Nasihat untuk yang Jatuh Cinta

Dhira.jpg
Dhira1

Nadhira bersama saya di Pekanbaru (atas), bersama Asa adiknya (tengah), bersama keluarga di Batu, Malang (bawah).

Anak saya yang pertama, Nadhira Arini Nur Imamah (Dhira), sedang jatuh cinta. Saya tahu karena ungkapan hatinya ia tuliskan di blog pribadinya [baca disini]. Selain itu, saya juga BBM-an dengannya sehingga saya sudah tahu juga siapa lelaki yang dicintainya. Wajah lelaki itu perpaduan antara wajah saya dan anak lelaki kedua saya, ganteng. Hehehe…

Setelah mengetahui hal itu akhirnya saya menasihati Dhira. Sengaja saya tuliskan nasihatnya disini dengan harapan bisa menginspirasi banyak orang.

Anakku, saat kau jatuh cinta, kau tetap tak boleh pacaran. Biarkan kau tetap terbungkus rapi dan kulit lembutmu hanya boleh disentuh oleh suamimu. Ketahuilah bila kau jatuh cinta dengan seseorang, belum tentu itu jodohmu. Maka tetap mintalah kepada yang Maha Tahu untuk diberi jodoh terbaik bagimu.

Ketahuilah, wanita yang hebat itu yang menyayangi anak-anaknya dan itu dibuktikan dengan mencarikan ayah yg tepat buat anaknya. Ayahmu ini berharap, kau termasuk di dalamnya. Anakku, apa yg kau harapkan belum tentu kau dapatkan. Ingatlah rencana Allah adalah rencana terbaik dibandingkan rencana terbaik seluruh penduduk bumi sekalipun.

Agar kau diberi “pangeran” terbaik tugasmu hanya memantaskan diri dan minta kepada Allah. Semakin kau sering mengadu dan dekat kepada Allah maka Dia akan mengirimkan “pangeran” terbaik untukmu. Jangan ragu, Dialah yang Maha Tahu jodoh terbaikmu. Bila sebelum Subuh kau selalu menangis kepada-Nya, tak mungkin Dia tega memberi “pangeran” yang tak bermutu kepadamu.

Walau kau jatuh cinta, jangan serahkan hatimu kepada lelaki itu, karena boleh jadi menurut Allah dia bukan “pangeranmu”. Tetaplah serahkan hatimu kepada Allah dan setelah Allah kirim “pangeran” kepadamu, baru serahkan hatimu kepada “pangeran” itu. Air matamu di hadapan Allah dan kesabaranmulah yang membuat Allah mengirimkan “pangeran” terbaik untukmu.

Bukti bahwa kau wanita hebat, kau tetap lebih sering mengingat Allah dibandingkan lelaki yang kau jatuh cintai. Bila Allah yang dihatimu, Dia akan kirimkan “pangeran” original kepadamu. Namun bila kau menjauh, Allah akan kirim pangeran KW-3 bahkan mungkin KW-10 kepadamu. Dan itu akan menyiksa hidupmu dan berkuranglah rasa banggaku kepadamu.

Anakku, lelaki yang cocok buat anak-anakmu adalah yang berani datang menemui ayahmu untuk melamarmu dan bukan yang pandai memainkan perasaanmu. Percuma bila ada lelaki yang kau cintai tetapi dia tak punya nyali bertemu dengan ayahmu.

Saat ini ayahmu hanya bisa berdoa agar Allah mengirimkan “pangeran” terbaik untukmu. Dan semoga yang dikirim oleh Allah adalah lelaki yang telah membuat kau jatuh cinta.

Terakhir, Ingatlah selalu kebiasaan di keluarga kita: Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus. Semoga kau menjadi kekasih Allah sehingga kau dikirimi kekasih terbaik menurut Allah dan juga menurutmu. Anakku, bapak percaya padamu dan sepenuh hati mencintaimu…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

154 thoughts on “Nasihat untuk yang Jatuh Cinta”

  1. Setiap anak wajib baca ini.. terlebih anak perempuan.

    Semoga Kakek cepat dapat cucu,, hehe mantu maksudnya..

