Peluklah Aku

Kebahagian itu relatif. Sesuatu yang menurut saya bahagia belum tentu bahagia menurut Anda. Dipeluk anak bagi Anda mungkin biasa tetapi bagi saya itu sangatlah membahagiakan.

Beberapa hari yang lalu, anak saya Hana tiba-tiba memeluk sembari berkata, “Pak, suapin…” Sambil membalas pelukannya, saya menjawab, “Oke.” Nyuapin anak 13 tahun yang tinggi badannya sudah sama dengan saya mungkin terlihat aneh, tetapi bagi saya itu nikmat dan membahagiakan. Kesediaan saya nyuapin anak ABG ini sebagai hadiah atas pelukannya kepada saya.

Pelukan dengan berbagai gaya dan cara itu sangatlah membahagiakan. Saat perjalanan pulang ke rumah usai sholat Subuh di masjid, anak bungsu saya Izul berkata, “Pak, gendong di belakang dong.” Langsung saya bungkukkan badan pertanda mempersilahkan “jagoan” saya menggelayut di tubuh saya. Menggendong itu bentuk pelukan indah yang sangat membahagiakan.

Saat kita jenuh, lelah dan kehabisan ide, segeralah peluk istri, anak atau orang tua Anda. Ketika saya melakukan hal itu, ada sahabat saya yang berkata, “Lebay seperti cewek.” Biasanya saya jawab, “Lebih baik lebay daripada jablay.” Bagi saya memeluk dan dipeluk itu kebahagian, gratis tapi dampaknya fantastis.

Anda mungkin bertanya, adakah bukti ilmiah tentang berpelukan? Riset yang dilakukan Dr. Harold Voth, seorang psikater senior di Kansas Amerika Serikat, menyebutkan berpelukan mampu mengusir depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, awet muda, tidur lebih nyenyak dan lebih sehat.

Di bawah kulit terdapat begitu banya kelenjar yang aktif mengeluarkan hormon kekebalan jika disentuh. Pelukan akan merangsang hormon exytocin, sebuah hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Hormon ini juga baik untuk jantung dan pikiran kita. Selain itu, saat hormon exytocin aktif, ia akan menekan cortisol dan norepinephrine (hormon pemicu stres).

Anak saya Izul setiap hari menghitung pelukan yang ia lakukan. Dia punya target, dalam satu hari sedikitnya melakukan 12 pelukan. Bila sebelum tidur belum genap 12 pelukan, ia akan mendatangi saya dan memeluk saya erat-erat.

Saya pun tak mau kalah dengan Izul. Pelukan bukan hanya milik bayi dan anak-anak. Pelukan juga milik kita yang sudah dewasa.

Nah, sudah berapa kali Anda berpelukan hari ini? Segeralah memeluk orang-orang yang sah dan boleh Anda peluk. Jangan ditunda-tunda dan jangan biarkan penyakit “jablay” ada di dalam kehidupan Anda.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


wanna be trainer batch 10


Bagikan:

22 thoughts on “Peluklah Aku”

  1. Dwi Ishak says:

    baru dapat 3 Kek, dari istri dan anak2, mau jadi yang keempat? hehehe

  2. kayak teletubis kek,

    berpelukan

  3. Kapan bisa memelukmu Pak Jamil, Terakhir dulu saat Makelar Rezeki di Kota Malang. Terima kasih atas pelukannya…

    Semoga menjadikan kita semua Lebih Baik

  4. nova says:

    pagi ini udah 2x Kek..
    karena saya bru punya anak 1
    jadi peluk istri dan anak… brangkat deh kerja,, hehehe?

    Salam SuksesMulia

  5. mulyono says:

    sehari mungkin lebih dr 12 x pak kalau saya,.. beda ngak pak dengan ciuman, saya malah lebih banyak ciuman, itu penyemangat saya ciuman hangat dari orang tercinta..
    salam sukses mulia

  6. vitri says:

    Jadi kangen digendong dibelakang almarhum papa. Hiks3x.

  7. Bang Tono says:

    jauh anak istri, peluk bantal pak!

  8. andirofiek says:

    peluk kakek saja lah..

    #berpelukan

  9. gustiardi says:

    Kek jamil,,itu saya bangett,,he,he..karena anak saya perempuan semua ,hobby nya memeluk papa nya,..,alhamdulilah saya jadi idola dirumah,,karena hanya saya lelaki seorang dirumah,,dan paling kerenn,,he,he.. @gustisantana. Salam sukses mulia..

  10. cak iput says:

    Peluklah Aku Kau Kutangkap. “Tumbu oleh Tutup” Klops dah

  11. heru nafi says:

    pengen peluk Muhammad Rosululloh SAW…..

  12. heru nafi says:

    pngen sekali bisa peluk Muhammad Rosululloh SAW….

  13. sigit says:

    Wuah, jauh saya dari anak istri, setiap pulang seminggu sekali sangat tenang kalo udah bisa meluk anak…ya Allah semoga kami segera berkumpul kembali…

  14. Renni says:

    Belum punya anak kek… Tapi tiap hari pasti memeluk dan dipeluk murid-murid mungilku di taman kanak-kanak 🙂

  15. ronal says:

    yuuuk kek bikin kontes peluk anak istri 😀

  16. dnur77 says:

    alhamdulillah……….pelukan is good

  17. dnur77 says:

    yaa nabi salamm alaika….yaa rosu salamm…salam alaikaa…..

  18. Firman says:

    yg jomblo meluk tembok termasuk itungan ga kek? ._.

  19. amalia says:

    Jauh dr suami kek, anak masi dikandungan jadi tiap hari pelukin calon anak, tulisannya saya kutip yah. Buat dishare lagi. Hehehe.

  20. fahrizal azhari says:

    belum ada yang bisa di peluk kek,,
    kakek mau pelukan sama saya???
    hehehe. ..

  21. Penuh hikmah. Bukan sekedar pelukan biasa. Selalu terinspirasi dengan kata-kata Pak Jamil.. 🙂

  22. amin says:

    Belum siap … baru sama bayi imut-imut

Leave a Reply

Your email address will not be published.