Sulit Tidur

Berapa jam Anda tidur sehari? Mungkin 6 jam atau 8 jam. Saya sendiri rata-rata tidur sehari 4-6 jam. Andai kita tidur sehari rata-rata 6 jam berarti itu setara dengan 1/4 total waktu sehari-semalam (24 jam). Artinya, bila kita diberi jatah hidup oleh Allah 60 tahun maka 15 tahunnya kita gunakan untuk tidur.

Sungguh rugi bila 15 tahun yang kita gunakan untuk tidur tidak bernilai ibadah. Maka berdoalah sebelum tidur. Bagi yang belum hafal doanya tanyalah pada anak atau keponakannya yang sedang belajar di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dijamin mereka sudah bisa. He he he…

Ternyata kurang tidur bisa menimbulkan kegemukan dan mudah lelah. Jadi istirahatlah yang cukup dan berusahalah agar tidur Anda nyenyak dan berkualitas. Saya sebelum tidur selalu berusaha untuk wudhu, membaca Qulhu 3x, dan mensyukuri berbagai nikmat yang saya peroleh hari itu. Tentu doa sebelum tidur tak terlupakan.

Bagaimana bila Anda mengalami sulit tidur? Cerita berikut semoga bisa menjadi pelajaran.

Dikisahkan ada seorang yang sulit tidur. Datanglah ia berkonsultasi kepada paikolog. Ia mengutarakan bahwa dirinya senang mengobrol sebelum tidur. Bila tidak ada orang di rumah yang bisa diajak ngobrol maka ia akan telpon temannya satu per satu hingga pagi hari.

Psikolog memberinya nasehat, “Cobalah Anda satu malam saja, tidak usah pegang handphone dan tidurlah di kamar sendiri.” Orang yang sulit tidur itu menjawab, “Sudah sering saya coba dan tidak berhasil.”

Psikolog itu kemudian memberi nasehat lagi, “Sebelum tidur bayangkan Anda sedang berada di sebuah padang rumput yang luas dan dipenuhi oleh kambing. Lalu, hitunglah satu per satu kambing itu hingga Anda lelah dan tertidur.

Dua hari kemudian orang itu datang lagi ke psikolog karena ternyata ia tetap saja sulit tidur. Psikolog bertanya, “Apakah Anda sudah menjalankan nasehat saya?” Dengan cepat orang itu menjawab, “Sudah.”

“Apakah Anda sudah berhasil menghitung semua kambing itu?” tanya Psikolog lagi.

“Saat saya sedang berusaha menghitung kerumunan kambing itu tiba-tiba pemiliknya datang, kemudian saya ngobrol sampai pagi dengan pemilik ribuan kambing itu.”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini



Bagikan:

27 thoughts on “Sulit Tidur”

  1. lahuri says:

    wkwk…
    salam sukses mulia..
    saya harus kaya mulia

  2. Amin, didoakan bukan hanya kaya, ilmunya juga banyak, dicintai oleh banyak orang sekaligus mulia, Salam SuksesMulia

  3. mitra fitria says:

    . 
    \ː̗=))ː̖
    ^ \_
    ^ ​​-•̸‎​​-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶•̸ώªkªkªkªkª-̶̶-•̸‎​​

  4. robby suherman says:

    Alhamdulillah bs diskusi dgn pengusa ribuan kambing. Sukses mulia.

  5. Indra says:

    Heheehe ini bukannya gak bisa tidur,,
    emang hoby nya ngobrol
    padahal udah ambil ancang2 mau ditiru caranya,,
    x_x

  6. abdul gani says:

    HEHEHE..HAHAHAHAAAA….LUCU juga Pak Mentor ini yah…

  7. Mas Huda says:

    ha ha ha malah ngobrol lagi, kalau pengen gampang tidur mending jumatan aja

  8. wirasmada says:

    wah si yg ga bisa tidur mengartikan secara literal :))

  9. Aulia Rahman says:

    Hehe ada2 aja kek jamil 😀 yas, tidur yang berkualitas seperti yang dicontohkan nabi 🙂

  10. Keripik Buah @7Chipz says:

    Waduhhhh, padahal udah serius mau praktekin tips kalo susah tidur, eh ternyata eh ternyata…. 😀

  11. fahmi aziz says:

    setiap hari jum’at di hidangkan sajian yang bikin ketawa-ketiwi…
    sedikit tips bagi yang sulit tidur khusus yang sudah punya anak yaitu dengan menidurkan anak atau ngeloni(jawa), bagiku cara ini paling efektif . salam sukses mulia

    1. Salam buat anak2nya ya, saya juga sering ngeloni anak2

  12. irfandi says:

    Kakeekkkkkk….!!!!!

  13. mhd husni tarigan says:

    Hahahaha……. Selamat pagi kek….. Tidur yg tepat sesuai waktu. Dan kebutuhan tubuh

  14. Eko Nurhuda says:

    Wkakakakakaakakak

  15. M. Furqon Zahidi says:

    Hehehe…
    Kek, saya juga ada cerita tentang orang yang tidak bisa tidur. Ia diantar istrinya pergi ke dokter. Sayangnya hari itu hampir semua dokter sedang libur, sehingga mau tidak mau ia berkeliling mencari dokter yang masih praktek. Akhirnya ia dapatkan juga. Dan sang dokter memberikan resep dan berkata;”Pak saya kasih obat tidur. Jangan lupa diminum sebelum tidur.”
    Mereka berdua pulang. Sampai dirumah sudah cukup malam. karena seharian keliling2 ia merasa lelah dan akhirnya tertidur.
    SEtelah sekitar 1 jam tertidur, ia dibangunkan oleh istrinya,”Pa.., bangun Pak. Obat tidurnya belum diminum.”

    1. ┼┼ee┼┼ee ┼┼ee┼┼ee

  16. Keizen Hasan says:

    Berdoa sebelum tidur, memaafkan dan mengikhlaskan apa yang terjadi seharian ini, membuat tidur kita lebih berkualitas. Insyallah….

    1. Yes, makasih tambananya

  17. dini says:

    Pagi kek jamil …… He he he

  18. fauzan says:

    He he he he
    Mksih Om Jamil, krn dh buat q jdi malu krn trpingkal” sndiri 🙂

  19. aiz arieyatun says:

    sebetulnya dia sdh berhasil dgn nasihat psikolog tsb,buktinya dia bs ngobrol sm pemilik kambing sampai pg tandanya dia sdh tertidur dan bermimpi sdg ngobrol cm dia ga sadar kl sdg bermimpi he..*piss.d)*

  20. permana says:

    hahaha
    masih untung gak ngobrol sama kambingnya.. 😛

  21. Jasa Kurir says:

    Ah kek jamil bisa aja,
    kangen curhat ketemuan nih kek di surabaya, hehehee

  22. Zakie says:

    hahaha kambingnya kali ya yang pada tidur

  23. Walaupun humor msh ada arahan kek Jamil bagi kita mengenai adab sebelum tidur.
    KerON kek 🙂

    Salam Sholeh Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    ง^•^ง

Leave a Reply

Your email address will not be published.