    SyukrON Kek sudah menginspirasi pagi ini.. ๐Ÿ˜€

    Salam SuksesMulia

      1. saling mendoakan Kek.. ๐Ÿ˜€

  2. Mas Wantik says:

    Subhanallah, seandainya semua org tua mau dan mampu menasihati spt yg Kek Jamil lakukan. Keren abis. Ini bukan hanya nasihat tapi sdh include doa dr org tua yg menjadi perantara anaknya terlahir di dunia ini

    Semoga ALLAH mengabulkan Kek, amiin

    Salam hangat dr SOLO

    http://maswantik.com

    1. Suwun dongone mas

  3. basith says:

    pertama,Eh ternyata yai jamil prnah jg rekreasi ke Bhumi Arema batu ngalam( malang))
    Kedua yai jamil memang sosok bapak yg hebat dan tau kebapakan nya serta tau apa yg terbaik utk putrinya
    Inspirasinya, .smoga saya jg bisa mjd bapak utk anak2. Saya spt yai jamil memahami dan mendidik anak2. Nya

    1. Sampeyan harus lebih baik dibandingkan saya ketika mendidik anak mas, saya masih terus belajar

  4. novirica says:

    Nasihat yang sangatttt manteb buat saya juga. Thanks Pak Jamil.

    1. Hehehehe, sama2 ya

  5. Subhanallah menggugah hati kek :’)

  6. Semoga kak Nadhira dapat jodoh terbaik dariNya ya kek :’)

    1. Aamiin YRA, terima kasih ya

  7. syarah khaerunnisa says:

    bacanya jadi senyumsenyum sendiri. kek Jamil mirip bapakku. hehehe.. waktu (calon) suami sy meminta sy jd istrinya, sy suruh ketemu langsung bapak, dan besoknya dia langsung dateng ke rumah ketemu bapak. 6 bulan setelah itu langsung nikah. alhamdulillah Allah kasih pangeran keren dan soleh. ๐Ÿ™‚ semoga mba dhira segera diberikan pangeran terbaik-Nya. aamiin..

    1. Salam buat suami ya mbak, keren ๐Ÿ™‚

  8. mantap kek..
    Semoga “pangeran” berkuda putih segera datang menemui kek jamil..

    1. Hehehehehe, aamiin YRA

  9. Nasehat yang cocok buat orang tua yang punya anak gadis seperti saya. Thanks mas Jamil atas nasehatnya yang ajan saya sampaikan pula ke anakku.

    1. Salam buat anaknya mas, dari kakeknya, hehehe

  10. princess amanda @holistic_center says:

    hhhmmmh…sosok seorang daddy yg sgt ideal…
    kerON nasehatnya grandpa…

    semoga menginsiprasi banyak orgtua…

    jatuh cinta memang berjuta rasanya…dan itu fitrah manusia…cuma memang harus dikemas dan di manage dgn baik agar tdk menjadi cinta yg merusak diri dan keimanan…
    pacaran yg indah adalah setelah menikah…

    salam suksesmulia…

    1. Saya sekarang hampir setiap hari pacaran sama istri, hehehehe

      1. rania says:

        Alkhamdulillah, saya di lamar suami di minggu ke 3 sejak awal kami jumpa, bulan ke 2 sejak perkenalan kami sudah menikah….
        Sm dg bpk, stlh menikah pacaran terasa lebih indah.

  11. Doa terbaik untuk ananda Nadhira…
    Sebaik bekal yang diberikan sang ayah, sebaik keluarga yang telah mencintai dan menyayanginya, sebaik amal ibadah dan pribadinya, semoga akan dipilihkan jodoh terbaik oleh Allah. Jodoh yang akan menemani kisah hidup ananda Nadhira ke depan, hingga akhir dunia…

    Salam kek buat Nadhira, suksesmulia dalam kehidupan dan jodohnya.

    1. Mas, doakan selalu keponakanmu ya. Siapa tahu doamu lebih manjur daripada doaku. Salam SuksesMulia

  12. putri says:

    Kek, gimana jika saak gadis yang uda terlanjur pacaran? Apa musti diputusin biar si cowok berjuang menemui ayahnya, atau ada cara lain? Gimana dengan cara ini : berusaha yang terbaik untuk berjodoh dengan orang yang saat ini sedang dekat, selebihnya pasrah sama Alloh.
    Saya sangat suka dengan apa yang Kakek sampaikan, tentang ‘memantaskan diri’, tapi saya juga berpikiran, segala sesuatu perlu diusahakan, termasuk hal yang satu ini. Tanpa mengesampingkan Alloh dulu, Alloh lagi, Alloh terus. Gimana Kek kira-kira? ๐Ÿ™‚
    Terimakasih__

    1. Segera minta laki2 itu menikahmu. Bila ternyata waktu nikahmu masih lama lebih baik putusin aza

      1. princess amanda @holistic_center says:

        mantapz dan lugas jwbnnya grandpa…

  13. Eva Martiana says:

    Nangis juga bacanya kakek…. Serasa jadi anak kakek yang lagi dinasehatin,,, makasih ayah jamil, makasih makasih…. Senengnya mba dhira punya ayah kaya kak jamil ini…. tapi aku juga senang udah dapet nasihat pagi2 gini…

    1. Terima kasih anakku, mulai hari ini kau jadi anakku

  14. ami says:

    Huaa, kek jamil luar biasa..
    Jleb deh ๐Ÿ˜€

    Jazakumulloh kek menginspirasi pisan,
    smoga teteh dhira mndapatkan pangeran yg terbaik.. Aamiin allohumma aamiin,

    salam Sukses Mulia!

