Rumus ABCD

Caesario T LieTerkenang kembali, tiga tahun yang lalu saya pernah menghadiri sebuah acara perekrutan sebuah bisnis jaringan. Pembicara utama pada malam hari itu, membahas tentang rumusan ABCD untuk mencapai kesuksesan. Sebelumnya saya sudah mendengar rumusan ABCD ini di suatu acara lainnya beberapa tahun lalu. Namun malam itu, saya baru mulai mengerti tentang kekuatan rumusan ABCD yang simple ini.

Ketika saya menerapkan rumusan ini, ternyata kehidupan saya mengalami lompatan yang luar biasa. Akhirnya saya mengusulkannya untuk menjadi sebuah program nasional di perusahaan tempat saya bekerja.

Seperti yang saya duga, karena konsep yang mudah, dikombinasikan dengan keuletan team dalam mengumandangkan konsep ini, akhirnya muncul banyak jutawan baru di seluruh indonesia. Dalam dua tahun ke belakang, Omzet perusahaan naik tajam, ratusan distributor di perusahaan kami memiliki penghasilan puluhan juta, bahkan ratusan juta. Hidup mereka mengalami perubahan dalam waktu kurang dari dua tahun.

Tidak tanggung tanggung, perusahaan memberikan 1056 paket tour geratis kepada para distributor hanya karena kinerja mereka meningkat tajam dalam 4 bulan kebelakang. Hmmm. Semakin menarik yah, marilah kita bahas sejenak Apa sih rumus ABCD itu?

A = Alat
Untuk mencapai kesuksesan, kita perlu menentukan alat yang tepat untuk mencapai kesuksesan kita. Andaikan kita memiliki Ferarri terbaru yang sangat nyaman dikendarai dan larinya sangat kencang. Namun ketika impian kita adalah untuk tiba ke benua Amerika start dari Jakarta, tentu akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk kita mencapai impian kita. Ketimbang menggunakan sekedar pesawat terbang dan duduk di kelas ekonomi.

Ketika hal ini disampaikan ke sekian kalinya inilah, saya mendapat sebuah pencerahan. Betul juga ya, kita seringkali terlena dengan fasilitas fasilitas yang mewah dan bagus yang diberikan pada kita. Pinjaman DP / Mobil dinas, bantuan Kredit Rumah, pakaian jas berdasi dan berkantor di gedung mewah, membuat kita lebih bersemangat untuk menjalani rutinitas kita yang berulang. (illustrasi mobil ferarri yang keren).

Namun kalau kita menginginkan sesuatu yang jauh lebih besar lagi, (illustrasi inginnya ke Amerika) tentu kita harus mencari alat yang tepat untuk mencapai impian kita. Karena kalau alatnya salah, sudah pasti akan memakan waktu yang jauh lebih lama.

Misalkan apa yang saya kerjakan menghasilkan 7 juta rupiah per bulan. Sudah pasti dari nilai itu, ada yang saya gunakan untuk keperluan rumah tangga dan lain lainnya. Anggaplah yang bisa saya tabung sisa 2 juta rupiah. Maka untuk membeli sebuah mobil avanza veloz seharga 200 juta, saya perlu bekerja selama 100 bulan / 12 bulan = 8 Tahun 3 bulan. Ternyata lama juga ya? Apalagi kalau mao beli rumah.

Karena itu penting untuk kita menentukan kendaraan yang tepat untuk mencapai impian kita. Yang paling bijaksana untuk mengawali adalah dengan mencari sumber penghasilan baru yang dapat kita kerjakan diluar waktu produktif kita tentunya.

B = Bekerja
Semangat kerja yang baik tentunya diperlukan juga untuk mencapai sebuah kesuksesan. Andai kita memiliki gergaji listrik untuk memotong kayu, dan rekan kita hanya pakai kampak, namun kalau kita lebih banyak duduk dibawah pohon memandangi pemandangan alam yang asri, tentu hasilnya akan berbeda dengan rekan kita yang fokus bekerja.

C = Cita Cita
Tanpa cita cita yang jelas, tentu kita seperti orang yang tidak tahu arah mau kemana. Bayangkan ketika ditanya oleh supir taksi, “mau kemana pak?” Lalu kita jawab: “Gatau pak”. mungkin pak taksi akan tanya, kita ada uang berapa, lalu kita akan diajak muter muter dan dikembalikan lagi ke tempat awalnya, atau bisa juga kita malah dibawa ke rumah sakit jiwa :).

Penting untuk cita cita, karena tanpa sebuah cita cita, hidup kita akan seperti hamster yang sedang berlari dalam roda di kandangnya. Setiap hari mengerahkan sekuat tenaga, berlari segenap hati dan energi tapi kita tidak kemana mana. Bahkan tanpa kita sadari, waktu terus berjalan, dan tiba tiba kita sudah tidak kuat lagi untuk berlari.

D = Doa
Doa yang disertai dengan hati yang tulus dan akan memberikan kita dorongan untuk mencapai impian kita. Dulu bekerja keras, dengan impian yang jelas. Juga menggunakan alat yang baik, tapi kenapa hasilnya tidak juga maksimal. Ketika saya berserah kepada Tuhan dan memohon bimbingannya, ternyata hasilnya sangat luar biasa.

Memperdalam rumus ABCD, bagaimana agar Doa kita dapat terkabul dengan maksimal, saya akan menuliskannya di kesempatan selanjutnya. Terapkanlah rumus ABCD ini dalam kehidupan anda, saya doakan hidup anda akan mengalami lompatan yang dashyat.

Saya sudah menyaksikan dengan kepala mata sendiri, ber ratus ratus orang yang mengalami perubahan hidupnya setelah menerapkan perubahan yang tepat dalam kehidupannya.

ABCD=Success! Tentukan Alat yang tepat, Bekerja dengan fokus dan gembira, miliki Cita Cita yang jelas, dan gunakan kekuatan Doa.

Salam Sukses Mulia,

Caesario T Lie

Bagikan:

5 thoughts on “Rumus ABCD”

  1. super kerON tulisannya bro Rio….apalagi saat lg di presentasikan on the stage…very inspiring…:)

  2. adeskana says:

    tulisan yang sangat inspiratif! selama ini saya berpikir, dengan bekerja sungguh3 cita2 segera tercapai. ternyata ada faktor lain yang dahsyat.
    salam sukses mulia.

  3. mukhlis says:

    kerON, mau rebonding Rio….

  4. Iwan suwandi says:

    Keren oi ulasan nya…. Terkadang dari semuanya harus seiring sejalan.

  5. meilda says:

    membaca setiap karya pak Jamil Az, membuat saya selalu terinspirasi dan selalu ingin menjadi terbaik, terimakasih pak Jamil, semoga Allah selalu membalas di setiap huruf yang anda torehkan untuk umat,amiim

Leave a Reply

Your email address will not be published.