Orisinalitas

orisinal.jpg

Tiga hari (05-07 Desember 2014) bersama 45 trainer di acara Trainer Bootcamp & Contest (TBnC) adalah hal yang menyenangkan bagi saya. Selain energi para peserta dan fasilitator yang saling menular, saya juga mendapat banyak ilmu baru yang bermutu.

Peserta TBnC 12 di Bogor kali ini berasal dari berbagai perusahaan [Bank Mandiri, Elnusa, TCM, Coca Cola, Trans 7, Toyota Astra Motor], menyatu menjadi tim yang solid dengan para owner bisnis yang menjadi trainer dan tentunya para trainer profesional.

Hal menarik yang selalu membuat saya happy usai acara TBnC adalah para peserta menyadari pentingnya orisinalitas, baik dalam materi training maupun kehidupan sehari-hari para trainer. Bahkan ada yang bersedia dan rela mengganti “brand” atau “icon” pribadi dan mengganti materi yang mereka sudah miliki selama ini karena dirasa kurang orisinal.

Menemukan materi training yang orisinal memang perlu waktu. Tetapi dikemudian hari itu jauh lebih powerfull dibandingkan kita meniru. Sebab, sebaik-baiknya barang “KW” tak akan bisa mengalahkan produk yang orisinal.

Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari. Hidup apa adanya tanpa “topeng-topeng” yang kita ciptakan demi kepentingan pencitraan juga membuat hidup semakin nyaman dan menjadi pondasi kuat untuk “melompat” lebih tinggi. Lebih dari itu, orisinalitas diri membuat profesi yang kita pilih “era keemasannya” bertahan jauh lebih lama.

Orisinalitas terbaik adalah orisinal yang dibimbing oleh Sang Maha Tahu. Maka saat kita hendak mencari orisinalitas diri, selain berdiskusi dengan mentor yang ahli dan berdialog dengan diri sendiri, jangan lupa mintalah petunjuk dari-Nya.

Boleh tahu, apa orisinalitas diri Anda? Segera temukan. Setelah itu optimalkan dan jadikan itu sumber manfaat bagi banyak orang.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

6 thoughts on “Orisinalitas”

  1. dodok sartono says:

    Mantab pak jamil…..orang tercurahkan dengan inspirasi sukses mulia

    1. Jamil Azzaini says:

      Segera temukan orisiniltasmu 🙂

  2. among kurnia ebo says:

    tulisan ini sepertinya bener-bener OrisiniL… kerON!

    1. Jamil Azzaini says:

      Kangen mas, semoga segera jumpa

  3. Mister Bisnis Online says:

    Sebagai salah satu orang yang menyaksikan dan merasakan langsung acara 5-7 Desember ini saya merasa bersyukur sekali. Alhamdulillah. All praise to Allah almighty.
    Thanks a bunch mr. Azzaini 🙂
    Let’s find our original brand or icon then become the best person we can be!

    1. Jamil Azzaini says:

      Good…good….

Leave a Reply

Your email address will not be published.