Nama Itu Doa

just-relaks.jpg

Pekan ini, dua sahabat saya yaitu Teuku Wisnu (artis) dan Ahmad Fuadi (penulis) sama-sama dikarunia anak laki-laki. Bang Teuku Wisnu sudah mantap dengan nama anaknya, Teuku Adam Al Fatih. Sementara sampai saya menulis tulisan ini, Uda Fuadi belum menemukan nama anaknya. Rupanya penulis juga bisa kesulitan ide. Hehehehe… Selamat Bang Inu juga Uda Fuadi.

Nama itu doa, dan dari namanya kita tahu apa harapan orang tuanya terhadap anaknya. Orang Jawa yang sudah mulai meninggalkan budayanya terlihat saat ia memberi nama anaknya. Sebagai contoh, orang tua yang ingin anaknya ahli memecahkan masalah akan diberi nama Sukarman. Sedangkan orang tua yang ingin anaknya saat ujian lancar dan tidak pernah di-her (remedial) nama anaknya jadi Herman. Bila orang tuanya berharap anaknya menjadi pecinta mobil, nama anaknya jadi Karman.

Dikisahkan, seorang suami sedang bingung memberi nama anak pertamanya yang lahir di rumah sakit bersalin. Ia ingin anaknya kelak menjadi host di televisi, pintar bertanya seperti Andi F Noya. Lantas sang ayah baru ini memutar otak, bagaimana agar impiannya itu tercapai. “Bertanya dalam bahasa Ingris itu Ask, anak laki-laki itu man. Maka aku ingin memberi nama anakku Asman,” bisiknya dalam hati.

Namun bila hanya satu kata kurang keren. Harus ada tambahannya yang juga merupakan doa bagi anaknya. Saat ia kebingungan tiba-tiba dia melihat ada tulisan “dilarang merokok”. Seketika itu ia berkata, “Yes! Anakku nanti adalah anak yang pandai bertanya dan tidak merokok dimanapun, maka akan aku beri nama ia Asman No Smoking Area.” Hehehe, jangan ditiru ya…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

19 thoughts on “Nama Itu Doa”

  1. cahayu triartika says:

    hehee.. pagi2 udah ketawa.alhamdulillah..
    betul kek, nama adalah doa.seperti nama yg diberikan orang tua saya, meskipun bukan dari bahasa arab tapi insyAllah penuh dg doa yg baik.heee 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Amin, saya ikut mendoakan untuk namamu ya

  2. @andihakim31 says:

    Asiiik..sarapan lezat menu “nama adalah do’a”. Pagi2 udah senyum2 nih gegara tulisan babeh, salam kangen beh!
    Pantun ya beh:
    Pergi haji wukuf di Arofah
    Pulangnya beli kurma
    Nama anak itu sebuah do’a
    Agar kelak SuksesMulia

    1. Jamil Azzaini says:

      Wuih pantunnya mahasiswa S-2 IPB, ditunggu ke rumah ya

  3. ali samsudin says:

    paiman tenan… he he he. yang anaknya pingin jadi kasir

  4. diniSumaryanti says:

    Hehehe

  5. Dian Septiani says:

    Selamat pagi kek, saya setuju banget sama tulisan kakek pagi ini.. setiap orang tua pasti menginginkan nama yg terbaik untuk anak2nya agar nama itu sesuai dengan karakter anak2nya kelak. Tapi bagaimana menurut kakek, dengan nama belakang atau nama panggilan yg diganti ketika mreka sudah dewasa, Yah contohnya nama2 artis sekarang. Terimakasih kek.

  6. Jussie says:

    Guru: namanya siapa?
    Murid: Taufik bu
    Guru: nama panjangnya?
    Murid: Wabilahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

    hehehehe

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehe3x, apa kabar mbak?

  7. suratinah says:

    kalau orang tua saya Jawa Banget pak..nama saya suratinah..persis nama nenek saya yang umurnya 80 tahun. katanya karena saya lahir dibulan Muharam ( jawanya bulan Sura). Pernah atasan saya tanya apa artinya eh mereka nebaknya karena dulu waktu pacaran orang tua saya hoby surat-suratan..wkwkwkwk

    #salam sukses mulia…

    1. Jamil Azzaini says:

      Hayo kirim surat buat orang tuanya 🙂

  8. ITA MAYA SARI says:

    Pak Jamillllll…. tggu saya ya tanggal 20 September 2014 , ingin melihat batang Hidung bapak 🙂

    yeyeyyeye bisa ketemuu langsungggggggggggggg #salam sukses mulia

  9. ITA MAYA SARI says:

    nama saya , pahit banget pak ,, diberikan ortu ?? masa’ hny karena ibu ngidam ATI AYAM gak kesampean malah anaknya lahir di beri nama ITA MAYA..
    itu nama terisnpirasi dari ATI AYAM dibalik jadi ITA MAYA :'(

    semoga khdpn q gak sepahit ATI AYAM deh pak . . . . .

    amindd dong pak !

    1. Jamil Azzaini says:

      Hahaha, seru juga ya

    2. Ora Dadi Opo says:

      Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ..

  10. Sidik says:

    Nama adalah doa….aku percaya itu kek !!!!!
    Moga anakku seperti namanya.

  11. Event Jogja Dot Com says:

    semoga bung asman kelak benar2 ga pernah merokok ^^

  12. Ruslan says:

    wkwkwkwk penghilang wejangan hangat…
    saya ngerti kenapa orang tua Bapak ngasih nama Jamil..
    karena pengen anaknya ganteng..
    heheheh :V

  13. Moh. Anang Hermansyah says:

    Wah nama saya dbwa2 ni kek jamil hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.