Motor Mabur

Share this
  • 145
  •  
  •  
  •  
  •  
    145
    Shares

Saat kecil dulu saya pernah tinggal di tengah hutan di Lampung. Setiap pagi, kurang lebih pukul 07.15, ada pesawat yang lewat di atas rumah. Begitu terdengar suara pesawat saya akan mencari tempat terbuka dan berteriak-teriak, “Aku melu… Aku melu…” Artinya, saya ikut… saya ikut…”

Biasanya bapak saya akan menghampiri, “Nanti kalau besar, kamu akan sering naik motor mabur alias pesawat terbang.” Mendengar ucapan bapak biasanya saya cuma tersenyum sembari membayangkan, “Naik pesawat itu duduknya menghadap samping atau ke depan ya? Tempat duduknya empuk gak ya?”

Pagi ini di Novotel Hotel Balikpapan saya teringat ucapan bapak saya: Nanti kalau besar, kamu akan sering naik motor mabur. Perjalanan tahun 2013 baru setengahnya tetapi saya sudah naik pesawat terbang lebih dari 100 kali tahun ini. Pergi ke berbagai propinsi dan beberapa negara untuk memberikan seminar atau training.

Ternyata, sesuatu yang sering kita lihat, saksikan, dengarkan dan inginkan saat kecil banyak yang menjadi kenyataan di masa tua. Bila seorang anak sering melihat orang tuanya bertengkar maka saat berumah tangga iapun berpeluang besar melakukan hal yang sama. Begitupula bila seorang anak setiap hari berjam-jam di depan televisi maka apa yang ia saksikan akan menjadi gaya hidupnya saat ia dewasa.

Saat ini anak-anak sekolah sedang liburan, bila kita hanya mengajarkan pergi ke tempat wisata maka yang tertanam di pikiran dan hati anak adalah liburan itu wisata dan bersenang-senang. Cobalah buat sesuatu yang berbeda yang lebih banyak memberi manfaat dan tidak menghambur-hambirkan uang.

Oprah Winfrey pernah melakukan riset, uang yang biasa dihabiskan untuk berlibur kemudian digantikan dengan diberikan kepada orang yang memerlukan. Ternyata, saat dikumpulkan dan ditanya mana yang lebih membahagiakan menghabiskan uang untuk berlibur atau saat memberikan kepada yang memerlukan? Mereka semua menjawab lebih bahagia saat uang itu dihabiskan untuk diberikan kepada orang lain yang memerlukan.

Baca Juga  Nasihat

Liburan lebih baik diisi dengan menyiapkan mental anak-anak agar kelak ia bisa “mabur” (pergi) kemanapun mengejar impiannya dan berbagi manfaat. Setuju?

Salah satu alternatif kegiatan mengisi liburan adalah mengikuti “ON for Teens” di Surabaya, 5-7 Juli 2013. Tertarik? Segera hubungi 0878-533-688-52

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


seminarONparenting



Share this
  • 145
  •  
  •  
  •  
  •  
    145
    Shares

18 comments On Motor Mabur

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer