Sedekah Mencegah Musibah

sedekah.jpg

Kemarin (10 Desember 2013), bapak Hendra Heryadi, Chief Operating Officer Mulia Group, menyampaikan pengalamannya dalam acara Management Gathering 2013. Saya bersyukur karena bisa mendengarkan paparan beliau sebelum memberikan seminar untuk para direksi, GM dan manager di perusahaan tersebut.

Ia bercerita, pada awalnya ia berpikir bila harta yang diperoleh sering disumbangkan maka ia tak akan punya tabungan dimasa tuanya. Namun, setelah ia rajin menyumbang penghasilannya 5 tahun terakhir ini ternyata jauh lebih besar dibandingkan penghasilan total selama 35 tahun ia berkarir. Bukan hanya itu, anaknya yang masih mudapun bisa membeli rumah di Sydney dengan jerih payahnya sendiri.

Menyumbang atau bersedekah memang sudah dijanjikan Sang Pemberi Rezeki dan Nabi akan menambah rezeki. Saya tidak ragu sedikitpun terhadap janji itu. Sungguh naif bila kita ragu terhadap janji Sang Pemilik Rezeki.

Selain menambah rezeki, bersedekah itu mencegah malapetaka dan musibah yang lebih besar. Pekan lalu, istri saya membuktikannya.

Setiap bulan istri saya meminta tolong secara rutin untuk transfer sedekah ke sahabatnya. Ia memiliki karyawan bagian keuangan yang sangat dipercaya di bisnis yang dijalaninya. Karena merupakan aktivitas pribadi, itu tidak tercatat dalam laporan keuangan bisnis istri saya, tidak pula masuk ke dalam laporan dan pengawasan usaha. Namun, apa yang terjadi? Ternyata, sang karyawan kepercayaan ini sudah 4 bulan tidak pernah melakukan transfer dana sedekah yang diamanahkan istri saya kepadanya.

Mengapa sedekah ini saya anggap mencegah malapetaka yang lebih besar? Karena, sebelum kejadian ini, istri saya berencana menyerahkan semua urusan keuangan yang lebih besar secara total kepadanya . Nah, apa jadinya bila dana dengan jumlah yang lebih besar dikelola oleh orang yang mudah berkhianat?

Saat istri saya mengalami kesedihan atas musibah itu, saya berkata, “Inilah cara Allah memberitahu bahwa karyawan itu tidak bisa dipercaya. Coba kalau ibu tidak membayar sedekah secara rutin kepada teman ibu, keburukan karyawan itu tidak bisa ibu ketahui dan musibah yang lebih besar ada dihadapan ibu.”

Dari berbagai kejadian yang saya alami maupun cerita dari orang-orang yang saya percaya maka saya yakin bahwa sedekah itu menambah rezeki, menyembuhkan penyakit dan mencegah musibah. Cobalah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

37 thoughts on “Sedekah Mencegah Musibah”

  1. Dalam hidup saya itu sudah sangat terbukti Kek.. kalau saya menyebutnya dengan istilah keajaiban berbagi. Banyak kisah yang pernah saya alami berkaitan dengan ini. Sampai saya menjadikannya dalam satu catatan khusus diblog.

    Alhamdulillah, sarapan pagi ini sangat mencerahkan meskipun agak lambat dari biasanya. Makasih Kek sudah memberi inspirasi pagi ini.. 🙂

    Salam SuksesMulia

    1. Yes mas, tadi ada kesalahan teknis jadi agak lambat, maaf ya

  2. Mantap jaya Kek..

    teman2 di @SRbergerak gak henti2 dapat berkah melimpah..

    cek aja disni http://sedekahrombongan.com/

    1. Teruji dan terbukti

    2. Subhanallah.. sangat Inspiratif

  3. basith says:

    Bener yai, memberi dan berbagi itu tentram kan batin, memang logika positivis yg selama ini dominan di era saat ini, sering kecele dan membuat kekacauan, ada logika Alloh yg berbeda dg logika konvensional yg hanya bisa dirasakan bagi yg yakin dan mau melakukan

  4. heri smile says:

    Alhamdulillah…

    akhirnya diingatkan kembali ilmu ini
    terima kasih….ya guru

    Smoga kita saling mengingatkan dan mendoakan

    give more you will get more!!

