Proposal Hidup Anakku

Malam tadi anak kedua saya Ahmad Sholahuddin Annabhani (Asa) berangkat ke Jerman untuk kuliah di Teknik University Berlin. Dia mengambil jurusan Bisnis Internasional. Sebelum berangkat ia meminta pengesahan proposal hidupnya kepada saya. Berikut saya rangkum proposal hidupnya. Semoga menginspirasi Anda dan juga putra-putri Anda.

Saya adalah spesial karena saya memiliki pengalaman yang sangat menarik. Saya pernah menjadi ketua OSIS di SMA Lazuardi yang semua anggotanya lebih tua dari saya.  Saya seorang yang supel. Keahlian saya dalam bermain bola juga salah satu kelebihan yang mendekatkan saya kepada teman-teman. Saya melanjutkan kuliah di Jerman dan akan berbisnis di sana.

Saat berusia 60 tahun, saya sudah memiliki 7 perusahaan besar yang diakui dunia. Dari semua perusahaan itu, 20% keuntungannya saya berikan untuk membantu orang miskin dengan membangun sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu di seluruh propinsi di Indonesia.

Saya ingin menjadi  businessman kelas dunia sekaligus ahli di bidang pemberdayaan masyarakat yang itu akan semakin menguatkan saya sebagai pebisnis suksesmulia. Bukan hanya pandai berkata tapi saya juga pandai bertindak. Icon saya adalah Pebisnis SuksesMulia.

Semua bisnis yang saya konsultasikan kepada Jaya Setiabudi akan saya Optimasi dengan ilmu yang saya peroleh dari Ali Akbar. Dua orang inilah guru bisnis saya. Sementara guru kehidupan sekaligus guru spiritual saya adalah Jamil Azzaini –bokap gue.

Komitmen saya terhadap bisnis di luar negeri akan semakin saya tingkatkan. Dengan padatnya jadwal kuliah maka yang saya kurangi adalah waktu tidur saya bukan waktu bertemu dengan teman dan mitra bisnis atau pun belajar.

Hal-hal yang ingin saya hilangkan dan kurangi tahun ini adalah menunda-nunda pekerjaan, bermalas-malasan, egois dan emosi berlebihan, melakukan yang bukan priotitas dan tidur berlebihan. Sedangkan hal yang akan saya lakukan dan tingkatkan adalah disiplin olah raga, belajar, mengasah kemampuan bisnis dan sebelum tidur: “mengkhatamkan” Al-Qur’an, caranya membaca surat Al Ikhlas 3 kali.

Selama di Jerman saya akan banyak melakukan riset bisnis. Saya juga  akan lebih sering bertemu dengan orang-orang yang bermental bisnis yang  ingin jadi trilyiner serta orang-orang sholeh. Saya akan tetap berkonsultasi dengan guru Bang Jaya Setiabudi dan Om Ali Akbar, serta bokap gue. Ketiga orang itu akan saya undang ke Jerman untuk mencerahkan orang Indonesia di Jerman.

Ya Allah, inilah Proposal Hidupku. Bimbing aku, tuntun aku, jangan Kau tinggalkan aku, pada-Mu aku kembali, pada-Mu aku mengabdi, pada-Mu hidupku kupersembahkan. Bantu aku mewujudkan proposal hidupku, jadikan aku hamba-Mu yang Kau cintai, jadikan aku hamba-Mu yang sibuk melakukan amal soleh.

Bogor, 18 Januari 2012.

Bagikan:

79 thoughts on “Proposal Hidup Anakku”

  1. AGUS says:

    Merinding aq bacanya,,Y Alloh wujudkan Proposal hidup ponakanku ini

  2. Kerennnn pak…boleh saya berkenalan dg putra bapak via media sosial ??? bisa meneruskan jejak Mas Muhammad Assad, Penulis dan Mahasiswa S2 di Qatar…Salute, smoga dimudahkan Proposal Hidupnya 🙂

  3. Hexa_pm says:

    Aminn ya robbal alamin. Ya Allah kabulkan proposal hidup manusia ini..

  4. dinie says:

    inspiring 🙂

  5. mustika yanti says:

    Allah, jatuh airmata saya sblm slesai membaca tulisan diatas, semakin terasa ‘sesak’ diparagrah terakhir.
    Motivasi dan inspirasi dari seorang adik. . .semoga Allah mengabulkan . . .

  6. Lydia Amrina says:

    Amiin..semoga dimudahkan oleh Allah..

