Rahasia Sukses Mantan TKI Ilegal

budihartawinata2.jpg
Bapak Budi Harta Winata, di depan Kabah saat Umroh, Januari 2015.

Bapak Budi Harta Winata, di depan Kabah saat Umroh, Januari 2015.

Saya berkenalan dengan lelaki asal Banyuwangi bernama Budi Harta Winata saat umroh Januari 2015. Selama umroh bersama ia bercerita banyak tentang perjalanan hidupnya.

Tergiur dengan iklan untuk bekerja di kapal pesiar, lelaki ini justru pernah dipekerjakan di kapal pembawa kayu illegal ke Malaysia. Saat hendak melarikan diri dari “jebakan” mafia tersebut ia harus bertaruh nyawa untuk menyelamatkan diri.

Setelah 12 tahun menjadi karyawan, ia mencoba peruntungan hidupnya dengan membuka bengkel tralis pada tahun 2007. Lokasi bengkel yang awalnya menyewa, kini telah meluas menjadi 1 hektar lebih dan telah menjadi milik sendiri. Karyawan di workshopnya mencapai hampir 400 orang dan di saat order ramai, yang ikut bekerja bisa mencapai 1000 orang.

Di bawah bendera Artha Mas Graha Andalan, usaha yang bergerak di konstruksi baja ini terus berkibar dan sering mendapat rezeki dari arah yang tidak diduga-duga. Apa “resep” rahasianya? Lelaki beristrikan Siti Saodah ini yakin bila hidup selalu berharap (berdoa) hanya kepada Allah dan menjadikan orang tua sebagai raja, rezeki selayaknya raja akan dikirimkan Allah tanpa mengenal waktu.

Selain dua hal tersebut, tiga kunci keberhasilan bisnis ayah dari Ananta Nugraha (12) dan Hiraita Genta (4) adalah perbaiki hubungan dengan manusia, sedekah sampai kita merasa kehilangan dan banyak bersyukur.

“Jangan berharap Anda menjadi pebisnis dengan untung fantastis apabila hubungan Anda dengan sesama manusia tidak baik. Jika kehidupan Anda susah, karir tidak berkembang atau usaha tidak tumbuh melesat coba periksa hubungan Anda dengan orang tua, saudara, sahabat dan orang-orang di sekitar Anda.” Begitulah pemahaman lelaki yang hobinya mentraktir orang ini.

Selain itu, ia yakin bahwa sedekah itu pintu datangnya rezeki. Dan apabila rezeki ingin datang dalam jumlah yang sangat besar maka sedekah yang dikeluarkan bukan sedekah biasa. Lelaki berusia 38 tahun ini bercerita kepada saya, “Sedekah terbaik itu sampai kita merasa sangat kehilangan, dengan kata lain sedekah dengan jumlah ekstrim dengan harta yang paling kita sukai. Sekali-kali kita perlu melakukan ini untuk memancing rezeki yang besar.”

Sementara agar selalu bersyukur ia selalu membandingkan hidupnya saat ia lulus SMA. “Saat kita lulus SMA kita punya apa? Sekarang kita punya apa? Nah, bila kita punya banyak hal yang tidak kita miliki dibandingkan saat kita lulus SMA dulu maka bersyukurlah.”

Pria penggemar motor gede ini, juga menuturkan kepada saya, “Dulu saya ikut mertua, sekarang sudah punya rumah sendiri. Syukuri, Dulu mau beli motor saja susah, sekarang sudah punya banyak motor, syukuri. Banyak hal yang harus kita syukuri. Saat kita banyak bersyukur maka semakin pantas kita menerima dan mengelola duit yang gede. Orang yang banyak mengeluh memang belum pantas ditambahi rezeki.”

Anda ingin Sukses seperti lelaki pendiri pesantren tahfidz yang kini santrinya 400 orang lebih ini? Jangan hanya ingin suksesnya saja, ikuti pula kunci suksesnya: Berharapa hanya kepada Allah, jadikan orang tua Anda seperti raja, perbaiki hubungan dengan sesama manusia, sedekah sampai kita merasa kehilangan dan banyak-banyaklah bersyukur. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

16 thoughts on “Rahasia Sukses Mantan TKI Ilegal”

  1. muhammad akram says:

    Subehanallah… lagi-lagi OrangTua & Sedekah adalah kunci sukses… memang betul Janji Allah & Rasulnya, semoga Muhammad Akram(aku) sgera sukses juga. Aamiin.. mohon Kek Jamil Aminkan juha yah..

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra

  2. Ora Dadi Opo says:

    Semoga bs menjalankan tips dr Bang Winata… Aamiin Aamiin Yaa Robbal Alamin

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra…

  3. lailia maghfiroh says:

    siap mengaplikasikan kek….syukron kastiir

    1. Jamil Azzaini says:

      Asyik….

  4. Bang Tono says:

    Semoga bisa mengikuti jejaknya.. Ijin share..

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin YRA, dengan senang hati mas…

  5. khairi says:

    Subhanallah,memang besar kasih allah itu pada hambanya,dari pintu dan arah yg tiada di saangka2,amiin. Mas doakan ana juga yaah

    1. Jamil Azzaini says:

      Doakan saya juga ya…

  6. fera says:

    Subhanallah, semua pernah saya alami…dan hasilnya Alhamdulillah…izin copas ya kek Jamil untuk saudara” saya lainnya. Smg Kek Jamil selalu diberikan kesehatan dan kemuliaan…aamiinn

    1. Jamil Azzaini says:

      Silakan…aamiin yra….

  7. yessy says:

    Subhanallah…selalu iri dengan org yang bisa banyak bersedekah, semoga saya juga bisa istiqomah dalam menjemput rejeki dengan bersedekah…mohon doanya ya kek…

    Suka dengan kalimat ini : “Saat kita banyak bersyukur maka semakin pantas kita menerima dan mengelola duit yang gede. Orang yang banyak mengeluh memang belum pantas ditambahi rezeki”

  8. ady says:

    Semoga saya bisa seperti beliau ini…

  9. Otty. says:

    Muliakan orang tua & sedekah & selalu bersyukur – Subhanallah……Ajaran yg sederhana tapi sering diabaikan…… mohon doanya agar kita semua termasuk org yg selalu diingatkan… aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published.