Pentingnya Mindset yang Benar

Sebelum sang Ayah menghembuskan nafas terakhir, sang Ayah menyampaikan wasiat kepad kedua anaknya :

“Anakku, ada dua wasiat penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu”

“Pertama, jangan pernah menagih piutang kepada siapapun.”

“Kedua, jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung.”

Lima tahun berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan. Ibu pun bertanya, “Wahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian?”

Si sulung menjawab, “Saya mengikuti pesan ayah, bu. Saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yang tidak dibayar dan lama kelamaan habislah modal saya.”

Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi.”

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya. Sang ibu pun bertanya, “Wahai anak bungsuku, hidupmu sedemikian beruntung, apa rahasianya?”

Si bungsu menjawab, “Ini karena saya mengikuti pesan ayah, bu.. Pesan yang pertama dilarang menagih piutang kepada siapapun, oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh.

“Pesan kedua dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yang saya punya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih lama.”

(Penulis Anonim, kiriman dari seorang sahabat)

Bagikan:

3 thoughts on “Pentingnya Mindset yang Benar”

  1. Tata Zenal Muttaqien says:

    Dari cerita di atas, ada yg blm blm sy fahami. Menurut Pak Jamil apa penjelasan dari kalimat di atas : “karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh”.

    1. Jamil Azzaini says:

      Ini bukan tulisan saya mas, saya hanya posting. Makanya tertulis penulis : anonim

  2. Anonymous says:

    Dianya ga
    ks hutang tapi bersedekah…..ya kan tadz 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.