  7. Anggit Setyaningsih says:

    Semoga proposal hidup Asa terkabul. Amiin.
    Sukses buat kuliahnya di Jerman 🙂

  8. euis says:

    proposal kehidupan yg terencana dgn baik,good luck

  9. amir_islm says:

    makasih pak..moga dapat menginspirasi anak saya tuk buat proposal hidup

  10. Ali Akbar says:

    Ya Allaah,

    PANJANGKAN umur kami untuk mewujudkan impian, niat baik dan kebahagiaan Kami dan kebahagiaan orang orang yg Kami cintai dan mencintai Kami.

    PROPOSAL HIDUP ini bikin hati meleleh dan tak terasa menetes air mata.

    Izinkan Aku, Ali Akbar. Dengan keterbatasan ilmu ku, membantu mewujudkan impiannya.

    Dengan bantuan, @Ahmadsann JERMAN ter-OPTIMASI di 2012. -titik-

  11. Nikke says:

    Subhanalloh…mrinding…
    Sukses terus Pak Jamil dan Kluarga. Barokalloh…
    Tengs 🙂

  12. yudi permana says:

    Subhanallah. …. bimbinglah ia dalam mewujudkan proposalnya ya ROBBI. …. sesungguhnya ENGKAUkah sebaik-baik investor dan komisaris

  13. Ano says:

    Aamiin,
    semoga proposal hidup Asa terkabul.Salam sukses mulia tuk semua

  14. aandes says:

    subhannALLOH… amin amin

  15. hanifah says:

    Aku br tau pak jamillazzaini dr twitter,stiap bc TLnya,blm phm apa yg dimksd proposal hidup. Stlh bc yg diatas ini…apa proposal hidup itu bs diblg jg harapan,impian,angan2….gt ya?
    Semoga terkabul harapannya.

  16. restu says:

    Semoga semakin banyak anak cerdas, sukses yang memiliki karakter iman yang kuat, semoga anakku kelak menjadi salah satunya. Aamiin…

  17. Netes bacanya… I’m with you Asa… Semoga Allah ridlo & beri kemudahan…

  18. imam nugroho says:

    tak terasa air mata ini mengalir Mas Jamil. thank’s untuk inspirasi ini. Mas Jamil akan saya jadikan model masa kini dalam hal Parenting. Sukses Mulia Mas Jamil !!!!!

  19. sigit says:

    Subhanalloh… Luar Biasa kek… Serupa dg ayahnya, Semoga dimudahkan oleh Alloh.. Amien.

  20. didi says:

    amin ya rabb.. very inspiring.. 🙂

  21. NiLam Latif says:

    Wowww dahsyat…
    Semoga menjadi kenyataan dan tetap rendah hati…

  22. aannoe says:

    mak jlebb banget, mbah….

  23. Cece says:

    SuksesMulia Mas Asa, barakallah ya. Kami doakan yg terbaik utk Asa dan Familia.

    Salam dr #Neroktog Valley

    CeceYS.com

  24. merinding bacanya, sukses mulia, ajib ajib ajib

  25. Aidah Madjid says:

    Allahumma Aamiin Yaa Mujiib..

    Subhanallah, luar biasa!! Semoga Allah senantiasa memudahkan semua proposal hidup Asa..

    *Proposalnya benar2 membuat merinding dan mata berkaca-kaca saat membacanya.. 🙂

  26. Dianita says:

    Subhanallah..keren banget..semoga tercapai Asa..two thumbs up..

  27. Nurdiannie says:

    subhanallah…mulia sekali cita2 nya Asa…semoga bisa terwujud..Amin 🙂

  28. nina amelia says:

    Subhanallah.. proposal hidup yg begtu mulia, semoga tercapai ya bang Asa .. Amiin ..

  29. Subhaanallah, semoga negeri ini semakin banyak dihiasi anak-anak sholeh seperti Asa sehingga dengan kiprah mereka negeri ini menjadi layak maju dan mulia

  30. Naila Saadah says:

    Subhanallah, saya mahasiswa semseter 3, sebagai generasi muda, saya termotivasi sekali membaca proposal hidup mas Assa.

    semoga dengan ini banyak memotivasi generasi muda untuk menuju ke arah yang lebih baik. Amiin. Sukses buat Oom Jamilazzaini juga.

  31. Deni says:

    fa idza azzam ta fa tawakkal ala allah..
    ketika ASA sdh ber azzam / tekad maka berserahdirilah pada NYA..

    smga Allah berkenan dengan proposal hidup mu…
    doa kan kami menjadi para pelaku kebaikan dan sukses mulia di bidang yang lain.

