Penjaga Gawang Manchester United Hafal Al-Qur’an

k.jpg

Setibanya di rumah usai memberikan seminar di Bank Sulut Manado, anak saya yang bungsu Izul (12 tahun) langsung mengajak bicara. “Pak, boleh gak Izul ngubah cita-cita. Kemarin malam Izul ngimpi main bola sama Van Persie dan Rooney. Izul jadi penjaga gawang. Izul ingin jadi penjaga gawang di MU, pak.” MU yang dimaksud anak saya adalah Manchester United.

Langsung saya bilang, “KerON anak bapak. Asyik dong ngimpi ketemu Persie, sama Rooney lagi. Bang Izul ingin jadi penjaga gawang seperti siapa?” Dengan wajah berbinar, ia menjawab, “Penjaga gawang yang belum pernah ada di dunia. Izul ingin jadi penjaga gawang MU yang hafal Al-Qur’an,”

Saya tahu, anak saya yang bungsu ini kekuatannya ada di otak kanan. Pikirannya mengembara kemana-kemana. Maka saya biarkan ia bercerita dengan penuh antusias tentang impiannya itu. Dan saya terus mengajukan beberapa pertanyaan agar pikirannya semakin terangsang leluasa mengembara.

Izul dan Hana, kakaknya.

Izul dan Hana, kakaknya.

Sampailah saya pada pertanyaan, “Mengapa Izul ingin jadi penjaga gawang MU yang hafal Al-Qur’an?” Dengan nada suara yang lebih rendah ia menjawab, “Bapak kan jagoin MU. Izul ingin bahagiain bapak. Terus, Izul nanti ingin ngasih mahkota di surga untuk bapak dan mama.” Untuk beberapa saat, kami terdiam dan saling tatap, akhirnya saya membuka kedua tangan saya, dan ia pun langsung memeluk saya,

Dan, setelah itu, saya terus mendengarkan cerita Izul hingga kami ngantuk dan bergegas tidur. Salah satu cerita Izul yang masih terngiang di telinga saya, baik sebelum saya tidur hingga sekarang, saat ia berkata, “Nanti Van Persie dan Rooney baca syahadatnya sama Izul.” Malam itu, saya tidur nyenyak dan saya lihat Izul pun tidur myenyak di kamar saya.

Keesokan harinya, jam 06.00 pagi, Izul saya ajak ke lapangan sepak bola. Kami bermain berdua di lapangan sepak bola itu. Izul saya minta menjadi penjaga gawang, tugas saya menendang dan melempar bola ke arah Izul untuk ditangkap. Tidak terasa 50 menit berlalu, dan kami tidak merasa lelah, padahal kami hanya bermain berdua.

Siang harinya, Izul saya ajak untuk survey sekolah yang mengajarkan hafal Al-Qur’an sekaligus sepakbola. Akhirnya, saya dapatkan informasi ada homeschooling group Khoiru Ummah di Bogor. Jalanan menuju lokasi memang sempit. Tetapi begitu tiba di lokasi, di depan asramanya ada lapangan sepakbola.

Bukan hanya itu, saat kami tiba disana, ada beberapa anak yang sedang bermain sepak bola yang merupakan hobinya Izul. Sementara siswa yang lain menyambut kami dengan penuh keramahan dan keceriaan. Anak-anak kecil usia SMP sudah ada yang hafal hingga 15 juz. Dan suasana yang saya lihat ketika itu, suasana kehidupan anak-anak; ceria, berenergi dan bersahabat.

Dulu, sebagaimana yang saya tulis di buku ON, impian Izul adalah menaklukan Roma. Ia ingin seperti Muhammad Al Fatih yang menaklukan Konstatinopel. Sekarang impiannya menjadi penjaga gawang MU yang hafal Al-Qur’an.