  15. heri smile says:

    Kek…boleh “Nyadap” suratnya kek…
    buat putri sy yang tercinta nanti…, sekarang sudah beranjak dewasa (SMP kls 8)

    mohon doanya ya guru!

    herismile.com

    1. Dengan senang hati

  16. yuyun says:

    Nangis bacanya…hik..hik..hik..
    Pengen nanti klo jd orang tua spt kek Jamil, jd inget juga gmn ortu saya juga melarang yg namanya pacaran walaupun larangan itu secara implisit…sempet bertnya2 jg knp ortu saya beda sama ortu2 yg lain yg membolehkan dg leluasa anaknya pacaran, pernah terbersit rasa ‘iri’ dan ‘agak’ ngedunel dalam hati dan ternyata inilah maksud setiap ortu yg melarang anaknya pacaran..terima kasih ya Allah krn saya terlahir dari org tua saya

    1. yuyun says:

      Untuk mbak dhira..tetep semangat menjalani hidup..ini adalah kesempatan semakin dkt sama Allah, kesempatan utk merasakan kelezatan iman tiap harinya..yaa saya tau gmn rasanya mengendalikan hati yg sedang galau krn cinta, hanya Allah yg mampu mendekap rasa, serahkan semua pada Sang Maha Cinta krn Dia yg berhak ada di tempat tertinggi di hati kita

      Salam Sukses Mulia

  17. Supriyanto says:

    Pak Ustadz.. Jadi ingin “Ceblok Demen” lagi… nasehat yang “Ceess”. dalam hal cinta Allah memberikan rambu siapa saja yang pantas Untuk kita jatuh cintai.
    Pertama : Cinta Kepada Allah, Kedua : Cinta kepada Rasul, Ketiga : Cinta kita jihad dijalan Allah, Keempat : Cinta kepada Orangtua, Kelima : Cinta kepada Anak-anak, Kita Keenam : Cinta kepada saudara, Ketujuh : Cinta kepada Istri – istri kita Kedelapan : Cinta kepada Keluarga, Kesembilan : Cinta Kepada harta, Kesepuluhn : Cinta kepada Usaha/pekerjaan. Kesebelas : Cinta kepada Rumah Kita.

    1. Terima kasih ilmunya ๐Ÿ™‚

  18. Subhanallah tulisan yg WAJIB bagi ortu yg mempunyai anak menjelang usia siap unt menikah & unt muda-mudi yg mempersiapkan diri unt ke jenjang pernikahan ( termasuk yg komen ini_ hehe ๐Ÿ˜€ )

    Semoga putri kek Jamil mendapatkan pangeran yg terbaik menurut-Nya & begitu jg dgn saya ( ๐Ÿ˜€ ) .
    ฮ›ฮฌmฮฮฯ€ Yฮฌยชยช ล”รตรŸรŸวปl ฤ„lฮฌmฮฮฯ€

    Salam Sukses Mulia_!!!

    @npindh
    เธ‡^โ€ข^เธ‡

  19. Ayumi says:

    Subhanallah, Nasihat seorang Bapak yg Luar Biasa
    tetapi syg ayah sy tdak sprti itu, krna scra tdk lgsg ayah mnyuruh sy pcran dlu. Walau prinsip sy tdk sprti itu.
    doakan sy ya kek, spy sy bs mnjelaskan dgn ayah sy.

    1. Pasti ada sisi positif pada ayahmu, carilah

  20. wening_ati says:

    andai aku jadi mbak nadira… ku kan bilang padamu… “ayah.. boleh aku peluk dirimu yang erat dan lama… agar engkau mendengar gemuruh hatiku yang membuncah karena bangga dan bersyukur memiliki ayah sebaik dirimu.. meski tak terucapkan oleh lisanku…terima kasih Tuhan.. yang telah megirimkan malaikatMU dalam wujud seorang ayah yang begitu bijak dan baik “

    1. Nila Amalina Musry says:

      falling in CRAY TT__TT
      terharu :”

  21. Tulisan yang sangat baik, membuat saya terharu!

  22. andriansyah says:

    Contoh Orang Tua Teladan yang Menjadi Panutan anak-nya….Sangat tepat utk di ikuti,,,

    1. Belum mas, masih belajar

  23. setiadi whe says:

    Smoga dhira segera mendapatkan pangerannya ya kek jamil (ikut2an manggil kek)
    nasihatnya luar biasa sekali…
    salam kenal…

  24. dnur77 says:

    subhanallah…alhamdulillah….