  32. Yudhi says:

    Aamiin..semoga diberi kemudahan jalan

  33. @HanggaIan says:

    Subhanalloh! Amiiin YRA, semoga Allah mengabulkan proposal Asa. Sangat menginspirasi dan terharu!
    Salam sukses mulia 🙂

  34. illa says:

    Barakallah mas asa.. Semoga cita-citanya tercapai dan di mudahkan melaluinya.

  35. @rivosiregar says:

    subhanallah…
    Nampar bener kek, jadi malu sama diri sendiri…

    saya ikut mendo’a kan isi proposal anak kakek… 🙂

    Aku juga ingin membuat proposal hidupku sendiri…

    Do’a kan ya kek… 🙂

  36. Ahmad ali says:

    Amin…semoga Alloh mengabulkan proposal hidupmu,dipanjangkan umur,sehat selalu dan di jauhkan dari marabahaya di negri orang.

  37. Surya says:

    SuksesMulia Mas Asa, smoga dimudahkan mewujudkan Proposal Hidupnya..
    Terima kasih sudah menginspirasi.

  38. zulfikar says:

    Subhanallah….sangat menginspirasi,semoga proposalnya di diridhai seluruhnya oleh ALLAH swt.
    Sukses Mulia 🙂

  39. Ria Nurfitriani Dewi says:

    Ya Rabb… Merinding banget bacanya. SUKSES ya ASA!!! 🙂

  40. derry febriyanto says:

    Allahhu Akbar…. membuat qolbu urg meerinding… hartunuhun… semoga Kau mengabulkan proposal ini untung bang Asa, amin.. Semangat!!!

  41. anto says:

    mas asa izin nyontoh yaaaa…. proposal hidup nyaaa??? 😀

  42. Faizal Kamal says:

    Hanya satu Kata (Hari Mukti Mode=ON)
    KEREEEEEEN mas,
    Anda telah Menginspirasi banyak orang dengan PROPOSAL ini,
    Termasuk Saya.
    OH.. PROPOSAL Hidupku

  43. … Adl sesuatu yg menarik apabila anak ini menyebut #AliAkbar@pakarseo sbg guru optimasinya, dan mas AliAkbar@pakarseo ganti menyebut @JamilAzzaini juga sebagai gurunya. Hehehe, simbiosis mutualisme. Emang hidup ini harus selalu dekat2 dgn org yg sukses, biar kita juga SuksesMulia spt kata ananda dr Pak@jamilazzaini. Amiin:)

  44. dian_maddya says:

    سُبْحَانَ اللّهُ
    Kakek.. Iri dech jadi asa..
    Asa anak yg patut dicontoh..
    Pengen bgt bs menerapkan proposal hidup tuk masa depan..

  45. rita silfi says:

    Subhanalloh..Seperti telah melihat kedigjayaan Indonesia di depan mata..

  46. melly says:

    Salut buat mas shola utk proposal hidupnya.di usia yg baru belasan sdh mempunyai proposal hidup yg begitu mulia.sukses ya utk kuliah dan bisnisnya biar bs buat sekolah gratis diseluruh indonesia.

  47. Faiz Faeruz says:

    dredeeedg bacanya…

    Amiiin ya Rabb

  48. mustikarini says:

    amin yaa robbal alamin

  49. megawati says:

    amin ya robbal alamin.

  50. Adelina Sapitri says:

    Subhaanallah..
    InsyaAllah proposalnya di ijabah Allah SWT. Aamiin ya robbal alamin..

  51. Nani MARYANI says:

    Amin solah..Semoga proposalnya Gol..
    Mudah-mudahan bisa ketemu aku di Jerman barengan dengan Nadira^^

  52. taufiq says:

    MasyaAllah, jujur saya terkesan dengan proposal hidupnya. bahkan saya yang memiliki usia lebih tua, belum sampai berfikir kesitu. mudah-mudahan tercapi semua impian yang mulia itu. Aamiin

  53. BundaRafka says:

    subhanalloh,,, semoga putera saya juga tumbuh seperti Mas ASA,,, yang memiliki proposal hidup luar biasa,,, amin…

  54. Mustdg says:

    ikut nangis setelah baca

  55. mtaufiq says:

    mataku berkaca-kaca setelah membacanya, inilah seorang anak hasil/produk didikan seorang JamilAzzaini yang sukses mulia. Terbukti tidak omong kosong. Makasih inspirasinya…

  56. supriyono says:

    inspiratif sekali untuk melangkah ke kehidupan yang lebih baik.

