Mental Seorang Leader

Mental-Seorang-Leader.jpg

Kemarin saya harus menempuh perjalanan Bogor-Bandung selama tujuh jam. Pukul 13.00-16.45 saya memberikan training lanjutan untuk para pimpinan Biofarma. Pukul 17-19 saya bertemu dengan Dede Abdul Khoir dan keluarganya dan 19.30-21.30 saya berjumpa dengan para owner dan pimpinan Warunk Upnormal. Saya baru tiba di Jakarta pukul 01.20 dinihari tadi.

Sungguh perjalanan saya ke Bandung kemarin menambah banyak pelajaran hidup kepada saya. Meski berangkat ke Bandung dan pulang ke Jakarta harus berjuang melawan kemacetan, saya sangat bersyukur bisa ke Bandung dan bertemu dengan orang-orang bermental leader. Ketiga kelompok orang yang saya temui memiliki profesi yang berbeda, kesamaannya adalah mereka semuanya termasuk leader terbaik di profesi mereka masing-masing.

Dari obrolan dan diskusi dengan mereka, saya bisa memetik pelajaran bahwa para leader yang hebat itu memiliki beberapa ciri khas kesamaan yang melekat pada diri mereka. Pertama, terus belajar. Para owner dan pimpinan Warunk Up Normal sudah memiliki direktur utama seorang expatriat yang expert, tetapi mereka masih belum puas dan masih ingin tetap mengasah sisi leadership mereka dengan melibatkan Kubik Leadership. Begitu pula para pimpinan di Biofarma, meski perusahaan mereka sudah diakui dunia dan menjadi perusahaan vaksin terbesar di dunia namun mereka masih rela untuk terus belajar.

Mental Seorang Leader 2Kedua, senang menjalin relasi. Dede Abdul Khoir sengaja “mengejar” saya ke Bandung dari Karawang. Dia dan istrinya memang sudah lama tak jumpa dengan saya, kerinduan dan keinginannya untuk berdiskusi dengan saya membuat ia bertekad menyusul dimanapun saya ada pada hari itu,

Ketiga, punya value yang diperjuangkan. Ternyata para leader yang hebat itu menjalankan bisnis bukan hanya sekedar mengejar profit tetapi ada nilai-nilai yang mereka yakini dan mereka perjuangkan. Value yang diperjuangkan inilah yang membuat aktifitas mereka penuh makna tidak hanya sekedar memenuhi rutinitas dunia kerja.

Apakah Anda sudah memiliki mental seorang leader?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.