Optimis

Bagaimana semangat Anda hari ini? Semoga semangat Anda senantiasa penuh, laksana semangat seorang pejuang di awal hari. Dan semoga semangat Anda bisa menggerakkan wajah Anda agar tetap cerah dan gemar tersenyum menebarkan energi positif ke sekeliling Anda, menggerakkan jiwa Anda untuk senantiasa optimis dalam menjalani hidup ini. Optimis dalam menjalani karir dan aktivitas utama Anda, optimis dalam meningkatkan kualitas diri dan menggapai mimpi-mimpi Anda, dan optimis dalam upaya menjadikan orang-orang yang Anda sayangi serta sekeliling Anda menjadi semakin baik setiap harinya.

Bicara tentang optimis, saya ingin mengutip serangkaian hasil penelitian yang dilakukan psikolog Martin Selligman mengenai manfaat yang akan Anda dapat dengan menjadi sosok yang selalu optimis. Manfaat pertama adalah superior health. Optimis selain memperbesar potensi memiliki usia yang lebih panjang dan memperkecil resiko mengalami stress serta depresi, ternyata bisa membuat kualitas kesehatan Anda tetap prima.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 99 mahasiswa Universitas Harvard, Amerika Serikat, Selligman menemukan bahwa mereka yang pada saat usia 25 tahun optimis, secara siginifikan lebih sehat pada saat usia mereka 45 dan 60 tahun, dibandingkan dengan mereka yang pesimis.

Manfaat berikutnya menjadi optimis lain adalah greater achievement alias pencapaian prestasi yang lebih hebat. Mengenai hal ini, Selligman meneliti tim sepakbola dan perenang. Pada tim sepakbola ia menemukan bahwa tim yang optimis lebih mampu menciptakan sinergi yang positif dan performa yang jauh lebih baik ketimbang tim yang pesimis.

Sedangkan pada perenang, ia menemukan bahwa mereka yang sejak awal pesimis dan yakin akan gagal, pada akhirnya memang berakhir gagal. Pada perenang yang berhasil menang, Selligman tidak pernah menemukan sikap pesimis ini sama sekali.

Hasil penelitian tersebut kemudian diterapkan oleh banyak perusahaan, yaitu dengan cara mempekerjakan orang-orang yang senantiasa optimis. Kenapa? Jawabannya mudah saja… Karena, mereka yang optimis berpotensi lebih besar membawa perusahaan kepada kesuksesan!

Lalu apa lagi manfaat menjadi optimis? Manfaat selanjutnya menjadi optimis adalah persistence alias ketekunan yang terus menerus. Ketekunan mengantarkan Anda menjadi sosok yang berhasil. Anda ingat Donald Trump dan Sriyono dengan Siomay Pinknya? Ya, mereka pernah merasakan sangat bangkrut dan bahkan tidak cuma sekali. Tetapi dengan menjadi optimis, mereka mampu bangkit dan dengan tekun membangun kembali bisnis mereka hingga seperti yang kita saksikan saat ini.

Jadi, mari dapatkan hidup yang terbaik dengan menjadi sosok yang selalu optimis!

Terima kasih.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

5 thoughts on “Optimis”

  1. Luar biasa… Terimakasih pencerahannya hari ini, pagi ini saya sudah menebar senyum 227 “ala Pak Jamil” kepada murid2 saya dan temen2 guru…
    Optimis Pak… saya bakal dapat buku dari Bapak 🙂

  2. zamroni says:

    ANa indza dzonni abdi bi….”Aku sangat bergantung kepada prasangka hamba-Ku terhadap-Ku” begitulah firman Tuhan dalam hadist qudsi yang sangat inspiratif sesuai dengan semangat OPTIMIS yang selalu tertanam dalam judul di atas….Tuhan begitu memberikan semangat hamba-Nya untuk selalu berpikiran positif, karena Tuhan juga akan memberikan energi positifnya kepada hamba-hamba-Nya.

  3. Teryata di usia 25 tahun seperti aku sekarang ini jika selalu optimis dalam menghadapi apapun, itu dapat merasakannya kelak di usia 45 dan 60 tahun. Aamiin…
    Terima kasih pak Jamil atas ilmu yang diberikannya.

    Salam Sukses Mulia selalu.

  4. raras says:

    aku selalu optimis dan mengabaikan suara-suara pesimis yang ada di sekitarku dan hasilnya,aku selalu mendapatkan apa yg memang kucita-citakan sejak awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.