  25. sandi muhammad says:

    kereeeeen kek !!! satuju pisan

  26. Ayah shaquilla says:

    Ijin share tulisannya kek

    1. Dengan senang hati, silakan

  27. fido says:

    hiks..hiks…pingin nangis rasanya… Kek Jamil..doakan saya juga yaaa yang juga pingin segera ketemu jodoh dan menikah seperti mba Dhira…

    1. Langsung didoakan

  28. Mashari al-Senori says:

    Setiap anak pasti selalu membutuhkan perhatian dari orang tuanya, yg bukan hanya menuruti apa kemauannya, tapi juga mengarahkannya kepada jalan yg diridhi-Nya. Semoga sukses dalam mendidik anak2 menjadi para penegak dien-Nya. Amin…

  29. Singgih says:

    Subhanallah nasihatnya…ikut mendoakan mba dhira. semoga nanti sy bisa memberi nasihat serupa bila terjadi pada anak2 perempuan sy.

  30. BisnisBajuYuk says:

    Yesss Aki,sayah mah satuju pisan sama nasehatna Aki. Salam yah ka Neng Dhira nu geulis,semoga nasehat Aki dia jadikan pedoman untuk menghadapi prahara jatuh cinta yang ” berjuta rasanya “, supaya tidak galau… Resep euy ningali poto-potona,meuni kompak jeung layeud,jadi hoyong aya dina poto eta,hehehe…

    1. Hehehe pebisnis centil dan gemesin ๐Ÿ™‚

  31. Nila Amalina Musry says:

    Brasa di nasehati sama orang tua sendiri :”
    “Jaga hati, jaga diri, pengawasan Allah selalu ada”

    tulisannya smoga jadi amal jariyah kek kerON :’D

  32. nita pebriyani says:

    Kek Jamil yg bijak…mengharu biru membaca tulisan kakek..kan kusimpan tulisan ini sebagai bekal buat anak2ku kelak.Terimaksih atas pencerahannya dlm tulisan-tulisannya yg sll inspiratif.Sehat selalu buat kakek dan kluarga..salam buat Dhira.
    *pertama kali nulis comment* ^^

    1. Sering-sering coment ya, hehehe

  33. nuning says:

    Kek..kalo anak kakek yang cowok yang sedang jatuh cinta..please nasehatnya juga dibuat tulisan yaa..proud of you kek..

  34. intanfajriyah says:

    Doakan saya semoga mendapat jodoh yg terbaik yah kek aamiin ๐Ÿ™‚

    1. Langsung didoakan

  35. claudia says:

    ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู :’),selalu iri dengan mereka yg merasakan kasih sayang dr seorang bapak kandung sendiri,tapi tetap bersyukur dapat ibu yg superr tak ada tandingannya:’)

    1. Salam buat ibumu yang hebat, muliakanlah ia dan bahagiakan ibumu

  36. gadies says:

    Assalamualaikum Kek Jamil…
    Subhanallah, tulisan kakek sangat menginspirasi sy. Krn sy jg merasakan apa yg sdg mbak dhira rasakan saat ini “jatuh cinta”. Sy sgt berterima kasih sm kek jamil sdh mau berbagi nasihat utk kami2. Mohon doanya ya Kek, mdh2an Allah sgera mempertemukan sy dg jodoh sy, bgtupun dg Mbak Dhira smoga cpet ktmu dg jodohnya… Amiin Ya Robbal Alamiin ๐Ÿ™‚ #SalamSuksesMulia

    1. Aamiin YRA, langsung didoakan

  37. Situs Banten says:

    Nasihat yang sangat baik dan bermanfaat, tulisan yang bagus

  38. hamid says:

    Subhanallah… Nasihat bagus sekali kek. Saya punya 3 anak perempuan, meski skrg masih kecil2.. Insya Allah nasehat seperti ini akan saya sampaikan ke anak2 saya… Saya share ya kek. Jazakallah Khoir.

