Satu Kebaikan Membuka Banyak Kebaikan

solusi.jpg

Jangan sepelekan kebaikan walau mungkin tampak kecil. Satu SMS yang saya kirimkan kepada salah satu teman saya membuatnya membatalkan niat untuk bunuh diri. Ketika itu saya berkirim SMS kepada seorang teman yang sedang dirundung banyak masalah. “Apa kabar mas? Lama tak jumpa. Kangen.”

Membaca SMS tersebut dia langsung menelepon saya. Sambil menangis dia berkata, “Mas, hampir saja saya bunuh diri. Semua perlengkapan bunuh diri sudah saya siapkan. Gara-gara SMS dari mas Jamil saya urungkan niat itu. Ternyata masih ada yang perhatian dan kangen sama saya.”

Lelaki itu kini sudah berkeluarga bahkan sudah dikaruniai anak. Bisnisnya juga terus tumbuh. Ia juga punya kebiasaan baru, berbagi ilmu kepada siapapun yang membutuhkan. Ia juga merasa happy menjalaninya. Banyak orang yang sudah terinspirasi melalui lelaki ini. Ternyata, satu kebaikan berbuah banyak kebaikan.

Saya juga sangat senang kepada para alumni Akademi Trainer. Dari satu kebaikan yakni pertemuan mereka di Akademi Trainer kini banyak kolaborasi yang mereka jalankan. Dari mengadakan training bersama, saling mendukung bisnis atau kegiatan diantara mereka, bertukar ilmu dan pengalaman hingga mencarikan jodoh. Ternyata satu kebaikan berbuah banyak kebaikan.

Contoh sederhana yang lain, kepedulian kita untuk mengenakan busana batik membuat para pengrajin batik tetap bisa bertahan hidup. Kegiatan ekonomi di lingkungan para pembatik menjadi bertumbuh. Kehidupan sosial kemasyarakatan menjadi lebih hidup. Derajat para pengrajin juga terangkat. Rantai sosial-ekonomi yang bisa terberdayakan semakin banyak. Ternyata, satu kebaikan membuka banyak kebaikan yang lain.

So, sibukkan selalu berbuat kebaikan walau mungkin terlihat kecil. Karena ternyata masih banyak kebaikan yang belum kita lakukan. Timbulkanlah rasa malu bila kita masih punya banyak waktu untuk berbuat keburukan. Percayalah, kebaikan yang Anda lakukan akan selalu membuka banyak kebaikan lain bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Cobalah sekarang juga…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

22 thoughts on “Satu Kebaikan Membuka Banyak Kebaikan”

  1. Ummu Hanifa says:

    Subhanallaah…inspirasi yang sangat bermanfaat, salam selamat menebar kebaikan…:-)

    1. Mari berlomba 🙂

  2. kasman says:

    terima kasih Mas, pagi2 dah dpt ilmu bagus.

    1. Apa kabar pak BeKAS MANajer (Kasman) lamo tak besuo

  3. agustin adi says:

    Renyah.. Gurih.. Dan berenergy….Nuhun gurunda..

  4. Denni Candra says:

    siap untuk praktek kek, akan berusaha minimal melakukan satu kebaikan setiap hari … 🙂

    Salam SuksesMulia

  5. siap Kek.. doakan kami agar selalu istiqomah.. 🙂

  6. EventJogja says:

    jadi terinspirasi,hari ini pengen pake batik 🙂

  7. arif f johansyah says:

    Nuhun kek atas pencerahannya…siap-siap berbagi kebaikan

  8. Machmud says:

    Subhanallah…
    Sungguh inspiratif

  9. ali samsudin says:

    hidup kebaikan!!!

  10. Pay It Forward ya kek !

    Salam SuksesMulia

  11. Memang benar kek, kebaikan sekecil apapun akan menuai hasil yang luar biasa baik di dunia maupun di akhirat kelak. Apalagi kita bisa menjadi orang yang menularkan banyak kebaikan kepada orang lain seperti kakek dan trainer-trainer lainnya. dan sebaliknya, satu keburukan akan membuka satu keburukan lainnya.
    Butuh perhiasan mutiara harga terjangkau ? Klik aja

  12. indra says:

    Yup.. Smga sllu mnyrbarkan kebaikan dmuka bumi kek. Aminn.. Dan smga suatu saat bs iktan wbt nya.. Jd alumni nya….. Mhn doa nya..

    1. Ditunggu ya 🙂

  13. ORA DADI OPO says:

    dr kebaikan kek Jamil menulis pagi ini akan saya salurkan ilmunya kepada teman-teman di sosial media dengan niat berbagi krn Allah. Insya Allah akan memberikan manfaat yg lain kepada kita.

    Salam SuksesMulia_!!!
    @npindh
    ง^•^ง
    >Tulungagung

    1. Terima kasih ya mas, sudah berkenan menyebarluaskan

  14. Damayanti says:

    Sangat menginspirasi..

  15. Moga kita selalu menebar manfaat & selalu menginspirasi Kek.

    1. Senin atau Selasa pekan depan ada di Jogja?

      1. senin sudah di Jogja Kek.. sekembalinya dari pesantren Abdurahman bin Auf dan Salatiga…
        dan seperti biasa, Senin hingga Kamis, memberi kuliah umum yang tidak jelas kepada orang-orang yang otaknya miring ke kanan….

Leave a Reply

Your email address will not be published.