Self Coaching

selfcoach.jpg

Mengapa orang sering galau? Salah satu sebabnya karena tidak selarasnya pikiran, impian-impian hidupnya, perkataan, perbuatan dan lingkungannya. Untuk itu Anda perlu duduk sejenak merenungkan perjalanan hidup yang Anda jalani saat ini. Cobalah Anda jawab beberapa pertanyaan saya berikut ini. Tulis jawaban itu di kertas yang sudah Anda siapkan.

Menurut Anda, apakah Anda sudah berada di lingkungan dan komunitas yang tepat? Apakah lingkungan Anda sudah ideal bagi Anda? Apa hal-hal yang sudah Anda persiapkan untuk membuat lingkungan Anda menjadi lebih baik? Kontribusi besar apa yang Anda sumbangkan untuk lingkungan Anda? Apakah perilaku Anda diterima positif di lingkungan Anda?

Apa keahlian yang paling Anda cintai dan kuasai? Apakah sebagian besar aktivitas Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda cintai dan kuasai? Apa karya terbesar Anda dari keahlian itu? Kapan Anda dikenal sebagai tokoh yang ahli di bidang tersebut?

Apa nilai-nilai hidup yang Anda anggap sangat penting? Mengapa nilai itu penting bagi Anda? Apakah nilai-nilai itu membantu Anda untuk terus maju? Adakah nilai-nilai baru yang Anda adopsi untuk percepatan kemajuan Anda?

Menurut Anda, siapakah Anda? Apabila Anda diibaratkan seperti benda yang ada di muka bumi, apakah Anda? Mengapa Anda memilih benda tersebut? Apakah keberadaan Anda sudah seperti benda tersebut?

Untuk apa lagi Anda hidup? Hal-hal apa saja yang ingin Anda wujudkan lagi? Apakah bila itu terwujud membuat keluarga Anda bangga dengan Anda? Kira-kira apa ucapan keluarga Anda apabila hal yang Anda impikan terwujud? Apakah hal itu bisa Anda jadikan bekal untuk pulang ke kampung akherat?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas dengan sepenuh hati.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.