Mitos Yang Menjebak Leader

Mitos-Yang-Menjebak-Leader.jpg

Salah satu tugas seorang leader adalah menginspirasi dan memotivasi anggota timnya agar kinerjanya terus meningkat, bertumbuh, berlomba dalam kebaikan dan mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan. Nah, banyak leader yang keliru dalam memotivasi dan menginspirasi anggota timnya. Mereka terjebak dalam mitos-mitos yang ada.

Menurut McNamara (2005) ada tiga mitos yang sering menjebak para leader saat memotivasi anggota timnya. Pertama, uang adalah motivator terbaik. Sehingga saat mereka memotivasi anggota timnya, sang leader selalu menyampaikan bonus, komisi, fee yang akan diterima mereka bila target tercapai atau pekerjaan mereka baik. Benarkah uang motivator terbaik? Ternyata jawabannya, TIDAK selalu.

Motivasi seseorang melakukan sesuatu ternyata tidak selalu uang, tetapi ada karena value, lingkungan, kepedulian dan tanggungjawab yang ada pada dirinya. Bahkan, memotivasi dengan “mendewakan” uang justeru bisa merusak mental anggota tim menjadi mental yang sangat traksaksional dan menyulitkan saat diajak untuk melakukan transformasi dan memunculkan kreativitas.

Kedua, sebagai pemimpin sayalah motivator mereka. TIDAK. Motivator terbaik adalah diri mereka sendiri, tugas pemimpin memunculkan pemicu agar mereka tergerak dengan sendirinya. Bisa dengan mengajukan pertanyaan, memberikan tantangan, inspirasi dan hal-hal lain yang bisa menyentuh hot button mereka. Begitu karyawan tergerak atas kesadaran sendiri, saat itulah energinya begitu tinggi dan kontribusi bagi tim akan semakin besar.

Ketiga, ketakutan adalah motivator yang dahsyat. Saya pun mengataka TIDAK, Anda keliru. Pemimpin perlu menghindari anggota timnya terintimidasi. Sebab saat mereka terintimidasi, yang terjadi tiga kemungkina, lawan, diam atau lari. Memang boleh jadi anggota tim termotivasi saat Anda memberikan ancaman. Tetapi percayalah, itu hanya sementara dan tidak bertahan lama.

So, seorang leader yang ingin menjadi sumber inspirasi dan motivator bagi anggota timnya tidak boleh terjebak ke dalam tiga mitos tersebut di atas.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

2 thoughts on “Mitos Yang Menjebak Leader”

  1. Anonymous says:

    Apakah ini bisa diterapkan dalam mendidik anak?

  2. mahfudz says:

    Apakah bisa diterapkan untuk mendidik anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.