Dan saya tidak tahu, apa impian Izul berikutnya, saya akan biarkan ia tetap mengembara mencari jati dirinya. Sampai pada masa, ia harus memilih satu impian yang benar-benar akan diwujudkan dan ditekuni dalam hidupnya. Doakan kami, ya…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

54 thoughts on “Penjaga Gawang Manchester United Hafal Al-Qur’an”

  1. sofie beatrix says:

    Alhamdulillah… ini passion sesungguhnya Izul.. yuuk kita support

    1. Jamil Azzaini says:

      Mari….

  2. wahid says:

    Luar biasa, betapa bangga orangtua tatkala sang buah hati memimpikan jadi sohibul.quran…tetap.semangat izul, pasti BISA !!!

    1. Jamil Azzaini says:

      Doanya mas

  3. Boni says:

    semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan pd izul utk mewujudkan impiannya.. Allahumma amin

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra..

  4. surya says:

    Kereeen! Saya dukung, Guru

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo mas anakku di coach biar leadershipnya semakin oke…

  5. Senyum Syukur says:

    aamiin πŸ™‚

  6. Alfi Hidayati says:

    Bapak anak sama2 kerON….saya piingin jadi mama kerON kek..biar anak2 kerON juga…saling mendo’akan ya Kek….

    1. Jamil Azzaini says:

      Langsung kirim alfatihah buat Alfi…

  7. ari wijaya says:

    Barakallaahu… Saya sangat terkesima dengan penggalan kalimat ini : “Terus, Izul nanti ingin ngasih mahkota di surga untuk bapak dan mama.”

    Visinya jauh ke depan.

    Bagaimana saya bisa tidak meng aamiin kan cita2 sekaligus doa itu..

    Aamiin ya Rabbal ‘alaamiin

    1. Jamil Azzaini says:

      Terima kasih mas Ari….

  8. Aisya Yuhanida says:

    Subhanallah.. Izul, semoga cita-citamu yang sangat mulia ini tercapai ya nak! Hebat kek jamil langsung menindaklanjuti cita-citanya izul.. Membuat semua cita-cita menjadi mungkin untuknya…

    1. Jamil Azzaini says:

      Belum hebat bu, kadang-kadang saya masih mengeluh…

  9. roel says:

    kang, alamat pesantren khairu ummah dimana ?? skalian mau masukin kponakan.

    1. Jamil Azzaini says:

      Di jalan Tawakal, Cifor, dekat terminal Bubulak Bogor

  10. Ora Dadi Opo says:

    KerON kek impian Izul… πŸ™‚ Semoga dimudahkan oleh Allah SWT impian Izul ini… Aamiin Aamiin Yaa Robbal Alamin… πŸ™‚

  11. Cahari says:

    Barakallahu, Smg impian Abang jd kenyataan, Aamiin YRA…..

  12. ivan says:

    semangat adik Izul….

  13. harri firmansyah says:

    keren Izul..dan kerOn jg org yg membiarkannya tetap menjadi anak2 dan dgn leluasa selalu ceria di masa kanak2nya..

    semangat ya Zul..kang Harri mau lho jd sherpanya calon kiper MU πŸ˜‰ kalo api aja bisa di lewatin, apalagi jd kiper dan hafidz…

    1. Jamil Azzaini says:

      Bang Izul, ini ada Tenzing Norgay mu, hehehehe. Kamg Harri tengkyu ya sudah pernah ikut mengisi perjalanan hidup Izul

  14. hade mahlan says:

    amien allahumma ‘amien

  15. siswoyo says:

    Luar biasa semoga izul kelak bisa memajukan negeri ini.
    Amin

  16. hidayat muhammad says:

    KerON, Kek! Jadi hafiz memang kebanggan orangtua πŸ˜€

  17. Denny Dachlan - Sales Activator says:

    Izuul.. kalimat mu yg pingin kasih Bapak n Ibu mahkota di surga itu, bikin Om jd “meleleh”.. Om doain ya Nak… Smoga impian mu ini terwujud ya, Nak.. I Love You, Full.. πŸ™‚
    Peluk Sayang tuk Izul Mas JA..

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo kapan om Deni nengok Izul πŸ™‚

  18. Fandi says:

    terharu kek, semoga bisa jad pemain Timnas yang soleh, hafal Al-qur’an pula ( :, tapi bukannya van Persie itu udah muslim, ya?

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiiin. Mungkin Izul belum tahu banyak Van Persie πŸ™‚

  19. Angky Omar says:

    Menginspirasi (y)

  20. eko pras says:

    sumpah….seneng banget bacanya…pengin banget alif anak mbarepku serupa pikirannya….

    1. Jamil Azzaini says:

      Langsung saya kirim alfatihah untuk Alif

  21. bobby says:

    Kek Jamil, kalau mau Izul ganteng boleh mondok di mahad askar kauny cijulang. Anak2 di sana menghafal Al Quran dgn riang juga pd jago bola. Yuk

    1. Jamil Azzaini says:

      In sha Allah pulang umroh saya kesana nengok ustadz

  22. imelda says:

    Subhanallah….,cita2 izul,ingin mempersembahkan Mahkota Surga buat Bapak & Mamanya….,mungkin tidak pernah terlintas di fikiran kek Jamil & kita semua,…tp insyaallah akan menjadi kenyataan….aamiinn…:-)#terharu πŸ™‚

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiiin yra…

  23. ata says:

    Berarti pemain manchester united yg menaklukkan as roma

  24. arsyad says:

    Dek izul, luar biasa mantabzzzzzz impiannya, Smga dimudahkan segala urusannya yah aamiin

  25. dedi irawan says:

    Insyaallah.. semoga tercapai impiannya dikemudian hari. Semangat terus izul..MU forever..!!

  26. andrianto says:

    Semangat untuk “Izul” kejar cita-citamu itu,sampai negeri inggris dan ceritakan pada kami setelah anda sukses kelak nanti,, amin ya rabb

  27. Arieffadillah says:

    Semoga selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dari-Nya dalam menggapai segala keinginan Izul….Aamiin.

  28. vitamanoo says:

    BARAKALLAH ~
    GGMU Zullllll… Red Flag keep flying high… fight fight fight

  29. Citra Ayuningtyas says:

    Ya ampun aku kalah sama izuuuuul. Malu rasanya ih, hehe. Aminnn ya Allah. Semoga impiannya izul bisa terwujud. Semoga izul sekeluarga sehat selalu, trs bisa bahagia bareng2 terus. AMINNNNN

  30. mahfudz RZ says:

    Cerita kehidupan yg asyiik, membuat terharu bangga… Semoga izul ga jauh beda sama bapaknya bahkan melebihnya..aamiin

  31. irul says:

    Semoga jalan dan cita-cita izul d berikan kemudahan semuanya, Amin.

  32. Anonymous says:

    amin,,,semoga terkabul cita”nya:)

  33. cak mamad says:

    Barokalloh dik Izul, Barokalloh fii umrika… semoga cita-cita mu menyematkan mahkota di kepada Ayah dan Ibu mu di ijabahi Allah SWT. Aamiin ya Karim.

  34. Benny Syaputra L says:

    Aamiin..:)

  35. anwar s says:

    Glory Glory kiper Izul … semoga tercapai

  36. dunkdhe says:

    asli merinding gua bacanya mulia bgtt cita cita nya jadi penghapal alqur’an
    amiin izul semoga terwujud cita citanya

  37. mas shohib khan says:

    merinding bacanya….
    seumuran izul visinya sudah jauh kedepan.
    orang tua mana yg nggk bangga sama izul.
    ya Allah azza wajalla….perkenankan mimpi” izul.

  38. ata says:

    Dan izul masih bisa menaklukkkan roma, MU vs As ROMA

  39. Anonymous says:

    Semoga tercapai cita2mu saudara kecilku,berbahagia bget org tuanya,,semoga q jg bisa mempunyai keturunan yg punya cita2 mulia spt itu,,aamiin,,,

  40. Anonymous says:

    semoga tercapai dek!!!!cita2 mulia pasti di beri jalan yg mudah dari ALLAH SWT.pasti ke dua ortunya bngga punya anak seperti dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.