    1. Buatlah training epos untuk usaha2 kecil mas 🙂

  5. BisnisBajuYuk says:

    Doakan Ki,aq bisa mengikis kikir di dalam hati dan dimudahkan untuk sedekah…

    1. Saling mendoakan selalu

  6. Mayasari says:

    Bener kek.. Sedekah nambah rejeki, kerON.. Kmrn baru sedekah,hari ini dpt rezeki lbh besar dari sedekahnya.. Subhanallah

    1. Bagi-bagi dong ceritanya 🙂

  7. Imat Ni'matullah says:

    Alhamdulillah…sarapan ruhani yg sangat bermanfaat kek, kami dikantor juga sejak pertengahan tahun membuat kotak amal untuk santunan anak yatim. jadi dari pengajian rutin bulanan, sekarang ditambah dengan santunan anak yatim dari sedekah teman-teman kantor, biar barokah dari do’a anak-anak yatim. Belajar berbagi dari hal-hal yang kecil.

    1. KerON tuch kegiatan, salam buat teman2 di kantor

  8. Mas Wantik says:

    Sedikitpun tidak ragu Kek, mmg spt itu keajaiban bersedekah. Bahkan sy sdh menjadikan sedekah sbg habit, investasi yg sdh pasti untung berlipat-lipat.

    Saya pernah sedekah sawah dpt ganti sawah yg lbh luas. Sy ulangi lg, dpt lbh luas lg. Satu hal yg tdk perlu ditakutkan adl sedekah secara terang-terangan. Jgn takut dikira ujub atau riya’, yg paling tahu adl kita dan ALLAH saja. Di jaman skrg ini yg paling dibutuhkan adl contoh yg baik. Contoh yg tdk baik sdh terlalu banyak. Ayo kita berlomba menjadi contoh yg baik

    Salam makin sukses dan mulia

    1. Patut dicontoh nich

      1. Ela Jufri says:

        Salut….Insya Allah akan aku lakukan seperti ini….Amin

  9. Subhanallah, benar2 keajaiban sedekah itu memang luar biasa 🙂

  10. princess amanda @holistic_center says:

    ehem sarapannya agak siang nih…..
    bergizi dan spektakuler bgt sarapan kali ini…

    ngomongin sedekah emang gada matinye…apalagi bagi org org yg udah sering ngerasain nikmatnya sedekah dan hasil dari bersedekah itu sendiri…

    hasil penelitian di amerika serikat kpda bbrp org tanpa pandang agamanya apa…
    ketika seseorang di beri uang maka maka ada bagian tertentu pada otak yg menyala..begitu juga ketika uang tersebut di sedekahkan atau di donasikan maka bagian otak yg m enyala ketika menerima uang pun akan menyala pertanda seseorang sgt bahagia ketika bersedekah dan ini menyehatkan otak looh bs terhindar dari kanker otak dll..amazing banget khan ?
    janji Allah itu emang pasti sepastinya…so jgn ragu bersedekah

    Grandpa emang CETAR soal inspirasi…luv it

    salam SuksesMulia

    1. Wah seru kalau hasil risetnya disebutkan 🙂

  11. Camilan makan siang yg SEGER nih kek. KerON_!

    Alhamdulillah kek sdh bs rutin sedekah walaupun msh dlm nominal yg blm begitu besar. Tp msh berusaha unt ditinggatkan secara bertahap.

    Alhamdulillah td bukti ‘ganti’ dr sedekah saya alami berupa keselamatan.
    Td wkt perjalanan menuju ke kantor saya memang dlm kondisi terburu-buru, membawa sepeda motor dgn kecepatan tinggi sampailah di perempatan yg rame saya menabrak anak SMA yg mau menyeberang.
    Anak SMA itu jatuh, saya msh bs mengendalikan motor. Saya bantu anak itu bangun, alhamdulillah cuma lecet-lecet saja di kaki. Kebetulan ada patroli polisi yg lewat, dlm hati saya menyesal bs sangat ceroboh seperti itu, sedikit takut kalau sampai urusan dgn pihak polisi yg berlarut-larut.
    Krn saya sadar kalau salah saya temui polisi tsb dgn baik-baik, alhamdulillah polisi cuma menanyakan keadaan si anak SMA tsb dan meminta saya menyelesaikan dgn kekeluargaan.

