Sedekah dan Jodoh

Saya pernah menjodohkan 18 pasangan suami isteri. Dalam proses jodoh menjodohkan tersebut banyak pengalaman menarik yang saya dapatkan. Ada pengalaman lucu, menyedihkan dan juga pelajaran kehidupan. Salah satunya saya ceritakan disini.

Ada seorang perempuan, sahabat keluarga kami yang usianya hampir 30 dan belum menikah. Tergerak untuk “menolongnya”, saya menasihati dia, “Cobalah sedekah biar kamu cepat nikah.” Dia menjawab, “Beberapa sedekahnya?” Sambil bercanda saya jawab, “Tergantung. Kalau mau suami yang ganteng, kaya, sholeh maka sedekahnya yang banyak. Kalau kamu sedekahnya pas-pasan nanti dapat suami yang pas-pasan juga.”

Saya menambahkan, “Kalau mau dapat jodoh, ya sedekah yang berdekatan dengan seputar perjodohan. Misalnya, kamu membuatkan undangan teman kamu yang mau menikah. Atau kamu menanggung biaya catering pernikahan teman kamu.”

Rupanya perempuan itu menuruti nasihat saya. Ketika temannya menikah ia membantu membiayai undangan pernikahan dengan kualitas undangan yang terbaik pada kelasnya. Nah, giliran saya yang bingung. “Waduh, bagaimana kalau dia tidak dapat jodoh?” batin saya.

Tiba-tiba saja saya teringat seorang sahabat yang usianya sudah lebih dari 35 tahun tapi belum menikah. Saya pun menelepon dia, “Mas, ini ada perempuan yang naksir banget sama sampeyan, mau gak?” Tak disangka, dari balik telepon ia menjawab, “Mana ada perempuan yang mau sama saya. Sudah kapok saya, mas.” Namun, setelah beberapa kali saya menyakinkan akhirnya dia bersedia.

Kemudian kepada yang perempuan saya berkata, “Ini ada cowok naksir berat sama kamu. Saya berharap kamu tidak menolak. Kalau kamu menolak itu artinya kamu menolak rizki. Dia bekerja di sebuah BUMN ternama dan sudah jadi pimpinan di sana. Sholeh dan rajin beribadah.”

Singkat cerita akhirnya mereka menikah, hidup bahagia, harmonis dan sekarang sudah di karuniai 3 orang anak.

Suatu ketika saya bertemu lagi dengan perempuan sahabat kami tadi. “Sedekahnya besar, hasilnya suami sholeh dan mapan serta masa depan yang cerah,” kata saya. Dia pun membalas, “Yang hebat mak comblangnya, sukses menjerumuskan kami, menjerumuskan ke tempat yang benar. Hehehe..”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

53 thoughts on “Sedekah dan Jodoh”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Ciee,ciee makcomblang sukses nih 🙂
    *jangan2 kmrn omJamil bc mentionku ke om aryo yaa, hr ini temanya ttg jodoh.hehe

  2. Nikke says:

    Subhanalloh…jd pgn di bantu pak Jamil bwt nyomblangin sy 😉
    mohon bantuan dan do’anya ya pak Jamil, smg sy segera diberikan jodoh yg terbaik menurutNya-amin2 Allohumma amin.
    Jzkmlh…

    1. Anonymous says:

      Hmm

  3. aannoe says:

    jodohkan saya mbaaaaaaaaaahhh :'(

  4. Sepertinya sedekah bisa menjadi solusi berbagai masalah, bagi yg belum dapat jodoh, sedang sempit rejekinya, usaha tidak maju, karier di kantor statis, belum punya anak, belum punya rumah/mobil, pengen cepet lulus kuliah dll dianjurkan untuk sering-sering bersedekah…

  5. Ardha says:

    Kereeennn… Jodoh karena terjerumus yang bagus… 😀

  6. lady_fuchsia says:

    kalo saya ngasih seprei terbaik buat kado nikahan temen, mm belum nongol juga, cariin dong mas, heheeeh….

  7. wah, subhanallah…ternyata selain inspirator sukses mulia, pak Jamil jadi inspirator jodoh mulia juga….hehe, pisss

    terima kasih pa, sangat menginspirasi. Insya Allah saya akan gunakan metode yang sama kalau ada teman yang minta dibantukan masalah jodohnya 😀

    salam sukses mulia.

    semoga bermanfaat..

  8. erickazof says:

    sedang saya praktikkan 😉 thks kek!

    1. ichyfitri says:

      *mendoakan teman saya yg satu ini* 😀

      mau mencoba praktikan juga 😀

  9. firman says:

    Mau dong kek di jerumuskan ke tempat yang benar 😀

  10. Reni Elvina says:

    Makasih pak jamil telah menginggatkan saya. Mohon juga doa’anya agar jodoh saya di mudahkan dan di segerakan. Di jodohin juga saya mauuu

    1. guntur daryono says:

      Assalam muallaikum.slam knal dan slam taaruf jodoh.maaf bleh sy taaruf jodoh dgn anda?

  11. bibit says:

    Wah banyakin sedekah ah,byar dpt yg sholeha,

  12. Daftar aaachhh…
    biar dijerumusin ke tempat yang benar. 🙂

  13. Irila says:

    hmmmmmm saya udah bantu bikinin desain undangan berapa orang gituh, dbikin dengan sepenuh hati dan aer mata; kok belum ada tanda2 akan desain buat sendiri ya mbahhh 😀

  14. maryam says:

    Ditambah lg cerita “mak comblang” nya mbah..

