Nikmatnya Share dan Copas

Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagi Anda yang aktif group wa (WhatsApp) pasti tahu fenomena share dan copas dari sebelah. Dan diantara yang dishare dan dicopas itu banyak yang isinya emosional. Ada tentang surat terbuka, pidato presiden USA, kemacetan lalu lintas, suasana ibadah di suatu tempat, tulisan expert dan lain-lain. Dan ternyata sebagian dari yang dishare dan dicopas itu validitasnya tidak teruji bahkan ada yang berisi kebohongan.

Orang-orang yang hobinya share dan copas terutama berita atau informasi yang memuji berlebihan atau membenci berlebihan tampaknya memiliki emosi yang kurang terkendali. Nalar dan nurani kita bisa “mati” bila kita hobi share dan copas sesuatu yang emosional. Isi informasinya boleh jadi menyentuh, menarik dan menyenangkan hati tetapi bila isi dan sumbernya mengandung unsur kebohongan sebaiknya kita menahan diri untuk tidak ikut share dan copas.

Kebiasaan share dan copas mungkin membuat Anda puas dan merasa sudah berbuat baik tetapi bila isinya mengandung kebohongan atau hoax, kredibilitas Anda anjlok dimata banyak orang. Oleh karena itu, sebelum share dan copas sebaiknya memastikan terlebih dahulu kebenaran isi dan kebenaran nara sumbernya serta kredibilitas yang mengirimkan berita/informasi kepada Anda.

Apakah share dan copas tidak boleh? Tentu boleh dan sangat dianjurkan apabila yang dishare dan dicopas itu benar, tepat dan bermanfaat bagi Anda dan penerimanya. Justeru saya menganjurkan Anda sering share dan copas bukan hanya via social media tetapi secara tatap muka karena efeknya akan beda.

Kebiasaan share secara tatap muka dengan tim, keluarga, mitra dan orang lainnya akan melatih kemampuan leadership Anda. Ingat tatap muka, bukan lewat social media. Maka, bagi siapapun yang ingin menjadi leader rajin-rajinlah share secara tatap muka kepada orang-orang di sekitar Anda. Saat Anda melakukan share, bisa juga disertai copas atau mengutip pendapat orang lain. Nah saya ingatkan, saat Anda copas jangan lupa sebutkan sumbernya agar Anda tidak memiliki predikat “plagiat” alias tukan contek.

Baca Juga  Membangun Energi Positif di Kantor

Anda pun boleh melakukan share dan copas semua tulisan atau video di www.JamilAzzaini.com ini. Gunakan semua ide dan informasi dalam website ini untuk melatih leadership Anda. Bagaimana caranya? Share dan copaslah dengan cara tatap muka isi website ini kepada orang-orang di sekitar Anda. Siap? Begitu Anda melakukan berulang-ulang, Anda akan merasakan nikmatnya share dan copas secara tatap muka.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Group
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook


Share this
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer