Semakin Besar Semakin Kecil

Robi Erwin SetiawanSelalu ada tantangan dalam memulai usaha, apa lagi baru merintis. Istilahnya startup. Kadang baru punya kantor atau karyawan sudah pamer sana-sini di jejaring sosial. Berharap agar teman-teman melihat dan mengapresiasikan pencapaian yang sudah dilakukan pada bisnisnya.

Pada dasarnya ada hukum tak tertulis yang kadang terlupakan oleh para bisnis yang baru merintis ataupun yang sudah besar bisnisnya yaitu: “Jangan pernah ceritakan tentang kebesaran bisnis Anda, tapi biarkan kebesaran bisnis Anda menceritakan siapa Anda.”

Apakah statement di atas memiliki makna yang berbeda? Ya tentu saja. Pada kalimat pertama menjelaskan bahwa Anda mengumbar kebesaran bisnis Anda ke sekitar Anda. Ini bisa berdampak buruk apabila berlebihan dan cenderung untuk pamer atau sombong.

Sedangkan statement kedua lebih menekannya agar sebesar apapun pencapaian bisnis Anda, biarkan prestasi-prestasi yang sudah diukir dengan tinta emas dalam hidup Anda, menjadikan diri Anda dapat dikenal dan dikenang oleh orang lain.

Bagaimana bisa dikenal atau dikenang oleh orang lain tanpa kita membesar-besarkan prestasi kita? Tulislah buku atau seringlah berbagi dengan teman-teman yang sedang merintis usaha, yang Anda rasa dahulu Anda pernah menjajaki kelas kehidupan mereka. Sehingga mereka tercerahkan hidupnya karena Anda berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang berharga ketika dahulu Anda menjajaki kelas yang sama di kelas kehidupan.

Semakin tinggi kelas kehidupan, maka ujian akan semakin besar, dan kapasitas rezekinya juga semakin lebar. So, tetap rendah hati. Ingatlah Anda masih memerlukan bumi untuk berpijak, serta setinggi apapun pencapaian hidup Anda saat ini. Tetaplah langit batas impian Anda. Tak ada satupun mahluk yang mampu menembus langit selain dengan daya upaya, dan izin dari-Nya. Semoga bermanfaat, Kurang lebihnya mohon maaf. Salam MSKB (Muda, Sukses, Kaya, Bahagia) dari saya (Robi Erwin Setiawan). Follow My Twitter @Dedeobi, mention komentar Anda tentang artikel saya ini ya 🙂

Robi Erwin Setiawan dapat di hubungi di :
Telepon : +62-857-1000-1060 (Support Whatsapp, Line)
Pin BBM : 7613A0B8
Email: Dedeobi@thegold.asia
Facebook:http://www.facebook.com/Dedeobii

Bagikan:

5 thoughts on “Semakin Besar Semakin Kecil”

  1. tebe says:

    Setuju, artikelnya bagus Mas Robi…. semoga sukses ya.

  2. AKBAR SURYA says:

    Thanks Mas Robi, Mantap, Dari sebagian kita Sering bersikap sperti itu.salam SUKSES

  3. habibullah says:

    terimakasih mas robi, salam kenal, butuh nasehat dari mas robi nih…

  4. suratinah says:

    wow..salam kenal mas robi

  5. K. Purnomo says:

    Fokus pd karakter, bukan reputasi. Begitukah sederhananya..??
    Salam. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.