Pasti Ada Peluang Dalam Setiap Kejadian

Di penghujung 2010 saya menjadi salah satu korban carut marutnya jadwal penerbangan maskapai kebanggaan kita. Mulai dari masalah delay berjam-jam, keberangkatan ditumpangkan ke maskapai lain, hingga penundaan keberangkatan ke hari yang berbeda. Bila Anda jadi pengguna jasa maskapai tersebut, apa yang kira-kira akan Anda lakukan? Mungkin saja Anda akan tetap menunggu dengan setia. Bisa juga berganti maskapai, atau mengeluh lalu menuntut ganti rugi pada maskapai penerbangan tersebut.

Tapi, tahukah Anda apa yang dilakukan Richard Branson saat mengalami kondisi serupa kira-kira 30 tahun yang lalu? Pebisnis sukses asal Inggris yang memiliki lebih dari 260 perusahaan ini mengalami masalah dengan jadwal penerbangan ketika ia berlibur di Beef Island, salah satu bagian dari kepulauan British Virgin Islands di Amerika Selatan, pada 1980. Bersama istrinya ia terlantar di bandara karena jadwal penerbangan maskapai yang ditumpanginya dibatalkan. Mengetahui tidak ada jadwal penerbangan lain, Branson kemudian menelpon perusahaan penyewaan pesawat dan menyewa sebuah pesawat pribadi seharga US$ 2000.

Sebagai pengusaha, ia melihat peluang dalam setiap masalah. Menyadari banyak orang seperti dirinya yang terlantar di bandara dan membutuhkan penerbangan pada hari itu juga, ia meminjam sebuah papan tulis dan menulisinya, ”Virgin Airways US$39 Penerbangan ke arah Puerto Rico.” Hanya satu jam berkeliling di bandara dengan papan nama tersebut ia berhasil menjual seluruh kursi pesawat itu. Kreatif benar Branson!

Pengalaman liburannya di kepulauan Virgin itulah yang kemudian mengantarkannya masuk ke dunia penerbangan dengan mengusung nama Virgin Altantic Airways. Dan, kini semua orang tahu, Virgin Altantic Airways telah menjelma menjadi maskapai penerbangan berskala internasional dan merupakan salah atu yang paling menguntungkan di dunia.

Begitulah cara berpikir dan bertindak orang-orang kreatif. Ketika masalah datang ia tidak mengeluh, bahkan ia menghasilkan banyak uang dari sesuatu yang dianggap orang lain adalah masalah.

Pada saat saya terjebak dalam masalah yang sama, solusi saya memang tidak sehebat Richard Branson yang melahirkan ide bisnis baru. Sementara ini, saya hanya bisa membuat beberapa tulisan yang kemudian saya sebarluaskan diantaranya melalui website ini. Ya.. lumanyanlah daripada mengeluh. He he he…

Jadi, Insan SuksesMulia, dalam kondisi seperti apapun tetaplah bekerja tenang dan ambil hikmah serta lihatlah peluang dari masalah yang datang kepada kita.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

6 thoughts on “Pasti Ada Peluang Dalam Setiap Kejadian”

  1. wahyu says:

    jadi inget nasihat warkop DKI. jadi manusia yang penting kreatif he he

  2. Wah memang orang kreatif dan cerdas selalu pandai memanfaatkan situasi,,,walau situasi terjepitpun selalu masih bisa mengisinya dengan aktifitas yang sangat bermanfaat, padahal di luar sana masih banyak orang yang memiliki banyak waktu luang tetapi terlewatkan begitu saja tanpa bisa menghasilkan satu atau dua “produk” yang tercipta…Semoga kita semua terinspirasi dengan kisah diatas. Terima kasih master Jamil

  3. Sebuah tulisan yang inspiratif. Semoga suatu saat bisa dikompilasi & dibukukan dengan format seperti buku Mas Jamil sebelumnya: Menyemai Impian, Meraih Sukses Mulia. Amiin.

  4. Luar Biasa… terimakasih Pak Jamil pencerahannya…

  5. edi mulyadi says:

    Rrrrrruuuaaaarrrr biasa!!! Hampir dipastikan semua org ingin untung, tp faktanya mayoritas lebih suka merugikan diri sendiri dengan mengeluh atau stress, hanya segelintir org yg benar2 ingin untung dgn mencari peluang dari setiap kejadian, semoga kita termasuk yg segelintir td ya Pak Jamil, Terima Kasih utk inspirasinya

  6. pelauang selalu ada. tapi sering kali peluang lewat tanpa permisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.