Sakit Itu Banyak Hikmahnya

Pekan lalu kesehatan saya agak terganggu, setiap hendak bicara selalu batuk. Puncaknya adalah ketika saya harus tampil di acara bedah buku @Motivatweet di Gedung Indosat Jakarta.  Saat itu, saya harus menahan rasa sakit di dada dan badan panas dingin yang menyiksa.  Usai acara saya minta tolong mas @RanggaUmara untuk mengantar ke hotel Sari Pan Pasific tempat saya menginap.

Setelah itu saya istirahat hingga Selasa pagi agar bisa tampil di sesi-sesi seminar dan training selanjutnya. Saat sakit itu saya membaca kembali tulisan-tulisan tentang hikmah orang sakit.  Semua yang menimpa kita pasti ada pelajaran dan hikmah di dalamnya.

Rasulullah bersabda: “Aku mengagumi seorang mukmin karena selalu ada kebaikan dalam setiap urusannya. Jika ia mendapatkan kesenangan ia bersyukur kepada Allah sehingga di dalamnya ada kebaikan. jika ditimpa musibah ia berserah diri (dan menjalankannya dengan sabar) bahwa di dalamnya ada kebaikan pula.” (HR Muslim)

Sakit itu menghapuskan dosa. Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang Muslim ditimpa ujian berupa penyakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan keburukannya, sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.” (HR Bukhari- Muslim)

Sakit juga meninggikan derajat. Rasulullah bersabda: “Tiadalah tertusuk duri atau benda yang lebih kecil dari  pada seorang muslim, kecuali akan ditetapkan untuknya satu derajat dan dihapuskan untuknya satu kesalahan (HR Muslim). Bahkan Rasulullah menambahkan bahwasanya sakit karena demam itu akan menghindarkan seorang mukmin dari siksa api neraka.” (HR Al Bazzar).

Semoga saya dan orang-orang sakit yang lain bisa mendapatkan itu semua.  Selain itu, bagi saya sakit kali ini juga ada hikmah yang besar.  Anak saya Hana sedang ujian nasional sekolah dasar, saya harus mendampingi dan mendoakannya.  Kehadiran fisik orang tua sangat diperlukan saat anak kita sedang menghadapi moment-moment penting. Mungkin ini cara Allah mengingatkan  agar saya peduli dengan buah hati saya yang sedang  ujian nasional.

Namun, walau banyak hikmah dari sakit, ingat pesan Nabi, “Jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu.”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

22 thoughts on “Sakit Itu Banyak Hikmahnya”

  1. gun gun says:

    terimakasih sudah sharing pak jamil

    http://bangunmushola-di.blogspot.com/

    1. dhani says:

      subhanallah… tq pak

  2. Alhamdulillah..

    Selalu berdyukur d setiap sakit atw pn sehat..

    @dr_want

  3. jaga kesehatan ya keek ^.^

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Ketika sakit itu saatnya kita buat introspeksi diri.
    Semoga cepat sembuh ya om & sukses buat UNASnya Hana..

  5. obie says:

    saya juga pernah sakit sehingga harus dirawat di rumah sakit selama 1 minggu. awalnya saya bertanya2 kok bs sakit kyk begini..tp akhirnya saya sadar bahwa Alloh telah mengabulkan doa saya yakni pengen ngurangin berat badan..hehehehe..dan dr pengalaman itu, saya lebih berhati2 dalam meminta sesuatu kepada Alloh..karena Alloh selalu mengabulkan doa hambaNya..

  6. Nova says:

    Salam

    Semoga kita semua senantiasa bersyukur atas apa yang Alloh berikan kepada kita,,,baik sehat atau sakit,,

    Semoga kita disehatkan selalu,, Aamiin,,,,

    Salam
    SuksesMulia

    Nova
    JayaBerkah

  7. Rio Saputra says:

    Semoga ALLah Selalu Memberikan Keberlimpahan, kesehatan dan Keselamatan kepada Mas Jamil dan saudara-saudara kita yang lain.. Teruslah Gardu Epos. dan saya yakin orang-orang yang menjadi Gardu Epos akan selalu dalam pengawasan dan perlindungan Allah swt, hatta ia sakit sekalipun.. Mohon Doanya Mas, agar saya juga bisa mengikuti jejak mas Jamil…

    Salam,
    Rio dari Bengkulu

  8. Pratama Puji Widiyanto says:

    Walaupun sakit tetap bisa menyebarkan epos dan inspirasi, cepat sembuh yaa mbah…semoga sukses buat UAN nya adek hana, kebetulan adek sy juga kelas 6 SD.

    Salam SuksesMulia 🙂

  9. ThoriqTorki says:

    Untuk sehat, tetaplah jaga kandungan makanan dan rutin berolahraga. Semoga senantiasa bugar Mas Jamil.

  10. Abyan says:

    Subhanalloh..mudah-mudahan dengan segera bersedekah, sakit bp. Jamil bisa sembuh…seringkali kita lupa ada bagian rizki yang belum kita bagikan dengan orang lain…rizki harta, rizki ilmu, rizki keluarga, dll…langkah yg diambil bp. jamil sudah baik dg lebih peduli kepada keluarga..bisa jadi dengan “berbagi” dg keluarga, sakit bisa sembuh dan semoga Alloh mengampuni bp. Jamil sekeluarga…dan termasuk kita semua yang mendoakannya…aamiin…jzklh..

  11. berpikir positif dan selalu bersyukur…

  12. budi irawan says:

    Insya Allah pasti ada hikmahnya kek. Semoga kakek Jamil cepat sembuh dan cepat beraktivitas kembali seperti sebelumnya. Aamiin.

  13. Apapun yang keluar dari ucapan guru, itu lebih banyak berupa inspirasi.

    bahkan sakitnya beliau pun menjadi inspirasi bagi kita semua.

    Terima kasih sudah mengingatkan kembali,
    Semoga guru segera sehat kembali dan untuk Hana yang sedang mengikuti UN semoga dimudahkan dan diberikan kelulusan dengan nilai terbaik. amin

    Salam SuksesMulia

    sent via: http://brainmindtohappiness.wordpress.com/2012/05/08/berikan-dan-kembali-berlipat/

  14. @mekoh1268 says:

    kok Guru tahu aja ya….ngupload tulisan ttg hikmah sakit.

    Hari ini Aku tidak masuk kantor, karena sejak kemaren setelah maksi di kantor
    Perut ku mules dan murus-murus.
    Akibatnya badan ku demam dan lemas.

    Padahal td pagi pengen banget berangkat kantor, tp istriku *yg paling tahu aku*
    Minta agar Aku istirahat aja dulu *memang seminggu kemaren g ada istirahatnya hatta sabtu -minggu*
    Akhirnya sekarang aku hanya beraktifitas di sekitar kasur :'(
    Tapi Alhamdulillah terhibur dengan tulisan Guru.

    Terima Kasih Guru telah Menghibur ku dengan Nasehat Langit.

  15. ella says:

    Terimakasih kek share nya… Semoga kita senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yg diberikan dan senantiasa bersabar atas musibah\ujian yg diberikan oleh NYA. آمِينْ… آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

  16. dhani says:

    tq udah berbagi pak…

  17. Denny Dachlan says:

    Mas JA,
    Jaga kesehatannya…
    Semoga tambah SuksesMulia ya.. Aamiin..

  18. Bintang Muhammad says:

    pake propolis saja pak

  19. boeloek says:

    gomongin tentang UN?…uuffhh..pastilah IBU yang ‘super sibuk’ mengatur segalanya….(no gender, yah). bukan cuma anak UN saja yg kita perhatikan pelajaran dan kesehatannya. tapi suami, anak lain dan diri ini juga mesti dikontrol kesehatannya. why?… ga kebayangkan kalo salah satu diantara kita ada yang sakit disaat SIAGA I seperti ini?… ada yg sakit juga?…DINIKMATI aja sambil cari SOLUSI, namun tetap jadikan tiap momen yg terjadi, sebagai proses PENEMPAAN DIRI…*smangat-smangat*

  20. apipcinta says:

    Sahabat Cinta ..Alhamdulillah dengan sakit diingatkan kita sebagai manusia lemah, tidak seperti FIRAUN. terimakasih Salam Cinta untuk Semua…

  21. Thanks a lot pak… beberapa hari yang lalu saya juga merasakan sakit. Semoga selalu menjadi insan yang senantiasa LEBIH BAIK setiap waktu…

    Salam
    @seHARIADI

Leave a Reply

Your email address will not be published.