Pilar Pemasukan

revenue.jpg

Mulai hari ini, insya Allah, setiap hari Rabu saya akan menulis seputar bisnis di website saya ini. Tentu inspirasi atau ide bisnis yang saya sajikan adalah sesuatu yang simple dan mudah diaplikasikan. Sesuatu yang rumit biarlah saya olah sendiri dalam pikiran saya, saya racik sendiri, kemudian saya sajikan kepada Anda menjadi sesuatu yang sederhana namun mengena. Semoga…

Bagi Anda yang sudah terjun di dunia bisnis tentu tahu bahwa ada tiga pilar marketing yang wajib ada agar bisnis Anda terus bertumbuh. Pilar pertama, perbanyak sumber pemasukkan. Kedua, perkuat produk ata jasa Anda. Ketiga, disiplin menjalankan siklus marketing.

Untuk tulisan kali ini, saya hanya ingin membahas pilar pemasukan bisnis. Tanpa pemasukan bisnis Anda akan rontok dan gulung tikar. Untuk itu, Anda perlu serius menentukan dan memperkuat berbagai jenis pemasukan dalam bisnis Anda. Nah, agar pemasukannya terus mengalir, Anda perlu memperhatikan beberapa komponen berikut.

Pertama, ciptakan produk yang sesuai target market bisnis Anda. Jawablah beberapa pertanyaan berikut. Apa kelebihan produk atau jasa Anda dibandingkan yang lain? Apakah produk Anda diperlukan pasar? Apakah produk Anda memberikan solusi yang pas? Tentukan dan jawab dengan tegas tiga pertanyaan saya tersebut agar bisnis Anda berkelanjutan.

Kedua, temukan pasar yang sesuai produk Anda. Bisnis itu adalah memberikan solusi kepada target market Anda. Apabila Anda ingin tahu dengan mudah bahwa bisnis tidak akan bertahan lama, caranya sederhana. Cukup Anda ajukan pertanyaan, “Siapa target market bisnis Anda?” Apabila mereka menjawab “semua lapisan masyarakat”, maka tunggulah tidak berapa lama kemudian bisnisnya pasti akan tumbang.

Seorang pebisnis perlu tegas menentukan siapa target market dari bisnisnya dan kemudian ciptakan produk atau jasa yang sesuai untuk target market tersebut. Setiap lapisan masyarakat punya kebutuhan dan cara perlakuan yang berbeda. Apabila Anda “gebyah uyah” alias memperlakukan sama maka mereka pasti akhirnya akan kecewa. Segera jawab pertanyaan, “Siapa target market bisnis Anda?”

Renungkan dua komponen tersebut di atas sebelum Anda sibuk mengatur strategi marketing. Sebab sebaik dan sebagus apapun strategi marketing Anda tentu akan menjadi sia-sia apabila dua komponen tersebut Anda belum “clear”…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Pilar Pemasukan”

  1. isya julianto says:

    Sudah satu pilar, ditunggu pilar selanjutnya kek…

    1. Jamil Azzaini says:

      Apa pilar-pilar pemasukanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.