  57. afit says:

    cita2 yang mumulia…niat yg tulus faiza faroghtafanshob waila robbikafarghob…..

  58. Robby says:

    Pak Jamil, bgs sekali proposal hdpnya mas asa. Nitip pesan ke dia ya agar dibaca terus ya proposal hidupnya ini tiap hari tiap hari tiap hari, pagi dan malam, jangan terlewat.. Krn ini mrpkan salah satu yg menyelamatkan perjalanan hidup pd saat kita lg dibawah, makasih..

  59. Dini says:

    Subhanallah..
    Sampe berkaca-kaca aku bacanya.
    Semoga aku jg bisa nyusun proposal kehidupan yang berani, sukses & mulia seperti anak kakek ini. Pengen deh punya sesosok mentor sekaligus ayah seperti kakek Jamil :’)

  60. aini says:

    inspiring..
    jadi bertanya pada diri sndri,,bagaimana proposal hidupmu??

  61. Wasi'ah R. Mahary says:

    Subhanallah…. moga terwujud mas Asa.

  62. @rinatrisnawati71 says:

    Subhanallooh..smg Allah mengabulkan cita 2 nya. Amin yarobalalamin.. Mdh2 an anak sy bs spt dia, Amin…..

  63. Yanti says:

    subhanallah…smg Allah mengabulkan cita2 dik ASA…(sambil menitikkan air mata…)

  64. Anis Wilujeng says:

    Subhanallah, smg Allah mengabulkan proposal hidupmu… Amiiin Ya Allah 🙂

  65. Hmmm… Luar bisa, maju terus mas Soleh, sesuatu terjadi tidak melebihi apa yang dilihat oleh pikiran. Semoga cita2nya senantiasa terkabul menuju pebisnis handal SuksesMulia.

  66. eva says:

    like father like son!!
    **hohoo… paling suka dan follooooww kalimat: sebelum tidur: “mengkhatamkan” Al-Qur’an, caranya membaca surat Al Ikhlas 3 kali. 🙂
    Good luck Asan…. BarokALLah

    1. dewi says:

      hehehheh…setuju dengan eva. udah serius2 baca ada selipan ditengah2 yaitu kalimat itu jd meledakan tawa. Amiiiin YRA buat Asa ya 🙂

  67. Refna Wirda,SE says:

    Ya Allah semoga engkau kabulkan proposal hambaMu( ASA) dan Engkau karuniakan kepadaku anak yang soleh dan mempunyai cita cita yang tinggi. Amin/

  68. yunus says:

    semoga tetap sukses dan maju terus tapi jangan lupa diatas……

  69. Zinnirah says:

    Subhanallah..amiin semoga dikabulkan segala impiannya..
    inilah generasi2 harapan bangsa..

  70. Susi says:

    Aamiin ya rabb….
    Semoga Allah kan selalu menuntun, menjaga dan melindungi Asa Jamil dan Asa-asa Indonesia yang lain sebagai generasi penerus bangsa ini….

  71. arif rachman says:

    sungguh sangat menginspirasi dan memiliki visi yang mulia…Semoga Allah SWT memudahkan jalannya

  72. nailus saadah says:

    menginspirasi banget deh… semoga Allah menguatkan dan memberikan kesuksesan… amin.
    semoga anak-anaku juga bisa seperti itu… amin ya rabb…

  73. supangkat says:

    pak jamil memberikan tantangan yang berat untuk generasi berikutnya…jarang2 pak seorang nabi anaknya juga nabi, seorang kyai anaknya juga kyai, seorang trainer anaknya bisa melebihi bapaknya…bagi tips2 nya donk pak?

  74. PUPUT says:

    subhanallah , sungguh mulia proposal hidup mas asa , semoga Allah mengabulkan . 🙂
    semoga menjadi inspirasi buat saya kedepannya . 🙂

  75. recobayu says:

    aamiiin.
    semoga terkabul segala cita-cita luhur mas Asa, dan semoga Allah selalu melindungi dan mengumpulkan mas Asa bersama orang-orang soleh di sana.
    keep spirit!
    Allaahu Akbar!

  76. hurin says:

    amin allahumma amin.. kabulkan doa Asa ya Allah..

  77. wiwi surya says:

    makasih mas, kamu dapat menjadi inspirasi yang baik bagi anak-anakku

  78. poppy says:

    mas Asa .., coba cari Muhammad Faishal Rayhan, sepertinya dia baru 2 tahun di German, sekarang di Munster ngambil Medhical Engineering, dia suka ikut acara2 di Kedutaan, saya harap dia menjadi teman Asa. terima kasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published.