  39. Ririe says:

    Ijin share ya Kek… tulisan ini sangat menasihati saya sendiri… Doakan juga, saya dapat pangeran secepatnya… ๐Ÿ™‚

    1. Langsung didoakan

  40. Subhanallaah…
    Kata org inggris mah Amazing oppa. ๐Ÿ˜€

    Bijaak banget daaah.
    Untuk para gadis *catet tuh ๐Ÿ˜‰

  41. kusnadi ikhwani says:

    subhanallah… cakep banget nasehatnya…..semoga dhira dapat pendamping yg sholih

    1. Aamiin YRA, doakan terus ya mas

  42. Mohon doa’anya Kek, ini makjleb banget tapi bener, mohon doa’anya dan saling mendoakan yaa ๐Ÿ˜€

    1. Al fatihah, didoakan

  43. yuti says:

    pas bangeeet,..anak cewek saya juga pas lagi jatuh cinta nih kek, lgs deh yg di tl saya RT buat cewek2 saya. alhamdulillah pesan yg sama, bahwa jatuh cinta adalah rahmat allah, tapi menyikapinya memang tepat bgt seperti nasehat kakek kita yg satu ini.

  44. alfi sofina says:

    Biarpun telat baca, tapi maknanya berasa banget. Serasa diingatkan. Angguk-angguk terus bacanya. Terima kasih Kek.. salam untuk mba Dhira ๐Ÿ™‚

    1. Makasih mbak, sudah lama kita gak jumpa ya? ๐Ÿ™‚

  45. vitri says:

    Subhanallah…, ya allah semoga nasihat ini mnjai hikmah buat saya…, terima kasih bpak jamil….

  46. Anjar Buwono says:

    Walau itu nasehat buat Dhira tapi sangat menginspirasi saya yang juga sudah punya 2 anak gadis.
    Terima kasih Kek….

    1. Sama2 pak, semoga kedua putrinya menjadi wanita sholehah

  47. dini says:

    MasyaAllah.. Pak jamil, makasih nasehatnya.. Blh minta doanya u/ sy jg y…

    1. Langsunag saya doakan

  48. siti nurbaeti says:

    Terimakasih nasihatnya pak,, ayah saya sudah tidak ada, jadi g ada yang menasihati,, mb dhira sangat beruntung pnya ayah seperti bapa.. Nanti saya mau carikan ayah yg baik seperti bapa buat anak2 saya,, hehe

    1. Tugasmu mendoakan bapak yg telah tiada, dan mencari bapak yang baik buat anak2mu

  49. Rudi (WBT#11) says:

    Mohon ijin copas (copy paste) nasehatnya guru untuk pengingat bagi 2 putri kecil kami kelak.

    1. Silakan, pelukin keponakan2ku ya, walau belum kenal ๐Ÿ™‚

  50. miftah fawzy says:

    turut berdoa untuk Nadhira
    semoga pangeran yg dikirim Allah swt untukmu jadi kebanggaan kami juga.
    Bersama meraih kejayaan agama dan bangsa.
    semoga banyak bapak yg tertulari virus ” lukman alhakim ” ala kek jamil.

  51. Kris says:

    Nasehatnya maknyus kek, mengena.
    Tapi sayang, baru tahu sekarang kalo kakek punya anak perempuan ternyata. ๐Ÿ™‚

    1. Hehehehe, anak pertamaku justeru perempuan ๐Ÿ™‚

  52. nashruddin_hz says:

    ini baru Bapak Beneran, klo ada Bapak yg membiarkan anaknya pacaran namanya Bapak Bo’ongan ๐Ÿ™‚

    1. Masih terus belajar mas, doakan ya

  53. asriFit says:

    Nah ini. Ini banget. Saya pernah salah menyikapi arti jatuh cinta. Hingga menyesal begitu dalam. Alhamdulillah sudah move on, sudah menikah dan tau betul bahwa cinta sejati hanyalah pada Ilahi Rabbi ๐Ÿ™‚

    Makasih pak, izin sebar yaaaa ๐Ÿ™‚

    Salam hangat,
    IBU MUDA

    1. Silakan mbak dengan senang hati. Ada salam dari Asa ๐Ÿ™‚

  54. Makasih banyak Kek Jamil. Tulisan bagus banget buat anak saya dan orang tuanya ๐Ÿ™‚

    1. Silakan disebarluaskan pak ๐Ÿ™‚

  55. nani herman says:

    nasehatnya bisa di copas kan mas?,syukrOn sebelumnya ๐Ÿ™‚

    1. Boleh banget silakan, ilmu perlu disebarluaskan

  56. widyantie noerma says:

    Sayang banget aku baru baca. Klo aku tau seblmnya, aku akan smpein dlm seminar tentang bahaya pornografi sm para ortu. krn memang ini yg hrs diucapkan sm smw bpk kpd anak perempuannya. Krn menurut penelitian, ternyata peran bpk itu sangat penting untuk menekan tindakan pornografi dan pelecehan seksual. Diantaranya dengan kata2 sprt yg kakek blg.

