Obat Galau

moveOn.jpg

Setiap manusia pasti pernah galau alias gelisah, itu manusiawi. Namun bila terlalu sering galau itu namanya hidup Anda kacau. Lebih parah lagi bila kegalauannya ditularkan kepada yang lain. Dan bila orang-orang galau gak jelas itu berkumpul, Anda tentu bisa membayangkan apa yang akan terjadi dan dihasikan dari pertemuan mereka.

Bagaimana agar galau bisa kita singkirkan atau setidaknya kita kurangi? Lakukanlah beberapa langkah berikut ini.

Pertama, selaraskan antara visi, passion, nilai-nilai yang Anda pegang dan aksi sehari-hari Anda. Maaf bukan bermaksud untuk pamer, tapi dalam hal ini kehidupan saya sudah benar-benar selaras.

Visi hidup saya menginspirasi 25 juta orang lebih dan 10 ribu diantaranya menjadi trainer atau public speaker yang berkarakter. Passion saya memang menginspirasi alias memberikan memberikan pencerahan melalui seminar dan training. Nilai-nilai yang saya anut kuat salah satunya adalah “hidup itu untuk berbagi” dan salah satu bentuk berbagi adalah berbagi ilmu.

Aksi sehari-hari yang saya lakukan adalah memberikan seminar atau training, mengkader trainer dan menulis untuk website JamilAzzaini.com. Antara visi-passion-nilai-aksi benar-benar selaras. Keselarasan inilah yang membuat saya menikmati hidup saya. Penuh semangat dan energinya selalu bertambah, alhamdulillah. Coba Anda renungkan sejenak, apakah visi-passion-nilai-aksi Anda sudah selaras?

Kedua, persempit gap antara keinginan duniawi dan kebutuhan nyata. Saya sangat mendukung bila keinginan berprestasi Anda dibuat tinggi. Galau mengejar prestasi itu justru baik. Namun mengejar hal-hal yang sifatnya materi dan duniawi hendaknya direndahkan. Tak perlu berhutang untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan namun sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Tak perlu Anda terlihat keren padahal Anda kere (banyak hutang). Tak perlu Anda terlihat kaya padahal hidupnya menderita. Kesederhaan dan kebersahajaan tidak akan menurunkan harga diri Anda. Toh, dalam jangka panjang Anda yang akan merasakan derita hidup bila keinginan duniawi Anda berlebihan, padahal penghasilan Anda pas-pasan.

Ketiga, keluarlah dari lingkungan “galauwers”. Banyak orang tidak sadar bahwa dirinya galau. Mengapa? Karena mereka bersama dan bergaul dengan orang-orang yang galau. Hal-hal negatif yang disebabkan karena kegalauan mereka anggap biasa dan tak terasa. Maka keluarlah dan bergaulah dengan komunitas positif, Anda akan memperoleh ide, suasana dan cara pandang baru yang lebih menyegarkan.

Selain itu, banyak teman dan bertemu dengan komunitas orang-orang yang positif akan menghadirkan semangat dan gairah yang lebih produktif. Peluang-peluang kebaikan juga akan bermunculan tiada henti. Segera lakukanlah tiga tips tersebut di atas agar kegalauan pergi menjauh. Mau, kan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

51 thoughts on “Obat Galau”

  1. Sangat mau Kek.

    Alhamdulillah sejak membaca buku “Tuhan inilah Proposal Hidupku” membaut saya lebih tahu apa visi hidup dan menyelaraskan aksi untuk itu.

    Saya punya visi menjadi bapak 1000 yatim dan alhamdulilah sudah menempuh langkah-langkah kecil untuk kesana. Salah satu langkah itu adalah membuat ebook #yatimBahagia (motivasi untuk anak yatim) yang bisa di dwonload gratis di blog saya. Saat ini, saya baru bisa berbagi motivasi, saya bertekad suatu saat bisa memberi yang lebih. Doakan ya Kek.

    Salam SuksesMulia

    1. Keren mas, saya doakan semuanya lancar ya

      1. Aaamiin.. syukrON kek.. #peluk πŸ™‚

      2. icha says:

        Menjadikan hidup kita berarti buat orang lain memang sangat luar biasa pengaruh positifnya..

  2. Mau kek….doakan saya sdg menyelaraskan visi-passion-nilai-aksi……Alhamdulillah.sdh.mendekati
    Dan.juga sekarang.dikumpulkan dgn.komunitas2 hebat.dan.org2 yg selalu menginspirasi…sukron kek….doa.semoga.kek jamil selalu.diberi kesehatan.dan.diberkahi setiap langkahnya^_^

    1. Aamiin YRA, saling mendoakan ya

  3. Mas Wantik says:

    Mantab Kek, setuju.

