Nasehat Sederhana

Firman Mukti“Hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan”
 
Kalimat di atas tentu sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari , namun apa maksudnya yaa?
 
Saat mendengar kalimat tersebut ada beberapa hal yang saya pikirkan…
 
Pertama, hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan karena memang kita kurang berusaha untuk mendapatkannya, ekspektasi , harapan-harapan kita terlalu tinggi , berbanding terbalik dengan tindakan kita. Contohnya, dulu ketika SMA saya ingin sekali masuk fakultas FMIPA di universitas favorit, namun gagal, dan memang dulu saya terlalu santai, kurang berusaha, merasa sudah bisa mungkin, akibatnya yaa gagal.
 
Kedua, hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan karena memang masih ada sesuatu yang salah. Maksudnya begini, setiap tujuan pasti dimulai dari langkah pertama, sampai dengan langkah yang terakhir hingga tepat di tujuan. Jadi setiap tujuan pasti terpecah menjadi beberapa step, beberapa langkah yang harus dilalui. Kalau kita tidak tiba di tujuan , berarti ada langkah-langkah kita yang kurang benar, masih ada sesuatu yang salah. Intinya sih, kita kurang ilmu nya untuk mencapai tujuan kita itu, padahal segala sesuatunya pasti ada ilmunya.
 
Ketiga, hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan karena kita hidup di dunia tidak sendiri. Jadi begini, setiap orang punya anugrah kehendak bebas dalam dirinya masing-masing, yang artinya tiap orang bebas memilih apa yang akan dilakukannya, dan kita tidak bisa mengendalikannya, satu-satunya yang dapat kita kendalikan adalah diri kita masing-masing.
Lalu hubungannya ?
Ya itu, kebanyakan tujuan pasti tidak mungkin kita capai sendiri, pasti melibatkan, membutuhkan bantuan orang lain. Kita hidup berkolaborasi dan bekerja sama. Saling support.
 
Keempat, hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan mungkin karena kita belum siap menerima apa yang kita inginkan. Jadi singkatnya kalau kata bang tere liye begini “Kalau kita tidak bersyukur atas hal-hal kecil, maka bagaimana kita bisa menjamin akan bersyukur hal-hal yang besar? Boleh jadi itulah kenapa hal-hal besar itu tidak mendekat”.
 
Kelima, hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan karena memang itu sudah ketentuan Tuhan. Tuhan tau yang terbaik untuk kita.Kenapa? Jawaban sementara saya saat ini dengan pemahaman saya yang terbatas mungkin begini,kadang kita justru tau pemahaman hidup, kesadaran akan hidup justru dari hal-hal yang tidak kita inginkan, dan pemahaman hidup itulah hal yang sangat mahal harganya, pemahaman hidup itulah yang membuat kita menjadi manusia lebih bernilai, yang lebih bermanfaat,mungkin begitu sih.bagaimana menurut kalian?
 
Ya, jadi itu beberapa hal yang saya pikirkan. Lalu bagaimana sikap kita kalau “hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan”??
 
Tidak usah jauh2 mencari jawabannya, saran saya sih ingat-ingat saja pesan orang tua kita, karena menurut saya orangtua pasti sudah berpengalaman akan hal-hal begini. Kalau nasihat orang tua saya sih seperti ini biasanya dengan logat bahasa jawa,hhe, “Sing sabaar lee, yo syukuri ae to lee, yoo wiis sing legowo to lee, mengko awakmu onok dalan gawe awakmu.” ( Yang sabar ya Nak, diterima dulu aja ya. Disitu pasti banyak hikmahnya)
 
Ya mungkin hanya itu intinya, sabar aja, syukuri aja, dan legowo (terima aja dengan ikhlas). Dan kalau bisa seperti itu, rasanya sih tidak ada lagi istilah “hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan”
 
Tapi eksekusi memang tidak semudah ucapan ,semaangaaatt!!
 
 
Tulisan dikirim oleh Firman Fakhri

Bagikan:

10 thoughts on “Nasehat Sederhana”

  1. Yuniarti Fazri says:

    Mantap nih.
    Tadi pagi dapat wejangan dari mbak tentang kesuksesan.
    contohnya ketika punya usaha terkadang orang merasa kendala utama modal
    padahal kendala utama adalah niat dan usaha
    niat nggak kuat, usaha pas-pasan mana bisa sukses.
    kata mbak yang ada saja dikerjakan nggak usah mikir yang nggak ada.
    Sebenarnya semua itu mudah hanya kita yang suka membuat sulit.
    Pengen sukses yaa usaha, kalo nggak mau yaa santai saja.
    Relevan intinya.
    jika sudah usaha yaa tinggal tawakal… dari poin kelima
    makin paham setelah baca artikel ini.
    matur nuwun sanget.

  2. Jamil says:

    Hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan, tapi yang pasti hidup akan selalu seperti yang sedang kita alami 🙂

    1. Waduh ini namanya sama dengan saya, hehehehe

      1. tak pikir jeruk comment ke jeruk hehehe…

  3. princess amanda @holistic_center says:

    hidup kadang tidak seperti yg qt inginkan…yg penting qt sudah melakukan yg terbaik dengan kerja keras dan sungguh2..hasilnya Allah yg menentukan…ikhtiar kerja keras..kerja cerdas dan kerja ikhlas…#mengutip kata2 gurunda JamilAzzaini
    nice article n inspiring…

    salam SuksesMulia

  4. Hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan, tapi menulis impian boleh kan??
    hehehehe

  5. andriansyah says:

    hidup kadang tidak selalu seperti yang kita inginkan, tapi keinginan membuat kita hidup…

  6. BisnisBajuYuk says:

    “… Syukuri apa yang ada,hidup adalah anugrah.
    Tetap jalani hidup ini,melakukan yang terbaik…” mengutip D’Masiv

  7. Ramon says:

    Allah memberi yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan .
    Karena Dia Yang Maha Mengetahui dan Maha Penyayang .

  8. yang baik buat kita belum tentu baik bagi-Nya dan yang buruk bagi kita, belum tentu itu buruk di hadapan-Nya…kerON tulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.