    Untuk para bapak, sampaikan hal ini sm anak perempuanmu….

    Mksh kek sdh banyak menginspirasi

    1. Silakan disampaikan di seminar berikutnya ๐Ÿ™‚

  57. Pratiwi says:

    Insyaallah kek Akan sy berikan pd anak-anak sy nasehat sprti itu Kelak. Coba dl ayahku dpt nasehat kek jamil, pasti gak pake’2 pacaran aq kek.. Heee. Insyaallah lg proses memantaskan diri biar dpt pangeran dunia akhirat.

  58. Zakia says:

    Nasihat yang bagus kek, inshaa Allah menambah sayang anak kepada orangtuanya…
    Jadi teringat ayah saya saat menasehati saya dulu, nasehat yang adem dihati ๐Ÿ™‚

    Salam sukses mulia
    @ZakiaNurhadi
    Seorang istri, ibu dari dua balita penyejuk hati

  59. guschan says:

    makasih kek buat tulisannya yang menggugah, jadi nangis bacanya.
    pas banget coz saya baru aja mutusin pacar saya dan berniat menjemput jodoh dengan cara yg lebih baik ga pake pacaran. baca tulisan ini jadi semakin mantap. doain ya kek ๐Ÿ™‚

    1. Wuih keren, insya Allah akan dapat yang jauh lebih baik

  60. Meti Sabarini says:

    Kek… Bagaimana kakek menasehati puteranya kek. Anakku laki-laki dan sedang dalam fase awal hal-hal seperti ini. Sama seperti kakek, saya pun tidak setuju dengan pacaran, tapi kalau hanya melarang tanpa memberi pemahaman pasti tidak akan melekat di hati.
    Mohon share caranya ya kek.

  61. nafisa says:

    Subhanallah, inspiratif sekali.. Smoga Tuhan memberikan jodoh terbaek untukku tanpa harus melalui pacaran. Aamiin..

  62. Linda says:

    seandainya ayah saya seperti anda :'(

  63. Ratna says:

    Subhanallah nasehat yang indah Bapak Jamil, kalo untuk anak laki-laki gimana menasehatinya biar gak pake pacaran dulu… Biar bisa dibaca anak laki-laki saya. Jazakallah khairan katsira.

  64. fikriyadi says:

    sangat inspiratif Pak. terima kasih. salam kenal ๐Ÿ™‚

  65. sita rosalina says:

    enaknya yang punya ayah yang bisa selalu menasehati setiap detik setiap menit dan dimanapun sampai kapan pun. dari umur 9 bulan saya sudah tak pernah ketemu siapa itu AYAH semoga beliau diberikan tempat yang indah disisiNYA. AAMIIN…
    alhamdulillah masih ada IBU yang masih bisa dan selalu mendoakan saya.

  66. Novalia says:

    Pak Jamil, maaf mau tanya donk, foto yg paling bawah itu foto istri dan anak anak bapak? Istri bapak yang mana ya?
    Makasih

  67. Damayanti says:

    Jleb,kata2
    ‘Memantaskan diri’

    Smg mba dhira mendapatkan pangeran impian untuk membangun keluarga samara & membanggakan orangtua,Aamiin..

    Mohon doanya ya pak…

  68. Myd07 says:

    “Biarkan kau tetap terbungkus rapi dan kulit lembutmu hanya boleh disentuh oleh suamimu”

    Gimana nanti kalo calon istri saya udah gak terbungkusa rapi ya pak ? apa saya cari yang rapi aja atau bisa saya rapihin calon saya ? Mohon jawabanya ya pak *Nuhunnnn

  69. Ahmad Dahlan says:

    ahh,,jadi terharu baca tulisan ini…mdh2an bisa belaajr jadi seorang ayah yang bijak seperti kakek jamil

  70. rini anggraeni says:

    Terharu…hiks,hiks,hiks semoga makin banyak bapak2,suami2,pangeran2 yang memuliakan anak2, dan istri2 nya…aamiin YRA; sebar luaskan ya kek.. (Merasakan banged petuah seorang kakek)

  71. yenny says:

    Bagaimana jika ada seorang laki2 yang berani datang ke ayah kita tapi tdk direstui oleh ortunya sendiri hanya karena bukan pilihan sang ibu…masih maukah ayah kita sendiri menerima pinangan lelaki tersebut?

  72. pudja says:

    selalu terharu baca tulisan kek yang satu ini ๐Ÿ™
    kangen ayah…. doakan biar diteguhkan hatinya ya kek untuk menjaga apa yg sudah menjadi ketetapanNya
    ijin share….

  73. Juanda Wahyuni says:

    Assalamualaikum.wr.wb
    Membaca artikel ini hanya merasa malu. Malu karena pernah memberikan kasih kepada oranglain dan tidak menunggu titipan Allah. Namun, saya berharap sejak 5 tahun lalu sampai benar akan ada waktu beristiqamah menunggu hadiah dari Allah.

  74. azacky says:

    syukron. ana benar2 terinspirasi dengan tulisan anda. dan kalo boleh ijinkan saya mengsharingkannya,

  75. Ririn Asdiana Yusuf says:

    Makasih pak atas nasehatnya,,
    Saya merasa ayah saya yg langsung menasehati saya melalui tulisan bapak ini,, izin share yah pak,, ๐Ÿ™‚

  76. amelia says:

    Terimakasih atas postingan blognya. :’)
    Saya jadi sedih, karena saya tidak punya ayah, sehingga postingan Bapak serasa dari Ayah saya sendiri. Seandainya saya punya ayah, bisa jadi saya lebih teguh hatinya dari hari ini.
    Saya pernah jatuh cinta, dan kebetulan yang saya suka pun juga suka saya. Tapi respon saya salah, saya tidak menolak untuk diajak berbincang bincang baik dengan telpon maupun sms walaupun sama sekali tidak ada status pacaran. Saya lama lama jadi ketergantungan. Saya selalu merasa bersalah setiap kali terbawa pikiran, setiap kali berbincang, setiap kali bertemu. Saya tahu saya tidak seharusnya berbuat begini, namun setan lebih pintar dan cerdik dari saya.
    Akhirnya Allah memberikan jalan kepada saya untuk menghentikan semuanya dengan memisahkan saya secara ‘paksa’ dengan orang yang bersangkutan melalui ibu saya dan ibunya karena suatu masalah. Walaupun saya sedih sekali, tapi di sisi lain saya bersyukur. Bersyukur karena dihindarkan dari dosa yang bisa jadi lebih mengerikan lagi akibatnya.
    Sekarang saya hanya bisa berdoa untuk meminta yang terbaik bagi saya.
    Saya juga mohon doanya :’)
    Terimakasih sekali postingannya, terimakasih telah menjadi Ayah bagi saya walaupun hanya sekilas.
    Salam.

    1. aAzrAn says:

      Ermmmm…ada hikmah semua ini…xusah lari2 lg…abg ada(“,)

  77. ningrum says:

    kek, (gak tau knp pada manggil kakek–ikut2an aja hehe), gimana kalau si anak udah yatim-piatu? ada kakak dan suaminya, tapi tidak selalu standby di rumah. kalau mau ajak laki-laki datang ke rumah untuk bertemu kakak2nya, bagaimana? tapi kebanyakan, teman laki2 yang sudah tau bahwa si perempuan sudah tidak berayah-ibu, mundur teratur. menurut kakek Jamil gimana? mohon dibalas ke email saya ya. terima kasih ^_^

  78. Yulia says:

    Nasehat buat anak cowok yg sdng jatuh cinta nya mana kek? Bikin juga dong ๐Ÿ˜‰
    Buat bekal juga sbg orangtua yg punya anak cowok.

  79. Raka says:

    om, kalo saya yang udah pacaran, trus harus gmn om?

  80. Nurul says:

    Nasehat yang sangat menyentuh

  81. mama zeeya says:

    ini yg sy harapkan… walaupun putri sy msh kecil tp srg kepikiran bgmn nanti klw dia masuk k masa ini. sgt membantu, jd bekal kelak utk gadis kecil sy. Trimakasih….

  82. Maa Sya’ Allaah, sungguh nasihat yang penuh hikmah.
    Izin share Pak.. jazaakallaahu khayr..

  83. desy says:

    menenangkan sekali tulisannya kek,penuh dgn nasihat.serasa sprti lg d nasehatin langsung..

  84. Irham Ahmad Yusron says:

    Subhanallah, kereen banget pak..
    Gak harus cewek yang baca, tapi cowok pun juga harus baca agar bisa memantaskan diri agar menjadi yang terbaik kelak.
    Jakallah khoiron kastir ^o^

  85. Bacanya seperti mendengarkan nasehat dari ayahku..
    Sangat menyejukkan,,terima kasih banyak sangat menginspirasi.. ๐Ÿ™‚

    Mohon izin,mengganti panggilanku dari kakek menjadi babeh,,
    Hehehehe

  86. saifurroyya says:

    Nasihat yang menyejukkan buat hati yang masih galau dengan pilihannya dan masih belum menemukan tambatan hatinya. Nasihat yang menarik dan sangat mendidik

  87. naftal says:

    wah keren banget! menginspirasi saya yang masih single ๐Ÿ™‚

  88. herawat thahir says:

    Bijak sekali grandpa….Smga dhira mendptkan pangeran pilihan Allah..walaipun anak2ku msh kecil….nasehat granPa..akan ku ingat sll utk 3 bidadariku….jzkmlah khoir….

  89. ita @EnnyRahmita says:

    Selalu kerON deh tulisan Kek Jamil, apalagi doanya buat kak Dhira ini .. bahagianya dapet doa luar biasa ini dari Bapakeeee ..
    Kek, nyontek doa utk anak cowok donggg .. kan anakku cowok dua2nya hehehehe .. :))

  90. Mutia says:

    Nasehat kakek ingatkan sy dg alm bapak… makasih kek…

  91. Ayat setiawan says:

    Untuk Dhira Mudah”an bisa ditemukan dengan Jodoh yang terbaik, yang bisa menjadi imam
    dan panutan untuk keluarga, bangsa dan negeara, terutama untuk anak-anaknya,
    untuk orang tua yang luar biasa mudah”an di berikan mantu yang tentunya diinginkan oleh Tiap-tiap orang tua

  92. Naretha Gumay says:

    Subhanallah……. ๐Ÿ™

  93. Naretha Gumay says:

    Subhanallah………. ๐Ÿ™ #awesome

  94. Anwar Parojai says:

    Subhanallah pengen nangis baca ini.
    Membayangkan punya ayah sebijak kakek.

    Semoga adik Nadhira mendapakan yang terbaik dari Allah. ” Wanita yang baik hanya untuk lelaki yang baik” (An Nur 26)
    Trimakasih guru
    Dari Depan Multazam kirim Doa buat kek Jamil semoga semakin banyak membawa manfaat buat segenap umat Manusia
    Salam SuksesMulia
    dari muridmu yang sedang menunaikan Ibadah Haji

  95. Frizna Aditya says:

    Akan kutunngu bidadati itu karena Allah SWT

  96. Ikey says:

    Bravo pak jamil azzaini. Semga tulisannya jadi amal jariah^^

  97. tri hartanto says:

    subhanallah…

    kedalaman Visi kek Jamil, terpancar dari nasehat dan doanya kepada putrinya ๐Ÿ™‚

  98. Annas says:

    terima kasih untuk tulisan dan nasihat di dalamnya. saya adlah seorang anak yang sangat pemalu untuk menceritakan perasaan saya kepada orang tua saya. tapi melalui tulisan ini saya mendapatkan nasihat yang berharga tanpa harus mengungkapkannya kepada orang tua saya.

  99. Muhamad Hanafi says:

    Pengen nangis, serasa kalau calon “pangeran”nya itu Saya hahaha.

  100. ade riska says:

    assalamu’alikum pak.
    sya mau tanya. Tmn sya sudah dilamar tpi mash 1 thun lgi nikahnya. apakah boleh berhub lwt telp scra rutin dan membicarakan bgmn kedpnnya dlm pernikahan?? Karena dari crta dia sudah berlebihan ngbrol nya mnrt sya..
    terima kasih pak
    wassalamu’alikum

  101. aAzrAn says:

    Baca tapi xfaham xada guna…ilmu ALLAH itu bekalan dunia,jika tetap menggunakan penipuan dlm merahsiakan sesuatu tetap dikira salah…siapa kita utk menghalang diri dr masalah?yg penting ikut semua kebaikan yg dituntut dan bersedia menghadapi masalah yg akan datang…kerana bagi saya zaman ini perempuan byk menggunakan penipuan…xguna,ini dunia ada tuan nya iaitu ALLAH…(pesanan ini dari saudara2 mu dari malaysia…wira2bumimalaysia)

  102. Nadya says:

    selalu baca ini kek kalo lagi jatuh cinta

  103. Haqqi Nasution says:

    Luar biasa. Jd motivasi tersendiri. Lbih smngat lagi.. Terima kasih Pak.

  104. Nur rahmaniah says:

    Alhamdulilah, bersyukur masih ada org tua yang sangad peduli terhadap anaknya, turut menjaga kesuciannya, terimakasih nasihat ini, moga ilmu berkah dan makin bermanfaat amiin

  105. Liacornelia says:

    subhanaallah bkn nangs ๐Ÿ™‚

  106. Anonymous says:

    Aku suka dg tulisan nya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.