Menjadi Expert di Profesi Anda

Profesi apa yang tengah Anda jalani saat ini? Cintakah Anda dengan profesi yang Anda jalani sekarang? Apapun profesi Anda saat ini saya yakin Anda berkeinginan menjadi yang terbaik, menjadi ahli atau expert di bidangnya.

Agar menjadi yang terbaik, apapun profesi Anda, Anda harus melakukan latihan yang disengaja, terstruktur dan berjenjang (deliberate practice) sehingga level profesi/keahlian Anda kian meningkat dari waktu ke waktu. Menurut hasil riset Berlin Academy of Music, untuk mencapai level expert Anda harus terus melakukan deliberate practice selama 10 ribu jam. Itu berarti, jika Anda berlatih selama 3 jam sehari maka dibutuhkan waktu selama 10 tahun untuk menajdi expert atau ahli!

Baca juga:

Bagikan:

8 thoughts on “Menjadi Expert di Profesi Anda”

  1. Wieds says:

    Ternyata malam malam nemu nutrisi otak juga,hehee
    Siap berlatih kek…

  2. very inspiring Pak….keep writing,kapan ke TDAJogja lage ?

  3. kata-kata bijak dari seseorang yang bijak…..
    terima kasih kakek…
    semoga kita semua berusaha menjadi yang terbaik dalam apapun yg kita geluti

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Terus belajar 🙂

  5. boeloek says:

    keunikan dunia terletak disini…*saling mengisi*

  6. Hafid says:

    Hebat! sungguh inspiratif
    . . .

  7. Rio Sudarpo says:

    Terimakasih, Pak jamil. Bertahun-tahun saya “bekerja”, namun saya tersadar dan bergetar ketika menyimak yang Pak Jamil sampaikan. Ada “kelebihan” yang saya miliki sebagai “tukang cerita”, yang dalam scope terbatas beberapa teman ternyata menyimak dan mengikutinya. Sepertinya, perlu “bimbingan” Pak Jamil agar “talenta” saya dalam “bertutur”, dapat ternalar dan teryular secara luas. Salam sukses mulia.

  8. Terimakasih videonya mantab…

Leave a Reply

Your email address will not be published.