluarga penjengan selalu menjadi keluarga samara… aamiin…

    1. Lho koq bahagia. Lha wong saya banyak kekurangan je

      1. iik nurhikmah says:

        wah sarapan pagi yg maknyos buat hati ya kek 🙂

  27. Hartini says:

    Terharu kek bacanya, semoga kita semua menjadi keluarga SAMARA, dan tahun depan kita menjadi lebih baik…..aamiin

    1. Saling mendoakan ya. Keluarga samara itu kita perjuangkan 🙂

  28. KerON & Mantap serta menginspirasi Kek Jamil.
    Moga di Ultah saya ke-37 hari ini ( 19 Des 2013). Saya bs menjadi Pemimpin & Teladan bagi Istri & anak ku.

    Moga impianku menjadi Trainer & membangun Pesantren Pengusaha Muslim tercapai.

    SuksesMulia buat semua pembaca web / blog Kek Jamil Azzaini. Aamiin.

    1. Akbar Prima says:

      Selamat ulang tahun pak sukses utk memimpin keluarganya, dan sukses utk masa depan keluarganya 🙂

    2. Langsung kirim doa mas, salam buat keluarga ya

  29. Akbar Prima says:

    Sendu aku membacanya, keren. Semoga Allah menambahkan waktunya bersama keluarga. Amin.

    1. Sendu itu seneng duit lho artinya, hehehehe

  30. irnayuliani says:

    Subhanallah, hal-hal seperti ini yang selalu membuat kita rindu pada keluarga. Kek Jamil selalu jadi sumber Inspirasi yang luar biasa.

    1. Semua orang adalah sumber inspirasi, termasuk dirimu

  31. BisnisBajuYuk says:

    Jadi siapa yang lebih beruntung nih,Aki yang punya istri dan anak2 yang sabar atau istri dan anak2anak Aki yang punya suami dan bapak yang (ngakunya) keren,ganteng dan kece…???

    1. Aku yang bersyukur punya mereka, semoga mereka juga bangga 🙂

  32. Imawan says:

    Subhanallah…makasih kek sdh diingatkan & menjadi renungan khususnya buat saya pribadi dlm membimbing istri & anak…semoga bisa ikut wbt n langsung belajar sama kek jamil….hehehe

    1. Asyik, ditunggu ya mas, salam buat keluarga

  33. Pipin Fajar says:

    Sungguh tersentuh baca surat ini Kek. Semoga imamku selalu bisa membagi waktu untuk Allah dan keluarga kami. Aamiin YRA

    Salam Sukses Mulia…

    1. Mari saling mendoakan ya, salam SuksesMulia

  34. Nice post kek…seperti biasanya.
    Ketinggalan pesawat berarti ada masa buat merenung, namun enaknya kalau sudah keluarga, galaunya beda…hehehe

    1. Galau bagi yang sudah menikah itu ya seperti ini mas, hehehehe

  35. respon ny anak-anak gimana Kek..?
    Mba’Nadhira..Mas Asa..Mas Izul.. ^_^

    1. Mereka ada yg jawab via BB, dan saya menangis haru bacanya 🙂

  36. dnur77 says:

    Subhanallah…alhamdulillah
    Barokallahu….
    semoga bisa menjadi suami dan bapak yg baik…amiinnn

    1. Aamin, insya Allah bila bersedia terus belajar dan berbenah

  37. fido says:

    seandainya semua orang sadar diri, berani minta maaf dan berani untuk memperbaiki diri seperti kakek….
    Saya doakan semoga kek Jamil dan keluarga selalu dalam lindungan dan ridha Allah SWT

    1. Terima kasih doanya dan insya Allah doanya akan kembali kepada yang mendoakan

  38. Terimakasih kek, aku jadi ingat bapak ku yang ada di rumah, beliau selalu telpon untuk tanya kabarku, keadaanku disini, dan kadang juga ngajak cerita by phone…. hemm kangen deh…

    1. Ayo gantian, telpon duluan, jangan menjadi fakir miscall 🙂

  39. annisa fauzia says:

    pengen nangis…. saya telpon papa kalau pas uang bulanan habis doang 🙁
    harus berubah mulai sekarang. matur tengkyu kakek…

Leave a Reply

Your email address will not be published.