Mengubah Pola

ubahpola.jpg

Rutinitas kerja bisa menimbulkan kejenuhan dan mematikan kreativitas. Apakah solusinya berhenti kerja atau pindah-pindah kerja? Tentu bukan. Kita tetap bekerja namun mengubah kebiasaan yang sudah rutin (berpola). Dimulai dari hal yang sederhana, misalnya, berangkat kerja dengan menggunakan jalan yang berbeda atau transportasi yang beda.

Baru-baru ini, saya juga mengubah pola agar tidak mengalami kejenuhan karena jadwal training yang berulang dan sangat padat. Biasanya, saya sampai lokasi training beberapa menit sebelum training dimulai. Kali ini polanya saya ubah, saya tiba di lokasi training pertama 2.5 jam lebih cepat dari jadwal training.

Apa yang kemudian saya lakukan? Saya berolah raga terlebih dahulu selama satu jam memanfaatkan fasilitas yang tersedia di hotel. Setelah itu saya sauna di lokasi yang sama dan sarapan berupa buah-buahan. Usai mandi saya masih punya waktu kurang lebih 30 menit untuk berselancar di dunia maya. Saat harus berbagi di Indonesia Secretary Forum di Santika Hotel Jakarta, saya lebih fresh.

Menuju lokasi training kedua, setelah telepon kesana-kemari, saya tidur di mobil dengan bantal yang sudah disiapkan oleh istri. Kata guru ngaji saya, tidur menjelang waktu dzuhur itu menyehatkan. Maka walau hanya tidur kurang lebih 20 menit, ketika tiba di lokasi stamina tetap terjaga sehingga walau harus ngisi training kedua di Bogor dari jam 13.00 hingga 17.00 tetap enjoy.

Setelah itu, saya meluncur ke lokasi training ke tiga di Sentul. Trainingnya bukan di dalam gedung tetapi di pinggir danau. Sebelum berbagi dengan para karyawan PT Telkom International saya menikmati keasrian lokasi training. Training dengan suasana alam terbuka berdurasi 2 jam (pukul 19.30-21.30) berlangsung penuh gairah dan energi. Walau bermandikan keringat tetapi saya happy.

Bermula memberikan training pukul 09.00 dan berakhir pukul 21.30 tentu menguras energi. Apalagi jadwal sebelumnya juga sangat padat dan harus roadshow ke berbagai kota di Indonesia. Namun stamina terjaga dan bisa mengurangi kelelahan apabila kita bisa mengubah pola.

Saat ini pun saya sedang mengubah pola. Apabila biasanya sibuk memberikan training, saat ini saya sedang ikut training, menjadi siswa yang tekun dan aktif sesuai arahan trainer, Ustadz Wafiuddin. Selama empat hari saya menginap di Cikretek, Bogor, mengikuti training yang jadwalnya dimulai pukul 03.00 dinihari dan berakhir pukul 23.00 WIB. Seru dan mengasyikkan.

Ayo sekali-kali, ubah pola hidup Anda. Apabila selama ini hanya baca artikel-artikel di web ini. Mulai hari ini ayo aktif bagi tulisan-tulisan di web ini ke berbagai social media yang ada. Mau, kan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE

saya di facebook

Bagikan:

22 thoughts on “Mengubah Pola”

  1. Sulam Taufik says:

    Alhamdulillah, pagi2 dah dapat pencerahan. Jazakalla dan salam sukses mulia.

  2. andy sukma lubis says:

    Uhhhhh…..kerON banget dah babeh Jamil. Selalu menjadi inspirasi…

    1. Jamil Azzaini says:

      Quote mu tiap hari juga kerON-kerON

  3. dwi ishak says:

    Patut di coba nih. Jazakallah sharingnya Kek 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo buktikan, hehehehe

  4. Khoirul Anwar says:

    Perlu di coba kek, makasih inspirasinya

    1. Jamil Azzaini says:

      Segera coba ya…. He3x

  5. handi sopian says:

    Alhamdulillah..sepekan ini sy sudah mnjalani pola bangun pagi..biasanya jam 5 baru bangun, skr sudah jam 4. Alhamdulillah…smua pkrjaan istri bisa terbantukan shingga kekantor gak telat lagi. Nuhun kek pencerahannya..

    1. Jamil Azzaini says:

      KerON, jangan lupa doakan saya ya mas

  6. mahfudz says:

    JAzakallah Kek inspirasinya, Semoga kek @jamil selalu sehat dan terus memberi manfaat

  7. arsyad says:

    Mantabzzzzzzz, q ikuti saan Kakek Jamil Hri ini, trnyta lebih seru, lbh bnyak manfaatnya, dan positif lagi, senyum merekah lah pokoke, Smga segala urusan dilancarkan yah Kek,, aamiin ya mujibasailin

    1. Jamil Azzaini says:

      Ikut senang mendengarnya. Saling mendoakan ya mas

  8. saili says:

    Syukur alhamdulillah kpd Allah SWT, pd pagi ini kita pencerahan…….

  9. Sandi says:

    semenjak mendengarkan anjuran kek @jamil merubah kebiasaan pagi tdk nonton gosip/berita negatif, alhamdulillah saya jadi positif thinking terus dan tentunya semakin ganteng hehehe…

    1. Jamil Azzaini says:

      Yang bagian depan setuju, yang bagian akhir gak percaya, hehehehe

  10. afik says:

    alhamdulillah… memang kondisi selalu berubah, ada siang, ada malam… Allah Maha Besar…

  11. Tito Adi Dewanto says:

    Wah, mantap, perlu di coba nih, karena kadang saya mengalami kejenuhan dalam mengajar.

  12. aris aprianto says:

    tulisan yang bergizi. kek….”ubah kebiasaan anda maka hidup anda pun berubah”

  13. Fitrah Fajrin Suwarto says:

    tulisan yang menginspirasi…kek. Ibnu ‘Athaillah berkata: “Jenis amal beragam karena kondisi spritual yang Dia berikan juga beragam” dan saya teringat dengan ucapan seorang dosen “Kegiatan yang bervariasi itu tidak akan menjenuhkan”.

  14. Fitrah Fajrin Suwarto says:

    tulisannya meginspirasi pak… salam sukses mulia.

  15. Meilya Kusumawati says:

    terima kasih pak atas motifasi dan sarannya.
    akan saya lakukan sedikit demi sedikit. dan itu akan menjadi kebiasaan yang baik bagi diri saya dan mencontohkannya kepada teman saya.

  16. wahyudin pirmansyah says:

    Alhamdulillah..mendapat pencerahan. Memang benar mengubah pola memang perlu dilakukan…..saya akn coba terima kasih…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.