Setiap Kejadian Pasti Ada Pelajaran

bisnis.jpg

Usai memberikan training selama tiga hari untuk para trainer Bank BCA di Jakarta saya meluncur ke Surabaya untuk memberikan seminar para sales Bank BTN. Saat pelatihan di BCA, asisten saya berpesan, “Pak, besok kita berangkat ke Surabaya pukul 13.30.” Keesokan harinya, saya dikirimi tiket Garuda oleh asisten saya melalui whatsApp. Saya lihat jadwal keberangkatan ternyata pukul 12.30.

Saya pun bergegas berangkat ke bandara, dan begitu saat saya check in ternyata asisten saya belum tiba, padahal waktu untuk check in tersisa 10 menit lagi. Saya kemudian menelpon asisten saya yang ternyata masih di jalan tol dan cukup jauh dari bandara. Ia mengira, waktu penerbangannya adalah pukul 13.30. Ya, Asisten saya yang mengatur jadwal keberangkatan dan pembelian tiket ternyata justru ia yang lupa.

Saat itu, pikiran saya melalangbuana ke perjalanan hidup saya. “Jangan-jangan, saya mengajarkan kebaikan tetapi justru ada kebaikan yang saya tidak melakukannya. Jangan-jangan saya memotivasi orang untuk selalu bertumbuh dan berkontribusi tetapi kehidupan saya ternyata tidak bertumbuh dan minim kontribusi.” Saya pun menarik nafas panjang. “Astaghfirullah, ya Allah ampuni aku.”

Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Jadi lupa dan salah adalah manusiawi. Namun berusahalah untuk tidak melakukan kesalahan yang disengaja. Bagi trainer seperti saya, kesalahan bukan hanya karena saya berbuat salah. Salah satu kesalahan besar adalah mengajarkan kebaikan tetapi tidak melakukan kebaikan yang diajarkan. Hari itu, asisten saya melakukan kesalahan atau setidaknya lupa tetapi bagi saya itu pelajaran berharga.

Mari kita merenung sejenak.

Panggilan kita “ayah”, tetapi sudahkah kita menjadi ayah bagi putra-putri kita?
Panggilan Anda “karyawan”, tetapi sudahkah Anda menghasilkan banyak karya di perusahaan?
Panggilan kita “wirausaha”, tetapi sudahkah kita menjadi wira (pahlawan) bagi bisnis kita?
Kita juga adalah “hamba” Allah, namun sudahkah kita berlaku sebagai seorang hamba?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

3 thoughts on “Setiap Kejadian Pasti Ada Pelajaran”

  1. Isya julianto says:

    Ada hikmah dlm setiap kejadian ya kek

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes…yes….

  2. Fathur says:

    Masya Allah..

Leave a Reply

Your email address will not be published.