Superman Kalah dengan Superteam

superteam.jpg

Tokoh khayalan Superman memang hebat. Apabila di tempat kerja ada orang seperti Superman pasti banyak yang senang. Mengapa? Karena banyak pekerjaan akan tuntas, target yang menantang tercapai, kinerja perusahaan terdongkrak. Tetapi ternyata, sehebat-hebatnya Superman, ia bisa dikalahkan oleh superteam (tim yang solid dan kuat).

Oleh karena itu, ciptakanlah superteam bukan Superman. Untuk bisa menciptakan superteam di perlukan beberapa persyaratan. Pertama, visi tim yang jelas. Kejelasan visi tim akan membuat kerja lebih terarah. Semua anggota tim tahu kemana ia harus menuju. Mereka menjadi paham untuk apa energi dihabiskan. Mereka juga menjadi terlatih menetapkan prioritas kerja demi tercapainya visi tim.

Jangan berharap punya superteam apabila tidak ada kejelasan visi yang hendak diraih. Untuk memudahkan tercapainya visi tim, susunlah target-target jangka pendek yang merupakan batu lompatan tercapainya visi tim. Visi tim yang baik mendukung visi individu masing-masing anggota tim.

Kedua, menghargai perbedaan. Orang-orang yang selfies, egois dan keakuannya tinggi tidak bisa menjadi anggota superteam. Ia tidak layak ikut maju bersama. Ia perusak suasana. Jadilah orang yang terbiasa menghargai perbedaan agar bisa memenuhi kriteria menjadi anggota superteam.

Perbedaan pendapat, ide, sikap, cara kerja justru akan memperkaya wawasan para anggota tim. Bukan hanya itu, perbedaan juga mengasah para anggota tim untuk terbiasa lapang dada dan meluaskan hati. Pikiran terlatih, hati terasah, alternatif aksi semakin variatif. Hal ini menjadikan tim semakin solid.

Ketiga, sharing menjadi kebiasaan. Saling berbagi ilmu, keahlian, pengalaman, informasi menjadi budaya yang hidup di superteam. Saat ada masalah yang terjadi, mereka semua bersemangat mengeluarkan ide, gagasan dan solusi terbaik untuk memecahkannya.

Sharing yang dikemas secara terstruktur dan berkala membuat tim semakin kaya pengalaman. Hal ini membuat kepercayaan diri, keahlian dan wawasan anggota tim semakin melejit. Superteam benar-benar semakin super dan akan mengalahkan para Superman yang sebelumnya telah ada.

Lahirkanlah SUPERTEAM bukan Superman. Di era sekarang, orang berkualitas dikalahkan oleh mereka yang berkomunitas. Orang hebat dikalahkan oleh mereka yang senang kerja tim. Buat apa bangga jadi Superman bila ternyata bisa dikalahkan oleh SUPERTEAM.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

5 thoughts on “Superman Kalah dengan Superteam”

  1. Isya J says:

    Ibarat sepak bola. David Beckham tidak akan menjadi apa-apa bila hanya bermain sendirian. Betul ga kek?

    1. Jamil Azzaini says:

      Betul banget…

  2. Idiq Abinafis says:

    WOW…dahsyat kek.. kaya sapu lidi.. banyak seikat akan bermanfaat drpada selidi ga akan menjadi…

    1. Jamil Azzaini says:

      Jadi ingat pelajaran SD 🙂

  3. Danang noviandi says:

    Terima kasih Kek, pas mau presentasi pas dapat bahan dari Kakek, Subhanallah. Emang hidup pas- pas- an nikmat tenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.