Setiap Orang Spesial

spesial.jpg

Di dalam buku “Tuhan Inilah Proposal Hidupku” (diterbitkan Gramedia) yang saya menulis, “Saya sudah menyampaikan bahwa setiap orang adalah spesial. Milyaran penduduk bumi sidik jarinya berbeda, tidak ada yang sama. Ini menunjukkan bahwa kita diciptakan satu-satunya, masing-masing kita adalah spesial.”

Ini berarti setiap manusia yang terlahir ke muka bumi pasti memiliki kelebihan dan keunikan. Bahkan, meski seseorang terlahir banyak kekurangan pastilah orang tersebut memiliki kelebihan dan keunikan. Hanya orang-orang malas dan kurang bersyukur yang tidak tahu apa kelebihan atau keunikan dirinya.

Saya teringat kepada beberapa remaja peserta training Public Speaking for Teens (PSFT) yang diadakan Akademi Trainer. Pada awalnya, sebagian dari mereka ada yang tidak percaya diri, malu bertemu orang, sibuk main game, dan bingung apa yang harus dilakukan usai sekolah. Selama tiga hari, para trainer mendampingi mereka.

Dan begitu mereka menemukan kelebihan dan keunikannya, mereka histeris, mereka seolah menemukan harta karun terpendam yang sangat bernilai. Saya yang ikut menyaksikan bagaimana keceriaan mereka bertekad memperbanyak para remaja yang bisa menemukan keunikan dan kelebihannya.

Dan setelah itu, mereka ada yang kemudian berhasil membuat film, juara lomba pidato berbahasa Inggris, juara olimpiade di negeri Jiran Malaysia, road show menjadi trainer, ikut kompetisi di Korea dan beberapa negara lainnya, menulis buku dalam bahasa Inggris, berbisnis dan menikmati sekolahnya. (Bagi Anda yang tertarik ikut PSFT atau mengikutkan anak, keponakan atau saudara ikut silakan hubungi Akademi Trainer, 0812-1632-0707).

Remaja (SMP-SMA) yang sudah menemukan kelebihan dan keunikannya saja bisa melesat apalagi kita yang sudah dewasa. Maka duduklah sejenak dan bersungguh-sungguhlah menemukan kelebihan dan keunikan Anda. Jangan sampai Anda berkata, “Saya tidak punya kelebihan dan keunikan apapun.” Sebab pernyataan ini pada hakikatnya menghina Allah SWT yang telah menciptakan Anda begitu spesial.

Sesuatu yang spesial harganya mahal. Kita semua pun berharga mahal dan perlu terus berlatih melakukan banyak kebaikan yang bernilai mahal. Jauhi maksiat dan berbagai keburukan serta kesia-siaan karena itu pekerjaan murahan dan tidak layak dilakukan oleh orang yang spesial.

Usai membaca tulisan ini, mohon segera jawab pertanyaan ini, “Apa spesialnya Anda? Apa spesialnya orang-orang yang Anda cintai? Siapa remaja yang akan Anda bantu menemukan apa spesialnya mereka?”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

5 thoughts on “Setiap Orang Spesial”

  1. Anonymous says:

    Syukron kek insfirasinya. .InsAllah sy selalu menginsfirasi anak” sy, sehingga sy dianggap motifaator bagi mereka, setiap mereka mendapt ilmu dr gurunya dia selalu inget nasehat ibunya,, Alhamdulillah putri pertama sy sudah mulai menunjukan jati dirinya, insyAllah sy akan berusaha menemukan apa dan siapa mereka..

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON….salut

  2. M. Nur Hamid says:

    spesial + spesial = kolaborasi = luar biasa. 100 sahabat nabi ternyata spesialis semua.

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON, perlu terus belajar dengan sahabat nabi….

  3. hana says:

    Kek, mau nanya… gimana bisa gabung k psft?
    Tuk mahasiswa bisa kan kek?

Leave a Reply

Your email address will not be published.