  15. eko sumartono says:

    dahsyat pak, itu pengalaman luar biasa. ditambah lagi cerita mak comblangnya, biar ada referensi kalau membantu teman nantinya 🙂

  16. uwi says:

    Om, saya bantuin bikin desain undangan buat sahabat yg mau nikah,
    Anterin sahabat yg mau nikah mencari gaun, tp kok belum juga Om.. 🙂

    *mungkin memang masih kurang sedekahnya 🙂

  17. itha Nur Itha says:

    oh,…. gitu jadi harus bnyk sedekah dong ?????,. spy cepat nikah,..he,..

  18. airyz says:

    buka biro jodoh aja mbah? hihi

  19. mafrudhoh says:

    subhanaLlah…semoga saya diberikan keikhlasan hati yang lebih agar dapat bersedekah yang lebih juga..dan juga berjodoh dg lelaki yg sholeh Amien..

  20. chodijah says:

    mau donx d comblangin,,,

  21. Zoe Handri says:

    Hmm.. promosi bisnis baru nih pak (biro jodoh), hehe..
    Mantap, smg smw kian terperosok ke lubang sukses mulia-nya pak Jamil.
    Saran : bikin artikel ttg sedekah & gelar sarjana dong pak (biar cepat tamat kuliah)
    🙂

  22. akhnurhadi says:

    kenapa kalo temanya nikah selalu rame yang komen?

    tanya kenapa?

  23. heehe …kisah menginspirasi… sebenarnya banyak di luar sana yg mencari jodoh, baik laki2 atau perempuan. tapi banyak yg belum ketemu jodohnya…kayaknya bikin biro jodoh jadi ide bagus tuh..

  24. Mustdg says:

    Ust jamil…
    Seru ya bhsn ttng Jodoh, pengen ketemu ma belahan hati di sini bisa gk ya..

  25. yunisari dahliani says:

    om jamil, katanya klo berhasil menjodohkan sampe ke jenjang pernikahan, kita bakalan dibangunkan mesjid d surga, bearti om jamil udh punya 18 mesjid dong d surga… wuiihhh…

  26. AhmaD_085235666510 says:

    Assalamualaikum Wr.wb…di mana datangnya jodoh, hidup ini terasa sepi tanpa separuh jiwA mengarungi bahtera.atas dasar niat Ibadah.. bagi Akhwat saya membuka diri untuk bersiLaturrahmi dan berkenalan untuk wilayah JAwa-Timur..membina keluarga yang sakinah mawwadah warahmah..,Amien

  27. kholifah says:

    subhanallah semoga sy bisa dpt mekcomblang seperti kakek jamil,, jd berpikir ulang jangan2 sedekah saya kurang banyak,,,

  28. Menarik nech….jadi terinpirasi kmbali smangat bershodaqoh…. Smoga ikhlas sedekah yang selama ini kita sumbangsikan… Amin. Biar cepet dapet jodoh

  29. zaa says:

    praktekkin ah… 😀

    makasih ya kek.. :’)

  30. khadijah says:

    subhanalloh….sedekah..amal sholih…dan doa yang kan mendekatkan qt pada terwujudnya asa termasuk jodoh……

  31. eva says:

    kakek…. eva mau donk dijerumusin, pleaseeeeeeeeeee 🙂

  32. dewi says:

    praktek ah, semoga Allah juga mendatangkan jodoh saya dan meridloi kami menikah dalam waktu dekat ini, amiinnnn

  33. Yaya says:

    Pak Jamil..
    saya tertarik dengan seseorang di twitter. Kita sudah saling memfollow juga kok.

    Berminat bantuin Pak? 🙂

    @yayamarzuki

  34. Wah, mau juga dicomblangi Pak *seriuuuss nih*

  35. Nurulla Tri Suwardani says:

    🙂

  36. adi setiadi says:

    sungguh luar biasa pak..

  37. ferry says:

    aq jg mau pak.. hehe

  38. kevin nisti says:

    subhanalloh,..
    wajib di coba,..he

  39. dita says:

    Subbahanallah…..
    Saya jg mau pak jamil dmakcomblangin…salam jg utk mb.sofi apakah bs juga lwt mb.sofi pak?:-)

  40. dewi maulani says:

    Pak, kakak saya juga sudah 30tahun blm menikah, bsa ga dicomblangin juga?

  41. pipiet utari says:

    Sekarang tambah banyak deh yg minta di makcomblangi…:) siap2 buka biro jodoh

  42. nidya says:

    Teman saya juga telah mempraktekkannya. ia sering berkunjung ke panti. Insyaallah November ini ia nikah. Semoga saya bisa segera mengikuti jejaknya. aamiin.

  43. haha… penjerumusan malaikat nih…
    siap2 kek @Jammil Azzaini dapat banyak stok krn punya pengalaman yg handal nan jituhhhhhhhh *uhuk

  44. yulianty says:

    Menarik tema jodoh ini, mau ngikutin ah…. smg dipermudah dan dipercepat jodoh yg baik dan soleh spt kakek jamil azzaini org feeling. Aamiin….

  45. ridha says:

    Bantuin saya juga donk

  46. lenny says:

    Waahhh… sedekahnya harus dibanyakin y biar cepet ketemu jodoh…. mau jg dong om Jamil, sy dicomblangin

  47. teguh says:

    Apakah memberi amplop di undangan pernikahan sama pahalanya dengan sedekah? Mohon tambahan ilmunya

  48. daeng says:

    Laaaaahhh..jodoh gw manaaaa?????

  49. annafiu says:

    Pak saya juga mau di jodohin yg terbaik kyk itu..

Leave a Reply

Your email address will not be published.