PDCA untuk Peningkatan Kualitas Hidup

PDCA.jpg

Pernah dengar istilah PDCA? Bagi Anda yang belum pernah dengar, PDCA adalah singkatan dari Plan Do Check Action. Saya mendapat ilmu ini 16 tahun yang lalu. Penerapan PDCA lebih lazim digunakan di industri, namun saya juga memodifikasi untuk pengembangan diri saya pribadi.

Di awal tahun, saya biasanya menetapkan Plan atau target tertentu yang terukur. Dari target tersebut saya kemudian menetapkan Do (aktivitas yang wajib dilakukan demi tercapainya Plan). Secara terus menerus saya melakuka Do yang sudah saya tetapkan. Saya menjauhi Do yang tidak ada hubungannya dengan tercapainya Plan.

Setelah berjalan dan melakukan Do yang berulang-ulang maka kemudian saya melakukan Check atas apa yang sudah saya lakukan. Apakah Do yang saya lakukan semakin mendekatkan Plan yang saya tetapkan. Apa yang kurang dari Do? Apa yang menyimpang dari Do? Dan Do apa yang perlu saya tingkatkan?

Setelah itu, saya susun Action lagi yang semakin mempercepat, meningkatkan dan mendekatkan diri ke Plan yang sudah ditetapkan. Kata kuncinya, berkomitmenlah untuk terus mewujudkan Plan atau target dengan berbagai Do dan Action yang fleksibel dan tidak kaku.

Do dan Action itu sama-sama aktifitas atau kerja. Bedanya, Action adalah aktivitas atau kerja yang lebih berkualitas karena merupakan hasil Do yang direview (check). Proses PDCA ini bila Anda terapkan secara konsisten akan terus menghasilkan perbaikan dan kualitas kehidupan yang semakin meningkat. Cobalah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “PDCA untuk Peningkatan Kualitas Hidup”

  1. sangpena says:

    Dulu sempat jadi trainer marketing perusahaan kek, alhamdulillah gk terlalu asing dengan siklus PDCA 😀 hehe, wah, tumben ini komentar pertama. Pertamax kakek 😀

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehe, pertamax…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.