Perindah Nasib Kehidupan Kita

Share this
  • 22
  •  
  •  
  •  
  •  
    22
    Shares

Kebiasan itu menentukan nasib kita. Saat kita terbiasa melakukan kebiasaan buruk maka nasib kita dikemudian hari juga akan buruk. Dampak dari kebiasaan buruk bisa terjadi dalam waktu dekat dan bisa dalam jangka waktu yang lama. Banyak kebiasaan buruk yang merusak hidup seseorang, beberapa diantaranya:
Pertama, sering menunda pekerjaan.
Kedua, sering menyalahkan orang lain
Ketiga, penggunaan hutang atau kartu kredit yang berlebihan
Keempat, memakan makanan yang tidak sehat
Kelima, “baper” dan membela diri berlebihan bila diberi feedback, saran atau nasehat

Kabar baiknya, kebiasaan buruk yang ada dalam diri kita bisa digantikan dengan kebiasaan baik sehingga kita bisa memperbaiki nasib kita dikemudian hari. Caranya? Setiap tahun, pilih 4 hingga 5 kebiasaan baru yang akan Anda lakukan.

Mengapa saya menganjurkan 4-5 kebiasaan baru? Karena menurut riset yang dilakukan University of College London, membuat kebiasaan baru dalam hidup itu memerlukan waktu rata-rata 66 hari. Apabila kita rutin melakukannya setiap tahun maka setidaknya lima tahun kemudian kita sudah memiliki 20 kebiasaan positif dalam hidup. Bagaimana bila 10, 20 atau 30 yang akan datang?

Memang, untuk melakukan kebiasaan positif yang baru itu perlu energi besar. Khususnya di dua pekan pertama. Contohnya saat ini, saya sedang berupaya keras untuk membiasakan mengurangi konsumsi nasi dan gula. Ternyata godaannya sangat luar biasa apalagi saat tugas ke luar kota. Saya yakin, perlahan namun pasti, hal ini akan menjadi kebiasaan baru bagi saya. Apalagi setelah saya merasakan dampaknya lebih sehat dan tidak mudah lelah,

Kebiasaan baru yang Anda lakukan tidak harus sesuatu yang wah atau besar. Saya punya sahabat yang membiasakan diri untuk mematikan handphone saat pukul 18.00 – 21.00 alias tiga jam setiap hari. Di waktu tersebut, ia hanya fokus bercengkerama dengan keluarganya.

Baca Juga  Seni Leadership: Etos Kerja Semu

Awalnya ia orang yang kaku, terburu-buru setiap melakukan apapun dan hubungan emosi dengan keluarganya sangat renggang. Kini, sahabat saya itu lebih dekat dengan keluarganya, bahkan ia kini menjadi orang yang sangat menikmati kehidupan dan tidak mudah panik atau terburu-buru saat melakukan sesuatu. Ia pun ketagihan untuk menambah satu kebiasaan baru yang rutin hendak ia lakukan.

Apabila kita rutin melakukan 4 – 5 kebiasaan baru setiap tahun maka kita akan selalu menjadi manusia baru. Kebiasaan kebiasaan buruk yang semula ada di dalam diri kita akan terlepas dengan sendirinya. Kita sibuk melakukan kebiasaan baru yang setiap tahunnya selalu bertambah. Dan tentu, nasib kita dikemudian hari akan jauh lebih indah. Percayalah.

Coba renungkan kemudian tuliskan, apa 4 sampai 5 kebiasaan baru yang akan Anda lakukan tahun ini?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini


Share this
  • 22
  •  
  •  
  •  
  •  
    22
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer