Pingin Usaha Tapi Masih Jadi Karyawan

Dalam bukunya yang berjudul The Cashflow Quadrant, Robert T. Kiyosaki mengajarkan kita untuk berusaha selalu berpindah kuadran. Dari kuadran kiri ada employee (pegawai) dan self-employed (pekerja lepas). Berpindah ke kuadran kanan, ada business owner (pemilik usaha) dan investor (pemodal).

Faktanya, berpindah kuadran tidaklah mudah, banyak employe yang bercita-cita untuk berpindah ke kuadran bisnis dan investasi. Tapi terjadi justru mereka malah jatuh terjungkal. Karena tidak mempunyai pondasi dan pengalaman yang bisnis yang kuat. Kalaupun berpindah ke kuadran investasi, mereka tertipu oleh rekanannya. Modal dan asetnya dibawa lari oleh rekanan bisnisnya.

Didunia ini tidak ada yang serba instan. Mereka yang berhasil dalam berpindah kuadran, tidaklah serta merta langsung pindah kuadran.

Hal itu yang terjadi pada “Manusia Empat Kuadran” Pengalaman yang hidup di empat kuadran, dan semuanya berhasil itu dijalani lelaki yang bernama Tri Sumono.

Awalnya ia tukang sapu kemudian diangkat menjadi office boy di Gramedia. Saat itu gajinya Rp 250.000 per bulan. Dari penghasilannya tersebut Rp 200.000 digunakan untuk membayar kontrak rumah. Wajar bila anak pertamanya divonis anemia gizi ketika berusia 3 tahun. Namun, siapa sangka vonis inilah yang memacu Tri Sumono memutar otak untuk menambah penghasilan.

Tri Sumono masih aktif sebagai employee di bagian gudang Gramedia. Pagi ia berangkat bekerja sebagaimana employee yang lain. Namun mulai pukul 18.00 hingga 23.00 ia bertindak sebagai direktur di perusahaannya CV Tiga Jaya. Ada belasan bisnis yang ia tangani, dari rumah kontrakan, properti, minuman kesehatan, grosir, hingga suplier ribuan komputer ke berbagai instansi. Ordernya dari puluhan juta hingga milyaran untuk masing-masing bisnisnya. Ternyata, lelaki asal Gunung Kidul ini juga adalah business owner yang hebat.

Tri Sumono yang kini berusia 41 tahun, juga merupakan investor di bisnis pertanian dan peternakan burung yang tersebar di beberapa provinsi. Investasi di bidang pertanian agar ia tak melupakan asal muasalnya sebagai petani di kampung halamannya. Sementara investasi di peternakan burung karena itu adalah hobinya. Sebagai investor, ia pun meraup rupiah berlimpah. “Agar tak dimarahi istri, hobi harus menghasilkan,” katanya.

Lelaki pekerja keras ini, kini lebih dikenal trainer “Manusia Empat Kuadran”. Menjadi pembicara laris manis di berbagai perusahaan ternama seperti Astra Group, Pertamina, BRI dan perusahaan setara lainnya.

Apakah tidak mengganggu pekerjaannya? Tidak. Selama bekerja ia fokus bekerja, saat bisnis ia fokus bisnis dan saat memberikan training ia fokus memberikan training.

Bila Anda masih karyawan yang ingin berpindah kuadran. Akan tapi takut berbisnis dengan alasan tidak mau keluar dari perusahaan Anda. Cobalah menjadi Manusia Empat Kuadran, tetap menjadi employee (karyawan) atau self-employe tapi juga bisa jadi business owner (pemilik usaha) dan investor (pemodal).

Oleh karena itu hadirilah Seminar Entrepreneur “Manusia 4 Kuadran”, Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 08 Juni 2014 di gedung BPPT Thamrin Jl. MH. Thamrin no 08 Jakarta Pusat. Turut hadir sebagai pembicara pada acara Mas Mono @masmono08; The Winner UKM Award 2010; Young Creative Entrepreneur 2012 – Menteri UKM & Koperasi. Juga pelaku dan penulis “Manusia 4 Kuadran” Tri Sumono

Pingin ikut seminarnya, silakan kontak : 081 6921 999 / 0878 554 999 16 dengan format sms: Format daftar: M4K_Nama Peserta_No HP_Akun Twitter

Banner Manusia 4 Kuadran

Bagikan:

3 thoughts on “Pingin Usaha Tapi Masih Jadi Karyawan”

  1. prio hantoko says:

    Pengen datang, itu 150 Rb plus dapat buku ya kek ?
    Eh moga dapat doorprizenya juga 😉

  2. Kerreeen… Ikuutt.. Daftaar aah.. 🙂

  3. wahh mantap tuh…ikut tlat gak yah.. oh iya numpang promo yah.. ada juga nih bisnis sampingan yg modalnya hp android saja plua jringan internet..gak afa modal lagi tpi hasilnya lumayan bisa dpet jutaan rupiah perbulan… beneran gak pake modal.. yg minat bisa kunjungi blog saya romeen.com
    terima kasih gan yah buat infonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.