Sambutan Wisuda IPB

Share this
  • 226
  • 2
  •  
  •  
  •  
    228
    Shares

Hari ini saya diberi amanah untuk memberikan sambutan mewakili Himpunan Alumni IPB, pada acara wisuda IPB program pendidikan doktor, magister, profesi dokter hewan dan sarjana di Bogor. Berikut adalah intisari sambutan saya. Semoga menginspirasi.

Assalamu’alaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang saya hormati bapak Rektor IPB beserta para pimpinan IPB.

Yang saya muliakan pimpinan dan anggota Majelis Wali Amanah, Anggota Senat Akademik, serta Anggota Dewan Guru Besar.

Yang berbahagia orang tua atau wali dan keluarga para lulusan

Para wisudawan yang saya cintai, saya ucapkan selamat kepada Anda semua. Hari ini, di tanggal yang sama, di tempat yang sama, Anda sama-sama di Wisuda, lulus dari IPB.

Bagaimana nasib Anda, 5,10, 15 atau 20 tahun yang akan datang? Bisa jadi, sangat-sangat berbeda. Ada yang hidupnya di bawah rata-rata, ada yang medioker namun ada yang menjadi super star, tokoh masyarakat, expert, kaya raya, memiliki tahta, ilmunya ditunggu orang, populer dan dicintai orang.

Mengapa nasib wisudawan bisa berbeda padahal di wisuda di hari yang sama dan di tempat yang sama? Mengapa? Mengapa dan mengapa?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya awali dengan mengutip nasehat Buya Hamka: “Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di hutan juga hidup. Kalau kerja hanya sekedar kerja kerbau di sawah juga kerja.” Para wisudawan dan hadirin sekalian, kita bukan kera dan kita juga bukan kerbau”

Apa yang membedakan kera, kerbau dan kita? Apa yang membedakan para sarjana sehingga kelak ada yang hidupnya dibawah rata-rata, ada yang medioker alias sama dengan kebanyakan orang, namun ada yang hidupnya hebat luar biasa jauh di atas rata-rata. Anda ingin menjadi kelompok yang mana? Di bawah rata-rata, sama seperti kebanyakan orang atau kelompok jauh di atas rata-rata?

Baca Juga  Mengubah Nasihat

Saya yakin, Anda memilih menjadi kelompok yang jauh di atas rata-rata. Setuju? Mau menjadi kelompok yang hidupnya jauh di atas rata-rata?

Apabila Anda ingin menjadi kelompok yang hidupnya jauh di atas rata-rata. Milikilah 4 hal berikut:

Pertama, Vision. Tetapkanlah visi hidup Anda. Saat meninggal nanti Anda ingin dikenal atau dikenang sebagai apa. Apabila kelak nama Anda diketik di google, keterangan apa yang muncul di bawahnya. Tentukan apa visi hidup Anda lalu perjuangkan sekuat tenaga. Nah pertanyaan sekarang, Apa visi hidup Anda?

Vision yang baik mencerminkan kehidipan yang SuksesMulia. Anda memiliki 4 ta (harta, tahta, kata dan cinta) yang tinggi dan disaat yang bersamaan 4-ta yang Anda peroleh menjadi sumber manfaat bagi masyarakat sekitar.

Kedua, Passion. Bekerjalah sesuai passion Anda. Jangan kerja asal kerja, bekerjalah dengan jiwa. Fokuslah kepada kekuatan Anda, jangan fokus pada kelemahan. Saat Anda bekerja sesuai passion Anda tidak akan pernah bekerja tetapu merasa sedang menjalankan hobi dan menjalani hidup penuh arti.

Ketiga, action. Ingatlah wahai para wisudawan dam hadirin sekalian. Ada quote dari saya “Ilmu tidak akan mengubah hidupmu yang mengubah hidupmu adalah action berdasarkan Ilmu”

Action yang agile yang ditandai dengan cepat, grow mindset, dan berani.

Keempat, Collaboration. Kita adalah makhluk sosial, memerlukan orang lain. Begurulah dengan orang yang terbukti berhasil di bidangnya dan cari lingkungan atau komunitas yang positif, produktif dan kolaboratif.

Salah satu lingkungan yang baik adalah himpunan Alumni IPB yang berkomitmen menjadikan alumninya semakin Solid, Sinergis dan kontributif terhadap almamater dan negeri ini.

Berbagai program telah Himpunan Alumni IPB rancang agar kami memenuhi kualifikasi sebagai komunitas yang positif, produktif dan kontributif. Segera bergabung dengan Himpunan Alumni IPB.

Baca Juga  Fake Friend

Dengan 4-ON, Vision, Passion, Action dan Colloboration yang tepat, Anda berpeluang menjadi kelompok yang ketiga. Kelompok yang Hidupnya jauh di atas rata-rata. Menjadi pemimpin dengan berbagai profesi di negeri ini. Keberadaannya bisa dirasakan bukan hanya untuk dirinya, keluarganya, saudaranya saja tetapi untuk masyarakat dan juga untuk NKRI.

Miliki 4-ON agar Anda tidak oon atau bloon. Bergabunglan dengan Himpunan Alumni IPB agar hidup Anda selalu Move ON.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb


Share this
  • 226
  • 2
  •  
  •  
  •  
    228
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer