Nama itu Doa

Memberi nama bukan hanya sekadar mencari kata yang indah diucapkan dan didengarkan. Nama itu juga doa. Maka jangan sembarangan memberi nama kepada anak Anda. Sebab bila salah, bisa menjadi bahan olok-olokan bahkan mencelakakan di kemudian hari.

Alkisah, ada seorang yang bernama Lelu. Setelah tua dia tentu dipanggil Pak Lelu, istrinya dipanggil Bu Lelu. Mereka dikarunia dua orang anak. Anak yang pertama bernama Turasman, kependekan dari metu, waras dan aman. Mengapa diberi nama Turasman? Karena saat melahirkannya sangat mudah (metu), bayinya sehat (waras) dan finansialnya cukup (aman), jadilah ia Turasman.

Anak yang kedua diberi nama Ribut. Karena saat melahirkan, suami-istri ini sedang cekcok alias ribut.

Setelah besar, Ribut diminta ibunya pergi ke pasar untuk membeli bawang merah dan daging sapi. Karena sudah beberapa jam tidak pulang ibunya meminta Turasman untuk menyusul ke pasar.

Di tengah perjalanan, Turasman ketemu dengan preman Betawi yang sudah taubat. Dengan lembut preman itu bertanya, “Perasaan gue kenal kamu, deh. Siapa nama bapakmu?” Dengan tegas dan keras Turasman menjawab, “Pak Lelu!” Mendengar jawaban itu, Turasman di hajar sampai babak belur karena “palelu” itu ucapan atau umpatan yang sangat kasar [artinya, kepala kamu] di kampung itu.

Turasman melanjutkan perjalanan menuju pasar untuk mencari adiknya. Di tengah jalan, dia ketemu anak albino yang selama ini sering diejek dengan sebutan bule. Bila dipanggil bule, lelaki ini akan sangat marah. Saat bertemu Turasman ia bertanya, “Perasaan saya tahu kamu, deh. Siapa nama ibumu?” Dengan cepat dan keras Turasman menjawab, “Bu Lelu!” Karena tersinggung anak albino itu pun menghajar Turasman.

Dengan badan yang babak belur Turasman terus melanjutkan ke pasar untuk mencari adiknya. Sesampainya di pasar, para pedagang menyapa, “Kamu ngapain badan babak belur begini ke pasar?” Dengan suara keras Turasman menjawab, “Mau nyari Ribut.” Mendengar jawaban itu, para pedagang pun marah. Maka dihajarlah Turasman ramai-ramai oleh para pedagang.

Siapa nama Anda? Apakah berpeluang mengundang keributan dan bisa menyebabkan babak belur? Semoga tidak. Hehehe…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


TBC


Bagikan:

31 thoughts on “Nama itu Doa”

  1. nikmah says:

    hihi…kasihan turasman didoain waras,malah jadi babak belur…
    Pagi2 dah d bikin senyum 🙂

  2. Hendy Prima says:

    hahaha. nah ini bang gw ngakak baca tulisan abang, singkat, padat mengena, klo pake k juga ndak enak juga di dengar, di tanya apa jawabnya apa, “Paklek lu?”

  3. mhd husni tarigan says:

    Hahahha…… Alhamdulillah ayah dan ibu saya memberi nama yg baik

    1. Sip dan berterima kasihlah

  4. imanudin says:

    sambil ngopi baca artikel Kek Jamil… Kek! berarti yang salah duluan kakeknya ya… kaya nama Tin atau Titin biar prihatin ahirnya hidupnya prihatin terus, lalu ketemu Pak Harto jadi Tin Soeharto biar prihatin banyak harta… atau kebalikannya biar banyak harta hidupnya tetap prihatin .. he.. he..

  5. wandy says:

    Apes bener kek, hehe

  6. sri utami says:

    Allhamdulilah orang tua saya memberi nama bkn slh satu dr nama tersebut kek,he he

  7. jumat, inspiratif about Name””

  8. hayoo, segera dicek namanya masing2

  9. GIAN says:

    namaku “..”

    jadi kalau sudah jadi bapak2, aku selalu di panggil pagi hari terus, hikz. gak siang gak malam.

    1. Selamat pagi, heheheh

  10. esti sugiyani says:

    pagi2 dah dapet cerita yang menggelitik …. bikin gak ngantuk

  11. ahmad mutaqin habibi says:

    terima kasih mbahh …simple tp mengena

  12. hendri says:

    Ayahanda..3 hari yang lalu sy ada kirim email, please feedbacknya yah..ditunggu!

    Salam dari Balikpapan

  13. Ano says:

    Aduh, bener juga nih.
    Kalau namaku ‘Sutrisno’.
    Sy punya paman namanya di kasih ‘Ribut’.
    Kata bpk ku dulunya pas lahir ada angin ribut.
    Bener juga, pamanku jd suka ribut ama sodaranya.

  14. Ruliyani says:

    Dari kecil papaku bilang, namaku diambil dari “Rule” aturan.. tapi memang.. sekarang aku memandang hidup harus selalu ada “aturan”nya.. semua harus teratur..

    paling sukaaa sama arti nama anakku (dulu infonya dari google, ntah tepat apa ngga, Yakin aja :D) :
    Alian Fakhruarifin
    artinya,
    ” Alian: Orang yang ucapannya selalu masuk akal
    dan
    Fakhruarifin: orang yang diberi kemegahan karena selalu bersyukur”

    Aamiin Ya Rabbal Alamiin..

  15. rahayu sanusi says:

    Tetangga saya anaknya dikasih nama Boban, menurut org tuanya artinya bocah bandel,, padahal awalnya mgkn cuma becanda, karna waktu itu mereka terinspirasi dari nama pemain bola klu tdk salah dari kroasia, Zvonimir Boban,, Dan sesuai namanya, ini anak tumbuh jadi anak bandel,,

  16. eljegebe says:

    MmMZ.., Jadi pengen senyum Kek, tapi udah terlanjur ngakak duluan 😀 Ups, Nice :))

  17. Ian Karpan says:

    Benar, Saya merasakan nama saya menjadi doa bagi perjalana hidup 🙂

  18. de cipia says:

    “Mau nyari Ribut!”. Kalimat ini yg paling kocak. kebayang wajah polos setengah memelas eh tapi bikin orang sewot lalu dihajar. ccckckkck

  19. fauzan says:

    Hahahaha….
    Mksih om Jamil dh wt saya terpingkal” bahagia 🙂

  20. vue says:

    🙂 inspiratif kek, kebetulan saya skg sedang hamil 8 bulan…dan insyaalloh sudah menyiapkan nama yang terbaik untuk anak laki-laki kami…namanya insyaalloh rafif kek, semoga kelak seperti artinya memiliki akhlak yang baik..amiin^ ^

  21. vina says:

    ngakak2 baca ini kek… kasian turasman sama ribut..

  22. ina muslihah says:

    baca artikel yang sebelum nya ( cinta itu perlu bukti dan tiga permintan)..membuat saya jadi cengeng../menangis.. baca artikel ini malahh ketawa..
    terima kasih pak..atas artikelnya…
    🙂

  23. tipstriksib says:

    hahaha,,, lucu bener!!

  24. Untung plesetan nama saya karena efek roaming bahasa jawa masih berarti “BAIK alias peni” 😀

  25. nadia prasidyawati says:

    Aahahahahaha…. asli lucu kek… mood booster di pagi hari
    Nuwuns 😀

  26. pudjaku says:

    hhe.. aya-aya wae kek 🙂

  27. SEO Anyaran says:

    Iya saya percaya dengan istilah Nama adalah Doa. Karena orang tua sudah mencarikan sebaik mungkin demi kebaikan bayi kedepannya

  28. Bener sekali nama itu adalah doa, makanya ketika ada penyanyi yang membawakan lagu dengan lirik negativ kebanyakan akan terjadi pada kehidupannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.