Rahasia Desain Slide Presentasi

Dhoni FirmansyahSebagai seorang konsultan slide presentasi, saya mendapat banyak pertanyaan dari peserta training maupun workshop, tentang apa saja sih rahasia desain presentasi yang bisa melejitkan presentasi mereka. Memang bukan rahasia lagi, jika di era digital saai ini, hampir semua orang bisa membuat slide presentasi. Namun ternyata, menurut Guy Kawasaki, 99% slide presentasi di seluruh dunia tampak membosankan. Salah satu sebabnya adalah para pembuat slide tidak mendesain presentasinya, namun hanya sekedar membuat slide.

Apa itu desain slide? Desain slide presentasi adalah sebuah metode penyusunan slide presentasi supaya tampilan presentasi kita memukau dan bisa berbicara. Apa saja kompetisi yang diperlukan untuk mendesain slide presentasi? Menurut saya, paling tidak seorang presenter harus mempunyai pemahaman dasar tentang kaidah desain dan seni, yaitu sesuatu yang inovatif, indah serta memuaskan visual audiens.

Kok sepertinya tidak gampang ya? Jika itu yang ada dalam pikiran Anda, maka desain slide presentasi benar-benar sulit untuk dipelajari. Tapi, jika Anda berpikiran bahwa desain presentasi itu gampang, maka tentu selanjutnya akan jauh lebih mudah. Ingat gampang bukan berarti menggampangkan.

Bagi saya, setidaknya ada 3 rahasia dasar desain presentasi:

1. Tampilkanlah ide, bukan hanya slide. Seseorang yang mendesain slide presentasi tidak akan mengkopi paste semua tulisan dan meletakkannya dalam slide. Namun lebih menonjolkan ide penting dalam slide.
2. Padukanlah CIF, Colors, Image, dan Font. Bentuklah ketiganya dengan optimal sehingga slide Anda benar-benar menampilkan ide, bukan sekedar indah dan memuaskan.
3. Berlatih, berlatih dan berlatihlah lagi. Mendesain slide bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang berat dan susah. Namun bagi sebagian yang lain, mendesain slide adalah hal yang gampang, menyenangkan dan penuh tantangan. Apa beda antara keduanya? Perbedaan seeorang melakukan dengan susah dan mudah adalah banyaknya latihan yang dilakukan. Makin banyak berlatih, kemampuan desain Anda kian meningkat, dan akhirnya mendesain adalah hal mudah.

Maka, mulai sekarang, desainlah slide sesuai 3 rahasia dasar di atas. Gunakanlah hati Anda, tapi jangan memaksakan keinginan jika hasil presentasi Anda nantinya tak memuaskan.

Salam Pemenang Kehidupan.

Dhony Firmansyah, @PakarSlide

DhonyFirmansyah.com

Bagikan:

One thought on “Rahasia Desain Slide Presentasi”

  1. tukanggambar says:

    Boleh tau pak, kalo bikin presentasi pakai aplikasi apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.