    Habis ikut WBT#11 lalu sy jg nulis seputar galau, bs utk sharing bersama : Galau? No Way di http://maswantik.com

    Setiap pagi siap menyantap sarapannya Kek

    Salam makin sukses dan mulia

    1. KerON mas..

      Sudah di baca, tagi ga bisa komen. Gimana cara komennya mas.. ga ada tombol enternya..

      Salam SuksesMulia

      1. Mas Wantik says:

        Sudah koq mas, komentarnya sdh nongol di http://maswantik.com di bawah artikelnya. Sementara ini mmg komentarnya msk ke email sy dl

        Semoga program utk yatimnya lancar dan barokah mas, amiin

  4. Subhanallah. SyukrON Kek atas sarapan motivasi paginya πŸ™‚

    1. Ayo nulis pak πŸ™‚

  5. princess amanda @holistic_center says:

    kerON alias TOP BGT

    1. Tumben komentarnya pendek πŸ™‚

      1. princess amanda @holistic_center says:

        hehehe…beri ruang bwt yg lain untuk comment yg panjang2 granpda…wlwpun pendek tapi padaaat merayap

        lg musim jleb eeaa dsini…
        duuh trainer koq eeaa nya alay bgt nieh..;)
        intermezo atuh eeaa nya ini mah biar rileks n galau pun kelibes sambil meringes….

        nah panjang dech tuh jadinya comment nu ieu mah…#melipir ah sebelum tambah panjang kyk kereta express jepang…

  6. syarah khaerunnisa says:

    abis baca ini kemudian merenung.. *dudukdipojokan

  7. Mantap kek, saya pny tmn yg dr dl pgn buka usaha, orgnya ramah, bnyak tmn, tp sptnya dia emg g pny visi & tlalu berorientasi pd materi, smpe skg mlh blm sempat buka bisnis krn problema anak muda, galau jodoh, mdh bgt fokusnya teralihkan πŸ™

  8. dnur77 says:

    Subhanallah…Alhamdulillah…
    visi-passion-nilai – aksi selaras-….
    merenung bagaimana tuk mewujudkannya….syukronn

  9. Dina Aftani says:

    aku JLEB nya di kalimat ini “persempit gap antara keinginan duniawi dan kebutuhan nyata” kebanyakan angan-angan tapi tidak sadar diri memang bikin galau.

    Makasih kek sudah bikin JLEB

    1. Jleb..tusuk lagi…tusuk lagi….

  10. BisnisBajuYuk says:

    Kayaknya masih belum selaras nih di setiap bagiannya. Hhmmm pantes aku masih galau. Okelah kalo begitu,aku mau berbenah biar tidak jadi member galau forever… Jazaakallah Aki tips-tipsnya…

  11. iqbal says:

    makasih Kek! lagi megang buku yang proposal hidup. mau saya detailkan hidup saya ke depan… semoga kita semua sukses dunia akhirat~ amiin..

  12. mantap jaya…

    melangkang memang harus selaras..

    Semangat…

  13. noza says:

    mau kek jamil , πŸ™‚
    saya udh tau passion saya , namun saya sulit untuk mengaplikasikan nya , karena saya terjebak di dlm aktivitas yg gak saya banget kek, namun ada jga yg mengatakan klu cntai lah apa yg tlt kmu miliki , hrs nya sya gmna ya kek ?

    1. Cintai yg sudah ditekuni atau tinggalkan. Tak akan pernah ada prestai hebat dari sesuatu yg tidak kita cintai

  14. Anita says:

    mauu banget kek.. saya baca buku kakek yg “Move ON” dan alhamdulillah tergerak dari pikiran dan sikap saya yg monoton. Dan akhirnya saya mengikuti tulisan kakek disini.. Terima kasih kek..memberi motivasi dan inspirasi yang membuat saya amazing sendiri dan berkata dalam hati “saya harus berubah dan jangan gini2 aja, saya harus nemuin passion saya”

    Doa kan ya kek.. semoga saya bisa menjalankan nya dengan baik dan sesuai rule nya.

    1. Ayo move ON segera πŸ™‚

  15. andriansyah says:

    wow…tips yang smart nih kek…thanks

  16. EventJogja says:

    setiap hari terus berusaha berada di lingkungan yg baik ya, nambah temen yg produktif terus, salam πŸ™‚

  17. SukrON kek sedekah ilmunya yang keren. Ini masih berusaha menselaraskan visi-passion-nilai-aksi saya kek. Mohon doa dan bimbingannya ya. πŸ™‚

    paling suka kata ini ; “Tak perlu Anda terlihat keren padahal Anda kere (banyak hutang). Tak perlu Anda terlihat kaya padahal hidupnya menderita. Kesederhaan dan kebersahajaan tidak akan menurunkan harga diri Anda. ”
    nge-jleb banget nih….

