Profile Fay Irvanto, Leadership Charisma Guru

Fay-Irvanto.jpeg

Fay IrvantoFay Irvanto adalah seorang trainer tersertifikasi internasional, dan Personal Coach di bidang pengembangan ‘Leadership Charisma” dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di berbagai organisasi di level nasional maupun internasional. Selain itu Fay juga sering dipercaya menjadi seorang ‘Personal Image Consultant’ dimana dia memberikan pendampingan secara pribadi kepada para tokoh politik (diantaranya anggota dewan), Top Executives, CEO, pemilik bisnis, public figures dan profesional untuk membangun citra dirinya secara positif dan alamiah serta menguatkan karismanya.

Fay juga pernah dipercaya untuk memberikan analisa ‘personal image’ & karisma dua calon presiden Indonesia, Prabowo dan Jokowi, yang dimuat di beberapa media cetak seperti Jawa Pos, Indo Post, dll.

Selama bertahun-tahun, Fay meneliti dan mempelajari berbagai sosok pemimpin formal maupun informal dari berbagai latar belakang organisasi baik di Indonesia maupun di dunia. Dari studinya ini Fay berhasil melakukan ‘reverse engineering’ (rekayasa terbalik) untuk menemukan apa kunci dan elemen rahasia dari para pemimpin yang begitu dicintai dan dihormati para pengikutnya.

Selain itu Fay juga melakukan studi literatur, melakukan interview, dan berguru langsung kepada para tokoh pemimpin berpengaruh dari berbagai latar belakang. Fay juga melakukan uji coba studinya secara langsung ketika dia dipercaya menjadi pemimpin proyek perbaikan kinerja sebuah perusahaan yang melibatkan 2.000 orang lebih.

Dari sinilah muncul materi ‘Leadership Charisma’ yang kerap dia bawakan, dimana dia melakukan modelling dengan mengajarkan elemen-elemen Karisma Kepemimpinan kepada siapapun yang ingin belajar menjadi pemimpin yang lebih dipandang, didengarkan, dihormati dan dicintai orang lain.

Sesuai dengan materi yang sering dibawakannya, Fay percaya bahwa pemimpin yang hebat tidak terpilih hanya karena memiliki kompetensi yang tinggi namun belum mampu merepresentasikan dirinya dengan baik, hingga akhirnya dia hanya menjadi simbol otoritas satu kelompok tapi belum mampu menjadi sosok pemimpin yang mampu membangkitkan rasa cinta, rasa hormat dan komitmen tinggi dari para pengikutnya. Fay juga percaya bahwa apapun profesi seseorang, ketika dia memiliki pengikut yang loyal maka dia adalah seorang pemimpin yang ber-Karisma.

Fay sendiri beberapa kali diundang oleh berbagai institusi dan organisasi nasional dan multinasional untuk berbagi ilmumya. Di bidang pendidikan Fay juga diundang beberapa lembaga papan atas di Indonesia, seperti School of Business Management – ITB, ITS, Unair dan lain-lain untuk menyiapkan generasi pemimpin Karismatis masa depan. Fay juga menjadi pembicara reguler di satu organisasi pendidikan terbesar di Indonesia. Saat ini Fay sedang menuangkan ide dan pengalamannya dalam satu buku yang bertopik seputar bagaimana mengembangkan Karisma Kepemimpinan.

Fay memiliki latar pendidikan Sarjana Teknik dari ITS Surabaya, kemudian melanjutkan pembelajarannya di Executive Management di IPMI International Business School. Selain itu Fay juga pernah melanjutkan pembelajarannya di bidang e-Marketing di UIBC Singapura.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.