    Alhamdulilah deh pokokny kalau msh bs sedekah. Sedekah itu investasi terbaik di muka bumi ini.

    Maaf klo terlalu panjang ceritanya. 🙂

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    āļ‡^â€Ē^āļ‡

    1. Semoga segera sembuh lecetnya dan tuntas urusannya

      1. Alhamdulillah kek kemarin langsung kelar urusannya tanpa berhubungan dgn pihak kepolisian.
        Alhamdulillah jg saya msh bs sedekah kpd anak yg saya tabrak itu.

        Sedekah top dah_!
        Pasti dibalas Yang Maha Tahu…

  12. Setiadi Whe says:

    Subhanalloh, semakin menguatkan untuk terus bersedekah di jalan Alloh…
    Semoga senantiasa memberikan taufiq dan hidayah Nya untuk senantiasa bersedekah…
    Dan sedekah menambahkan keberkahan hidup…

    terima kasih isnspirasinya…

    1. Sedakah dalam jumlah yang melimpah dengan senyum yang merekah 🙂

  13. saya sudah membuktikannya………..memang betul apa yg di paparkan tulisan kek jamil………Alhamdulillah sy sdh membiasakan keluar mesjid pasti ada yg sy infakkan…dan langsung di bayar kontan sm Allah..

    1. Apa itu mas? Ayo disharing disini agar banyak yang bisa mendapat pelajaran 🙂

  14. Faza Luqman says:

    saya sedekah 200ribu saja besoknya lgsung dibalas oleh Allah Swt, ada org nganterin duit 16juta sbg DP pembelian software,, subhanallah,,

    1. Jangan lupa disedekahkan lagi, hehehehe. Tahu nomor rekening saya khan?

      1. prio hantoko says:

        hehe pak jamil bisa aja…
        jadi teringet kisah seminar pak jamil yg minta nomer rekening enggak dikasih sampe mau putus silaturahim…
        sampe segitunya ya, padhal niatnya tulus 🙂

  15. Keajaiban sedekah…Maha Suci Engkau Ya Allah…

    Pagi itu niat untuk sedekah 500 ribu, tiada niat lain, kecuali hanya ingin sedekah.
    Siang hari bersama istri dan anak2 datang ke sebuah pameran untuk membeli barang. Ternyata ada hadiah langsungnya, mengambil discount dari sebuah kotak yang berisikan kertas kecil2 bertuliskan jumlah potongan pembelian antara 1 sampai 20 juta.

    Istri yang mengambil dan terambil 2 kertas kecil. Oleh petugasnya kemudian dipegang 1 pada tangan kiri dan 1 pada tangan kanan. Karena semua yang baik dimulai dari kanan, maka dipilih kertas yang ada pada tangan kanan.

    Gemetar…Mengucap syukur tiada henti hingga badan tak kuasa terus bergetar, karena ketika dibuka, ternyata kertas kecil tersebut bertuliskan, Rp. 20.000.000,-

    Subhanallah…

    1. Merinding bacanya mas

  16. Bener kek.. subhanallah pokoknya.

    Besar kecilnya memang semampu kita, tapi saat sedekah menjadi kebiasaan, – subhanallah deh..

  17. prio hantoko says:

    Dalam hal ini, kita harus bener2 memahaminya dan merenung mengambil hikmahnya…
    jika kita tak pandai mengambil makna tersirat pasti kita justru berburuk sangka. niat baik sedekah kok malah begini jadinya hehe..
    alhamdulilah Allah mengungkap kebenaran walaupun caranya sakit kita rasakan 🙂

  18. Nia says:

    SubhanaAllah semakin bertambah ilmu & semakin hilang keraguan 🙂

  19. ahmad says:

    Pak Jamil apa bisa piutang yg tak tertagih kita niatkan jadi sedekah?apa boleh bersedekah kpd orang yg beda agama?trims

Leave a Reply

Your email address will not be published.