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    ΰΈ‡^β€’^ΰΈ‡

    1. Tusuk lagi ah biar tambah jlebbbb πŸ™‚

  18. ari sarjoko says:

    terimakasih Kek Jamil, sangat menginspirasi..

  19. wahhh, baca tulisan kakek yang ini, saya malah jadi GaLaU neh… gimana Kek? amazing puzing!

    1. Obat galau sampeyan gampang, segera melamar pujaan hati jangan terlalu lama menyendiri πŸ™‚

  20. Indra fernanda says:

    galau : gak layau.. he

  21. Ririn Rahayu says:

    Syukron Pak sudah berbagi tipsnya, memang kita ga boleh berlarut2 dlm kegalauan cukup sebentar saja
    Doakan saya Pak semoga saya pun bisa selalu semangat dan menginspirasi seperti Bapak, terima kasih sudah berbag; πŸ™‚

    1. Saling mendoakan ya, memdoakan orang lain itu salah satu kunci dikanulkannya doa kita

  22. Mantab banget artikelnya pak Jamil…. sangat menginspirasi…

  23. popy says:

    Keinginan saya saat ini ingin melanjutkan study..ingin berprestasi..blm muluk2 utk bs menginspirasi krn berprestasi saja sy blm pnh..moga2 diberi kemudahan dan kesempatan..untuk visi : berdaya dan bermanfaat…

    amin

  24. sam says:

    Salam beh, tiada hari tanpa dengar kicauan dari babeh .
    Witing tresno jalaran soko kulino beh , witing mulyo jalaran wani rekoso ! Allah telah cinta kepada kita tapi kadang kita tidak cinta kepadanNya maka kitapun harus sering-sering bergaul dengan Allah termasuk babeh ,hehe. !

    1. Wah istilahnya kerON, syukrON ya

  25. gadiskecil says:

    Asslamu’alaikum..Mohon saran kek…
    Saya sama sekali belum menemukan passion, visi dll.. Selama ini hidup saya mengalir saja, dan itu tidak nyaman, tidak ada sesuatu yg bisa dijadikan motivasi utk bekerja lebih giat, dan lebih sering malas, ingin keluar dr kubangan rasa malas ini tp terasa berat. Pendidikan rendah padahal mampu, sudah beerja tp belum pegawai tetap, sudah memiliki pasangan dan dilamar tapi blum sah, karna org tua sya menginginkan sya memiliki pekerjaan tetap dan usia saya memang msih 19 kek Saya tidak tau harus bagaimana melangkah kedepan, apakah sya harus menekuni pekerjaan sya skrg hingga diangkat pegawai tetap kemudian bru menikah (dan itu kita sama sekali tidak tau kapan akan mjdi pegawai tetap, menikah juga gak tau kapan dong) atau bagaimana kek? Saya butuh saran kakek :”)
    Nb. Saya seorang wanita kek..
    SyukrON kek..

    1. Dirimulah yang menentukan hidupmu, tentukanlah kehidupan terbaik yang kau inginkan, kerjarlah itu dengan kelebihan yang kau miliki

  26. arman says:

    menginspirasi kek,
    saya yg galau, belum menemui yg saya cintai.
    membaca buku kek proposal hidupku saya terhenti di hal 44, krn belum menemui yg saya cintai.

    1. Bahaya, segera temukan ituih penting daripada menemukan pekerjaan tetap sekalipun πŸ™‚

  27. Setiadi Whe says:

    Terimakasih kek jamil inspirasinya pagi ini…
    Bener-bener bikin semangat untuk memperbaiki diri menyelaraskan visi dan passion…

    Salam Sukses Mulia

    1. Segera, jangan tunda-tunda, jadikan prioritas

  28. ghaziyah says:

    Galau, ga lah yau πŸ˜‰
    Ketika kita tau hidup kita darimana, dan untuk apa kita hidup di dunia ini dan mau kemana setelah hidup ini, tak ada lagi galauwers…. πŸ˜€

  29. GALAU = God Always Listening Always Understanding. Mantap mas Jamil, Thanks for a good article.

  30. menanamkan kuat Visi Impian hingga misi dan passioan, Menadahkan aktivitas pada kebaikan bukan hnya materi, dan keluar dari lingkungan galauwer.

    Like This Pak Jamil…

  31. Ana Maruao says:

    Mantap kek jamil, kek jamil kapan ngadain seminar d kota medan??

Leave a Reply

Your email address will not be published.